Tak Perlu Lagi Repot, Yuk Cek Tagihan PLN Online!

shares |

Selain bahan-bahan makanan pokok dan BBM, harga yang paling sering menjadi isu adalah listrik. Tarif pemakaian listrik yang memiliki tren naik setiap beberapa periode bukanlah sebuah hal baru. Kendati demikian, setiap perubahan dan kebijakan yang menyangkut hal ini selalu menjadi bahan yang ramai diperbincangkan.

Alasannya tak lain karena listrik telah menjadi kebutuhan mendasar dalam kehidupan sehari-hari mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan untuk industri dan publik.  Apalagi dengan semakin besarnya kebutuhan terhadap perangkat elektronik, bayang-bayang kecemasan terkait jumlah tagihan yang akan dibayar setiap bulan juga semakin besar.

Maka dari itu, penting bagi setiap pelanggan PLN untuk mengetahui informasi TDL terbaru dan mengecek tagihan serta historinya secara berkala. Dengan kemudahan layanan PLN online pun, pelanggan dapat mengecek biaya pemakaian dengan lebih praktis.

Informasi Tarif Dasar Listrik PLN
 PLN online – menzanusantara.com
Tarif Dasar Listrik alias TDL merupakan tarif yang dikenakan oleh pemerintah untuk seluruh pelanggan PLN. Sejak 2017 lalu, ada perubahan yang cukup signifikan dari tarif berlangganan sebelumnya. Selain itu, ada perubahan penggolongan pula dari golongan subsidi menjadi nonsubsidi.

Tarif Dasar Listrik Rumah Tangga 
 PLN online – iburumahtangga.blogspot.com
Dominasi penggunaan listrik di Indonesia adalah untuk kebutuhan ini dengan golongan daya listrik 900 VA. Sejak semester awal 2017 yang lalu, golongan R1 900 VA ini pun mengalami perombakan ke dalam dua kategori, yakni tarif listrik subsidi dan tarif listrik nonsubsidi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tabel Tarif Dasar Listrik untuk golongan R-1, R-2, dan R-3.

Kategori
Golongan Daya
Tarif (Rp per kWh)*
Subsidi
R-1 450 VA
415
R-1 900 VA
586
Nonsubsidi
R-1 900 VA
1.352
R-1 1300 VA
1.467,28
R-1 2200 VA
R-2 3500 VA, 4400 VA, 5500 VA
R-3 6600 VA

*Tarif di atas tidak berlaku untuk wilayah yang memiliki tarif khusus daerah seperti Batam. 

Tarif Dasar Listrik Sosial (Subsidi)

Seluruh tarif listrik untuk golongan sosial adalah subsidi. Tarif ini berlaku untuk pelanggan yang telah ditetapkan, seperti balai desa, masjid, gereja, kelenteng, pura, candi, asrama haji, panti asuhan, perpustakaan swasta, dan masih banyak lainnya. Total, ada lebih dari 90 jenis pelanggan yang dapat diakomodasi kebutuhan listriknya dengan tarif ini.

Golongan Daya
Tarif (Rp per kWh)
S-2 / 450 VA
325
S-2 / 900 VA
455
S-2 / 1300 VA
708
S-2 / 2200 VA
760
S-2 / 3500 VA s.d. 200 kVA
900

Tarif Dasar Listrik Industri (Subsidi)

Untuk kebutuhan industri, PLN membaginya ke dalam dua kategori, yakni subsidi dan nonsubsidi. Untuk kategori subsidi, pelanggan masuk ke dalam kategori daya I-1 dan I-2. Sementara untuk pelanggan industri nonsubsidi, pelanggan masuk ke dalam kategori I-3 dan I-4.

Golongan Daya
Tarif (Rp per kWh)
I-1 / 450 VA
485
I-1 / 900 VA
600
I-1 / 1.300 VA
930
I-1 / 2.200 VA
960
I-2 / 3.500 VA s.d. 14 kVA
1.112

Tarif di atas tentu masih dapat berubah-ubah sesuai kebijakan pemerintah. Namun, perubahan tersebut akan disampaikan terlebih dahulu kepada publik beberapa waktu sebelumnya. Anda bisa mendapatkan info layanan PLN di situs Traveloka.com dengan lebih mudah dan cepat sesuai perkembangan terbaru.

Cek Berkala Tagihan PLN
PLN online – pln.wordpress.com
Setelah mengetahui tarif dasar yang dikenakan sesuai dengan kategorinya, pelanggan tentu harus lebih bijak dalam menggunakan perangkat elektronik. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya pembengkakan tagihan. Penggunaan alat-alat dengan daya yang besar dan kontinu seperti AC dan rice cooker perlu diatur ulang agar tidak membebani biaya.

Di samping itu, setiap pelanggan juga perlu untuk mengecek tagihan secara berkala. Dengan kemudahan berbagai layanan PLN online, pelanggan bisa memonitor penggunaan listrik serta biaya yang ditimbulkan. Di Traveloka misalnya, pelanggan PLN dapat melihat besarnya tagihan berikut detail beban penggunaannya di mana pun dan kapan pun.

Tidak hanya mengecek tagihan, Traveloka juga memungkinkan pelanggan untuk langsung melakukan pembayaran tanpa perlu mendatangi loket-loket pembayaran listrik offline.   Untuk pelanggan prabayar, agen travel ini juga mengakomodasi kebutuhannya. Setelah memasukkan IDPEL, pelanggan dapat memilih besarnya nominal yang akan digunakan. Transaksi dapat dilakukan dengan sangat cepat dalam waktu kurang dari 2 menit. Sangat efektif, bukan?

Segera Lapor Bila Terjadi Keganjilan
PLN online - breakingnews.co.id
Pada beberapa kasus, kenaikan tarif listrik yang tidak wajar terjadi. Pelanggan yang mendapatkan struk pembayaran terkejut dengan jumlah nominal yang naik berkali-kali lipat.

Bila hal ini terjadi, coba kembali tinjau penggunaan listrik, apakah ada perangkat elektronik baru bedaya tinggi yang menyebabkan biaya yang menjadi besar, membiarkan perangkat sepeti AC, televisi, dispenser, lampu, dan lain-lain menyala saat tidak benar-benar dibutuhkan, dan sebagainya. Jika dirasa semuanya telah sesuai, pelanggan dapat mengonfirmasikannya pada pihak PLN.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tarif dan metode pembayaran PLN online. Semoga bermanfaat! ☺

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar