Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

shares |

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa - Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci puasa Ramadhan. Kita diwajibkan berpuasa sebulan penuh bagis etiap umat muslim sebagai bentuk ketaatan kepada sang pencipta, Allah SWT.

Berpuasa sebulan penuh dengan tidak minum dan makan dari waktu imsyak hingga magrib terbukti mampu meningkatkan kesehatan kita. Banyak jurnal internasional yang menyebutkan aktivitas puasa sebagai kegiatan yang mampu secara efektif membersihkan racun didalam tubuh.

Baca: Inilah Makna Bulan Puasa Ramadhan yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Kerja sistem pencernaan diistirahatkan dimana sebelumnya hampir bekerja selama 24 jam penuh. Hal ini juga sekaligus mampu meningkatkan sistem organ didalam tubuh kita.

Namun dengan berpuasa dengan tidak makan dan minum, kita juga jadi rentan terkena dehidrasi sehingga diawal akan terasa lemas. Wajar saja karena itu merupakan bagian awal dari proses detoksifikasi menghilangkan racun didalam tubuh, lama kelamaan tubuh akan mulai terbiasa.

Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Efeknya adalah mulut kita akan terasa bau, berbicara menjadi kurang percaya diri. Tapi jangan khawatir lantaran hal ini bisa diatasi. Kita akan berikan tips cara efektif menghilangkan bau mulut saat berpuasa Ramadhan.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Ada baiknya kamu mencegah agar bau mulut tidak datang saat berpuasa dibulan Ramadhan. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan diantaranya:
  1. Saat sahur lebih baik jangan makan jengkol atau pete atau makanan dengan aroma yang tidak sedap.
  2. Saat sahur lebih baik hindari makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi, sisa gula pada mulut mampu meningkatkan perkembang biakan bakteri penyebab bau mulut.
  3. Perbanyak minum air putih saat buka puasa dan terutama sahur, hal itu untuk menjaga mulut tidak kering dan bau.
  4. Bersihkan mulut dengan aniseptik alami seperti berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, lakukan sebelum tidur.
  5. Tingkatkan produksi air liur dengan mengunyah jeruk atau lemon saat sahur atau buka puasa. Hal ini untuk menjaga agar mulut tidak kering.

Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadhan

Disamping pencegahan bau mulut saan berpuasa Ramadhan, kamu juga perlu mengetahui cara efektif menghilangkan bau mulut saat Puasa Ramadhan. Berikut lebih jelasnya.

1. Gunakan Mouthwash untuk berkumur

Produk kumur kumur seperti mouthwash banyak tersedia di minimarket atau apotek. Gunakan mouthwash tanpa alkohol namun juga efektif membunuh kuman atau bakteri penyebab bau mulut.

Sebaiknya berkumur sebelum imsyak atau setelah berbuka puasa untuk menjaga kualitas puasa kamu.

2. Gosok Gigi

Salah satu cara efektif menghilangkan bau mulut saat berpuasa Ramadhan adalah menggosok gigi. Sebaiknya lakukan hal ini setelah berbuka puasa dan disarankan juga setelah makan sahur.

Menggosok gigi membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan penyebab bakteri bau mulut.

3. Membersihkan Lidah

Saat ini pembersih lidah cudah cukup banyak terdapat di minimarket atau apotek, namun jika tidak ada kamu bisa melakukannya usai menggosok gigi, kamu bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi. Pastikan alat yang digunakan bersih.

Nah itulah tips cara efektif menghilangkan bau mulut saat puasa Ramadhan. jangan khawatir, bau mulutnya orang berpuasa adalah wangi lantaran memiliki pahala yang berlipat.

Kami dari iyenblog.com mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga ibadah puasa kita tahun ini berjalan lancar dengan kualitas ibadah yang ditingkatkan dibanding tahun lalu. Semoga Allah SWT menerima ibadah kita, amin.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar