21 Makanan Penambah Berat Badan Secara Cepat, Sehat, dan Efektif

Makanan Penambah Berat Badan Secara Cepat, Sehat, dan Efektif. Arti sehat menurut ilmu kesehatan bukan berarti mereka yang memiliki berat badan yang kecil atau kurus, justru beberapa dari mereka yang memiliki badan besar memiliki kondisi sehat yang lebih baik dari mereka yang memiliki badan kurus.

Kondisi sehat bisa dilihat dari pengukuran berat badan yang ideal ataupun normal. Jika berat badan kurang dari berat ideal atau berat badan lebih dari batas normal berarti anda memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik. Anda bisa melihat cara mengukur berat badan di sini ====>>> Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Normal

Bagi anda memiliki berat badan kurang dari berat ideal atau sama dengan kurus, tentu anda harus menambah berat badan anda menjadi berat ideal atau normal. Bukan hal yang mudah untuk menaikkan berat badan, karena tidak semua jenis makanan yang dimakan secara berlebihan dapat menaikkan berat bdan, justru hal itu dapat membuat badan anda menjadi tidak sehat, seperti kolestrol berlebih.
makanan sehat penambah berat badan
Beberapa makanan yang dapat menaikkan berat badan bisa anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun yang perlu diperhatikan adalah porsinya, tentu saja tidak kurang ataupun lebih. Berikut diantaranya 21 makanan sehat yang dapat menaikkan berat badan secara cepat dan efektif .

1. Daging Merah

Tentu anda sudah tahu bahwa daging sangat cepat untuk menaikkan berat badan. Seperti saat hari raya, mereka memasak daging untuk hidangan tamu dan keluarga. Karena jenis pengolahannya yang ditambah dengan berbagai jenis bumbu dan santan, kadar kalori yang terdapat pada daging menjadi bertambah, dan alhasil mereka yang mengkonsumsi daging tersebut berat badan mereka menjadi bertambah dalam waktu singkat.

Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan secara cepat, anda bisa mengkonsumsi daging merah dengan cara diolah seperti rendang atau daging pangggang. Dalam 100 gram daging rendang terdapat kurang lebih 370 kalori di dalamnya, sedangkan setiap 70 gram daging yang dipanggang mengandung 150 kalori. Jadi daging yang diolah seperti cara diatas dapat menaikkan berat badan anda secara cepat.

Selain daging merah untuk menaikkan berat badan, anda bisa mengkonsumsi daging lainnya seperti daging ayam, jeroan. dan daging ikan salmon. Berikut kadar kalori yang terdapat pada daging tersebut.
  • 100 gr daging ayam mengandung kurang lebih 192 sampai 488 kalori
  • 100 gr lemak dan jeroan daging mengandung kurang lebih 1.541 kalori
  • 100 gr daging ikan salmon mengandung kurang lebih 146 kalori
2. Susu

Susu menjadi salah satu jenis makanan atau minuman yang dapat menaikkan berat badan secara cepat. Selain cepat dalam menaikkan berat badan, susu juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan tubuh. Oleh karena itu, beberapa produsen yang menjual produk penambah berat badan berasal dari olahan susu.

Kandungan kalori dalam 15 gram susu murni mengandung sekitar 54 kalori, belum lagi jika anda membeli produk susu yang sudah jadi yang sudah ditambah gula dan cream.

Selain susu, beberapa olahan susu lainnya seperti keju dan es krim dipercaya dapat menaikkan berat badan secara efektif dancepat. Anda bisa langsung memulainya dengan mengkonsumsi makanan tersebut.

Baca juga : Cara Turunkan Berat Badan dengan Metode Dash Diet

3. Makanan Cepat Saji

Di beberapa negara barat, makanan cepat saji menjadi prioritas utama dari makanan pokok. Karena pengolahannya yang cepat dan tidak ribet makanan cepat saji selalu menjadi andalan saat sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Tidak semua makanan cepat saji dapat mengakibatkan kesehatan menjadi memburuk, justru beberapa makanan cepat saji bisa membuat tubuh menjadi sehat seperti roti isi dan sereal. Namun yang terpenting anda tetap harus mengatur porsi dan takaran berapa banyak yang harus anda konsumsi untuk menaikkan berat badan anda.

4. Buah-buahan

Beberapa jenis buah tertentu ternyata dapat menaikkan berat badan. Selain sehat karena mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh, beberapa jenis buah ini dapat menaikkan berat badan secara cepat, sehat dan efektif.

Buah pisang. Pisang mengandung lemak tak jenuh dan kaya akan kalsium di dalamnya. Kandungan kalori yang terdapat pada buah pisang dapat menaikkan berat badan. Kandungan kalori pada masing-masing jenis pisang berbeda-beda, seperti dalam 100 gram pisang ambon memiliki kandungan kalori 74,2 kalori, sedangkan pada 100 gram buah pisang raja mengandung 84 kalori.

Selain pisang, buah lainnya yang dapat menaikkan berat badan yaitu :
  • Pepaya, yang dalam setiap 100 gram memiliki kalori sekitar 46 kalori
  • Dalam 100 gram buah mangga mengandung kurang lebih 72 kalori
  • 100 gram alpukat mengandung kurang lebih 85 kalori
  • Dan buah kurma yang mengandung kadar gula yang cukup untuk kebutuhan tubuh.
5. Jenis Makanan Lainnya

Selain jenis makanan di atas, beberapa jenis makanan lainnya dapat menaikkan berat badan anda secara cepat, sehat dan efektif. Berikut diantaranya :
  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah yang mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.
  • Telur, seperti telur ayam dan telur puyuh.
  • Mentega atau butter, minyak zaitun dan minyak sayur.
  • Umbi-umbian, seperti ubi, kentang, talas dan singkong.
  • Selai kacang, cokelat dan krim.
Untuk menaikkan berat badan tentu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mengkonsumsi makanan penambah berat badan. Berikut 4 tips menaikkan berat badan yang sehat dan cepat

1. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan penambah berat badan. Ingatlah bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda dan harus cukup, tidak lebih ataupun kurang.
  • Rata-rata wanita usia 19 sampai 30 tahun yang memiliki aktivitas lebih memutuhkan kalori sekitar 2.400 kalori, sedangkan wanita dengan aktivitas normal hanya membutuhkan kalori 2.000 sampai 2.200 kalori saja.
  • Untuk pria, kalori yang dibutuhkan lebih banyak yaitu sekitar 2.600 smapai 2.800 kalori perharinya. Sedangkan pria dengan aktivitas lebih membutuhkan kalori sekitar 3.000 kalori perharinya.
Jika kalori yang masuk dalam tubuh berlebih karena mengkonsumsi makanan penambah berat badan yang tidak diatur dengan baik, malah dapat membuat berat badan lebih dari batas normal dan tdak sehat. Oleh karena itu, tetaplah atur porsi makanan anda.

2. Konsumsi makanan penambah berat badan di pagi atau siang hari supaya kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak menumpuk yang dapat memicu kolestrol jahat.

3. Minumlah susu setiap hari agar berat badan anda bertambah. Jika ada, anda bisa mengkonsumsi susu khusus penambah berat badan.

4. Gantilah cemilan anda dengan kacang-kacangan atau buah kering supaya tubuh anda tetap sehat walaupun berat badan anda bertambah.

Itulah beberapa jenis makanan penambah berat badan yang sehat, cepat dan efektif. Semoga bermanfaat dan anda bisa share ke teman-teman anda yang sama-sama ingin menaikkan berat badan. Semangat kaka!

Subscribe to receive free email updates: