Inilah Makna Bulan Puasa Ramadhan yang Perlu Kamu Ketahui

shares |

Makna bulan Puasa Ramadhan - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan dimana bulan ini memeiliki tempat yang sangat mulia dihati umat Islam yang beriman. Bulan ini bahkan dijadikan sebagai salah satu waktu yang paling istimewa yang diberikan Allah SWT untuk umatnya.

Sehingga kita dianjurkan untuk berpuasa sebulan penuh dan berlomba-lomba melakukan perbuatan baik lantaran ada pahala yang berlipat-lipat yang diberikan Allah SWT.
Makna Bulan Puasa Ramadhan

Memaknai bulan suci Ramadan bukan hanya sekedar berpuasa sebulan penu saja dengan menahan makan dan minum dari waktu imsyak hingga magrib tiba. Melainkan ada banyak makna di Bulan Puasa Ramadhan yang sebenarnya lebih dari sekedar menahan dahaga dan lapar.

Makna Bulan Puasa Ramadhan

Nah untuk mengingatkan kembali kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai makna bulan Puasa Ramadhan. Tentu setiap muslim yang berpuasa Ramadhan bebas memaknai bulan ini. Nah berikut lebih lengkapnya.

1. Bulan Puasa Ramadhan Sebagai Waktu belajar Menahan diri dari Segara Emosi

Makna bulan Puasa Ramadhan yang pertama selain menahan rasa lapar dan haus juga sebagai ajang untuk menahan diri dari segala bentuk amarah dan emosi.

Baca juga: Peluang Usaha di Bulan Puasa Ramadhan yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Oleh sebab itu sebagai seorang muslim memang dianjurkan lebih memperbanyak beribadah agar terhindar dari amarah dan emosi. Karena sekali terpancing emosi maka puasanya menjadi tidak afdol atau bahkan batal.

Jika hal ini berhasil dilakukan maka setelahnyapun bulan Puasa Ramadhan berlalu maka sekalian diharapkan bisa menjadi pribadi yang ramah, santun dan juga pemaaf.

2. Bulan Puasa Ramadhan Sebagai Waktu untuk Menahan Diri dari Bergosip

Jika bulan-bulan biasanya kamu gemar bergosip dengan membicarakan orang lain, maka dibulan Suci Ramadhan ini sangat dianjurkan untuk menahan diri dari bergosip.

Nabi Muhammad shalallahu’alaihi Wassalam pernah bersabda,
“Hindarilah oleh kalian perbuatan ghibah. Karena ghibah lebih besar dosanya daripada zina. Seseorang terkadang berzina kemudian bertaubat kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan diterima taubatnya oleh Allah. Sedang orang yang berbuat ghibah, dia tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibah-i memaafkannya”.[Ihya Ulumiddin, Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali, jilid 4, hal 411].
Jagalah amarahmu dan emosimu dan juga jagalah lisanmu untuk tidak membicarakan hal-hal yang tidak perlu atau bahkan dilarang, perbanyaknya membaca istigfar, berdzikir dan membaca Al-qur'an.

3. Meningkatkan Intensitas dan Kualitas Ibadah

Sayang sekali jika bulan Suci Ramadhan tidak diisi dengan memperbanya beribadah karena dibulan ini ada pahala yang berlipat-lipat.

Perbanyaklah berdzikir, membaca Al-qur'an, bersedekah, berbuat baik terhadap sesama, menjaga lisan dan emosi dan lain sebagainya, maka kamu akan mendapatkan pahala berlipat, kamupun akan menjadi pribadi yang soleh, sopan dan santun.

Apalagi keutamaan dan makna Bulan Puasa Ramadhan memiliki malam seribu bulan atau Malam yang setara dengan seribu bulan yakni malam Lailatul Qodar dimana pada malam ini diturunkannya Al-qur'an.

Jika kamu mengisinya dengan memperbanyak beribadah maka kamu setara beribadah selama seribu bulan.

4. Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Makna bulan Puasa Ramadhan berikutnya adalah bulan keberkahan dan pahala berlipat dimana dibulan ini diturunkannya Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam didunia. Malam ini disebut malam Nuzulul Qur'an, maka sebaiknya perbanyaklah membaca Al-qur'an.

5. Perbanyaklah Beramal Sholeh dan Sedekah

Janganlah kalian menyia-nyiakan bulan suci Ramadhan dimana bulan ini penuh berkah dan pahala. Jika dibulan biasa kamu jarang bersedekah, maka dibulan ini sebaiknya tingkatkan sedekah kamu juga perbanyaklah beramal sholeh.

6. Tidak Semua Umat Muslim Berpuasa

Meski bulan Ramadhan diwajibkan bagi umat Islam berpuasa, namun ada orang-orang yang tidak diwajibkan berpuasa dan menjadi sebuah keistimewaan yang diberikan Allah SWT.

Mereka adalah orang yang sakit, anak-anak belum balig, wanita hamil dan menyusui, wanita yang menstruasi, musafir yang tidak memungkinkan berpuasa.

Meski begitu, mereka wajib menggantinya disaat semuanya sudah bisa dilakukan. Atau mereka juga dapat memilih untuk menggantinya kemudian hari atau membayar fidyah, yang berarti mereka akan memberi makan orang yang tidak mampu.

7. Mempersehat Badan

Sejumlah jurnal dan penelitian ilmiah menyatakan kalau berpuasa mampu mengeluarkan racun didalam tubuh (detok). Puasa sebulan penuh memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Mampu membersihkan usus, lambung dan mengistirahatkan organ pencernaan setelah sekian lama bekerja tanpa henti.

Jika dilakukan dengan benar maka berpuasa dibulan Ramadhan akan semakin membuat kamu sehat baik secara mental spiritual maupun fisik.

Nah itulah makna bulan Puasa Ramadhan menurut kami. Kamu bebas memaknai bulan ini menurut versi kamu selama memang positif dan memberikan semangat dalam menjalankan puasa. Semoga bulan puasa ini kita senantiasa bisa melaksanakannya dengan baik dan bisa beribadah dengan sebaik-baiknya. Amin.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar