Loading...

5 Khasiat dan Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa dengan kurma memang menjadi salah satu pilihan tepat untuk dilakukan. Hal ini tak lepas dari anjuran Nabi SAW, jika kamu dimudahkan mendapatkan buah kurma maka alangkah baiknya berbuka dengannya.
5 Khasiat dan Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah membawakan dalam Bulughul Marom hadits no. 660,

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.”

Dari Anas bin Malikradhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Baca: Aneka Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan Terlengkap

Buah kurma sendiri memamg memiliki banyak manfaat dengan kandungan zat besi, vitamin juga kalsium yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Nah, Dilansir dari Naturalsociety, berikut adalah 5 manfaat Kurma saat dikonsumsi saat berpuasa.

1. Meningkatkan Energi

Kandungan glukosa pada kurma sekaligus sebagai sumber energi untuk tubuh kamu. Setelah seharian berpuasa maka kamu berbuka dengan buah kurma sekaligus akan memberikan energi baru untuk kamu dan menjadi tidak lemas.

2. Menjaga Pencernaan

Kamu akan terhindar dari sembelit jika mengkonsumsi kurma secara teratur, hal ini tak lepas dari kandungan serat yang kaya pada buah kurma.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kamu aka terhindar dari penyakit lantaran pada kurma juga kaya akan Kandungan magnesium, mangan, dan selenium.

4. Melancarkan Aliran Darah

kandungan vitamin A, B2, dan B12 pada buah kurma sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah ditubuh kamu.

5. Mengurangi Rasa Haus

Manfaat buah kurma pada saat buka puasa juga mampu mengurangi rasa haus. Namun kamu juga bisa mengkonsumsi buah kurma pada saat sahur sehingga disiang harinya kamu terhindar dari rasa haus. Hal ini tak lepas dari kandungan mineral yang kaya.

Nah itulah manfaat buah kurma untuk berbuka puasa. Tentu saja buah kurma yang diberkahi ini memiliki sangat banyak manfaat, berbukalah dengan buah kurma dengan jumlah ganjil seperti tiga biji saja karena hal itu sangat baik untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Khasiat dan Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel