Kumpulan Artikel Bulan Puasa Ramadhan Terbaru [Edisi 1439 H / 2018]

shares |

Kumpulan artikel bulan puasa Ramadhan Terbaru lengkap - Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan suci bagi umat islam yakni Bulan Puasa Ramadhan. Tentu saja ada banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan selama bulan puasa Ramadhan.
Kumpulan Artikel Bulan Puasa Ramadhan Terbaru

Terlebih dibulan penuh berkah ini, Allah SWT akan melipat gandakan setiap perbuatan baik yang kita lakukan. Maka tepatlah jika pada bulan ini, banyak umat Islam berlomba-lomba untuk melaksanakan perbuatan baik.

Artikel Bulan Puasa Ramadhan Terlengkap

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sejumlah informasi lengkap mengenai bulan puasa Ramadhan, semuanya kami sajikan dalam artikel bulan puasa Ramadhan yang lengkap dengan penjelasannya, berikut lebih jelasnya:

1. Makna Bulan Puasa Ramadhan

Tentu saja berpuasa di bulan suci Ramadhan tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus dengan tidak makan dari mulai waktu imsyakiyah hingga waktu berbuka puasa. Melainkan ada makna mendalam yang terkandung dari bulan ini.

Salah satunya adalah pada bulan Ramadhan ini bisa dijadikan momentum bagi kita untuk melatih bagaimana kita menahan hawa nafsu dan juga emosi yang selama setahun ini terkadang belum bisa kita kendalikan.

Nah mengenai makna bulan suci Ramadhan, silahkan temen-temen membacanya di artikel berikut ini: Makna Bulan Puasa Ramadhan.

2. Mengisi Aktivitas Puasa dan Ngabuburit

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama berpuasa di Bulan Suci Ramadhan, tentu saja semua aktivitas kamu haruslah bersifat positif agar mendapat pahala dan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Selain itu, kamu bisa sekalian ngabuburit sambil nunggu waktu berkuka puasa. Nah untuk artikel bulan Puasa Ramadhan tentang ini, silahkan baca di sini: Mengisi Aktivitas Puasa dan Ngabuburit.

3. Tips Kuat Berpuasa Sebulan Penuh di Bulan Ramadhan

Hari pertama puasa dibulan Puasa Ramadhan terkadang terasa cukup lemas, rasa dahaga dan lapar begitu terasa. Namun hal itu wajar mengingat kondisi tubuh tengah dalam proses menyesuaikan.

Menurut medis kondisi tersebut juga cukup berpengaruh baik pada tubuh lantaran tengah dalam proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun-racun didalam tubuh.

Nah sayang jika rasa lemas kamu harus memaksa kamu mengakhiri puasa lebih awal, sebenarnya ada beberapa tips agar puasa di bulan Ramadhan kamu semakin kuat. Berikut artikel bulan Puasa Ramadhan tentang tips kuat berpuasa disini: Tips Kuat Berpuasa di Bulan Ramadhan Sebulan Penuh.

4. Tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar

Ada satu masa di pertengahan bulan puasa Ramadhan yang sangat sayang dilewatkan yakni Malam Lailatul Qodar atau malam seribu bulan. Pada malam ini sangatlah diberkahi oleh Allah SWT sebagai mana dalam firmannya yang artinya:

”Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Ad Dukhan:3–5).

Nah mengenai artikel bulan suci Ramadhan tentang malam lailatul Qodar, berikut lebih jelasnya: Tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan.

5. Tata Cara Sholat Tawarih dan Witir

Sangat disayangkan jika kamu seharian berpuasa namun malamnya tidak melaksanakan ibadah sholat sunnah Tarawih. Padahal tidaklah lengkap atau bahkan tidak sempurna puasanya jika tidak melaksanakan sholat tarawih.

Kamu perlu membaca artikel bulan puasa Ramadhan tentang tata cara sholat tawarih dan witir diartikel berikut ini: Tata Cara Sholat Tawarih dan Witir.

6. Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadhan

Kalau tengah berpuasa memang sudah hal lumrah jika mulut kita terasa bau saat berbicara. Hal ini lantaran produksi air liur kita juga sangat minim. Namun semuanya masih bisa diatasi dengan melakukan beberapa tips berikut ini: Tips Mencegah Mau Mulut Saat Puasa.

7. Tips Hatam Al-qur'an dalam Sebulan

Bulan Puasa Ramadhan juga kerap digunakan leh banyak umat muslim untuk banyak-banyak membaca Al-qur'an, bahkan tak sedikit diantara kita memiliki target untuk bisa hatam Al-Qur'an dalam sebulan.

Nah artikel bulan suci Ramadhan kali ini mengenai tips menghatamkan Al-qur'an dalam sebulan. Baca selengkapnya disini: Tips Hatam Al'Qur'an dalam sebulan.

8. Resep Menu Tak'jil Bulan Ramadhan

Kamu yang membutuhkan resep masakan khususnya menu Tak'jil maka ada baiknya kamu membaca rekomendasi resep dari kami. Baca selengkapnya disini: Daftar Resep Menu Tak'jil Buka Puasa Ramadhan Sebulan penuh.

Nah itulah beberapa kumpulan artikel bulan puasa Ramadhan terbaru yang bisa menjadi referensi kamu tentang apa saja yang perlu kamu ketahui dan persiapkan untuk bulan puasa kali ini. Semoga amal ibadah puasa kita mendapat ridho dari Allah SWT,amin.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar