8 Fakta Persiapan Mudik Lebaran 2018 Yang Wajib Kamu Ketahui

shares |

Fakta mudik lebaran 2018 - Tak terasa bulan Suci Puasa Ramadhan sudah memasuki pekan pertama, artinya waktu menuju lebaran tinggal menghitung hari lagi. Tentu kita akan merasa sangat sedih jika harus meninggalkan bulan suci yang penuh berkah ini.

Dan yang perlu kita lakukan adalah melaksanakan ibadah sebaik mungkin, meningkatkan intensitas dan kualitas ibadah diwaktu sisa Ramadhan ini. Kita juga berdoa semoga bulan Puasa Ramadhan tahun depan masih bisa kita alami.
Fakta Persiapan Mudik Lebaran 2018

Nah terlepas dari itu, di Indonesia ada sebuah budaya dimana mendekati Lebaran maka banyak masyarakat dari berbagai penjuru daerah akan berbondong-bondong untuk melakukan mudik lebaran atau pulang kampung untuk bersilaturrahmi dengan keluarga.

Aktifitas ini memang rutin dilaksanakan setiap menjelang lebaran, maka kita mengenal istilah arus mudik lebaran 2018 dan arus balik lebaran 2018. Maka tak heran hampir setiap saat di media televisi rutin memberitakan kondisi lalulintas yang selalu padat merayap diberbagai daerah.

Baca: Tips Mudik Lebaran dengan Menggunakan Sepeda Motor

Menghadapi musim mudik lebara 2018, pemerintah juga telah mempersiapkan berbagai langkah-langkah antisipasi agar arus mudik lebaran 2018 ataupun arus balik lebaran 2018 bisa berjalan lancar.

Nah seperti dilansir laman okezone.com, berikut ini fakta-fakta persiapan mudik lebaran 2018 yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

1. Libatkan Kepolisian dan TNI

Mengantisipasi ramainya mudik lebaran 2018 kali ini, pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memutuskan untuk mensinergikan Kepolisian dan TNI agar arus mudik maupun arus balik lebaran bisa berjalan lancar.

Begitupun dengan pengamanan demi memberikan kenyamanan pada para pemudik.
"Dalam rapat semua format kemarin sudah kita bicarakan dengan baik. Dan lebih oke selain (menggandeng) Polres kita juga menggandeng militer," ujarnya.
2. Laut dan Udara Juga Diprioritaskan

Tidak dipungkiri jalur darat memang masih menjadi pilihan utama banyak pemudik lebaran, maka tak heran jalanan selalu ramai dan padat. Oleh sebab itu, pemerintah juga akan mendorong masyarakat untuk menggunakan jalur laut dan udara.
"Darat bukan segalanya. Harus manage moda yang lain seperti kereta dan pesawat. Pesawat tambah movement, pesawat besar, dan lebih jam 10," ucapnya.
3. Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Jalan Nasional

Jalanan baik Jalan Nasional maupun Arteri ketika lebaran tiba memang selalu terasa lebih licin lantaran baru diperbaiki, memasuki musim mudik lebaran 2018 ini, Kementerian PUPR terus mempercepat pembangunan dan perbaikan jalan tersebut.
"Kalau jalan Pantura sudah semua oke kecuali di kawasan jembatan cincin Lamongan sekarang sudah mulai dikerjakan mungkin H-10 jembatan cincin lama sudah dioperasikan," kata Basuki.
4. Hentikan Sementara Pembangungan Proyek Infrastruktur

Tidak hanya itu, kebijakan lainnya yang diambil adalah dengan menghentikan sementara pembangunan infrastrukture demi kelancaran arus mudik lebaran 2018 dan arus balik lebaran 2018.
"Kami akan himbau agar dihentikan semuanya pekerjaan-pekerjaan jalan pada H-10 Lebaran," ucap Basuki.
5. Menyediakan Mobil Toilet Umum

Kalau lagi mace dan kebelet pilis atau buang air besar, maka kini kamu akan lebih terbantu lantaran pemerintah akan menyediakan mobil toilet umum yang disimpan dititik-titik kemacetan.
"Ruas yang sering macet kita sediakan mobil toilet. Di daerah fungsional kita siapkan tambahan per sepuluh atau 20 km," kata Basuki.
6. Bekerja Sama dengan BMKG untuk Tanggap Bencana dan Kecelakaan

Pemerintah juga akan memaksimalkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memprediksi cuaca pada saat arus mudik lebaran 2018 dan arus balik lebaran 2018. Hal ini untuk memantau kondisi lainnya seperti daerah rawan longsor dan sebagainya.
"Kementerian PUPR tetap menyiapkan tanggap bencana di daerah uang lawan kecelakaan dan longsor. Kami tentu akan terus berkoordinasi dalam rangka melayani masyarakat termasuk BMKG untuk melihat kondisi cuaca. Dengan demikian Minggu pertama puasa kita akan cek kondisi jalan arus mudik ini sehingga masih ada waktu dua Minggu untuk menyiapkan kelengkapan kelengkapan," kata Basuki. 
7. Buka Tutup Jalur

Seperti biasa untuk  mengurai kemacetan maka kamu akan menemukan aktifitas buka tutup ruas jalan untuk digunakan secara bergantian oleh para pemudik.
"Komandannya mudik adalah menteri perhubungan. Yang main di lapangan kewenangan PUPR saya memberikan kewenangan penuh kepada Korlantas bukan Kapolri. Saya buka tutup tol itu saya delegasikan kenapa Kakorlantas ternyata dengan demikian lancar," ucap Basuki
8. Disiapkan 33 Unit SPBU Keliling Di Ruas Tol Fungsional

Enam ruas tol yakni Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo, Tol Solo Ngawi, Tol Ngawi Kertosono dan Tol Kertosono-Mojokerto akan disiagakan SPBU keliling untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan pemudik.
“Jalur fungsional kami siapkan dalam bentuk mobile dispencer karena di sana belum ada SPBU, kami siapkan di sekitar itu,” kata Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.
Nah itulah setidaknya 8 Fakta Mengenai Mudik lebaran 2018 dan arus balik lebaran 2018. Semoga mudik kali ini kita diberi kelancaran dan kemudahan dan selamat sampai tujuan.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar