Benarkah Berkumur Setelah Gosok Gigi Berbahaya? Inilah Penjelasannya

Benarkah Berkumur Setelah Gosok Gigi Berbahaya? Inilah Penjelasannya. Menjaga kebersihan diri merupakan hal wajib agar tubuh tetap sehat dan fit. Seperti halnya badan, area mulut seperti gigi pun mestilah dijaga kebersihannya karena area inilah yang sering berdampak pada kesehatan.

Gigi menjadi alat utama untuk mengunyah makanan agar menjadi lembut saat ditelan. Untuk membersihkannya kita biasa menggunakan sikat gigi untuk menggosoknya. Setelah menggosok gigi, kebiasaan lain yang sering kita lakukan adalah berkumur setelahnya. Mungkin kebiasaan ini kita anggap sebagai kebiasaan yang baik yang bisa membuat mulut menjadi lebih bersih dan nafas menjadi lebih segar. Namun banyak diantara kita yang tidak tahu bahwa kumur-kumur setelah gosok gigi dapat menimbulkan dampak berbahaya bagi kesehatan gigi.
bahaya berkumur setelah gosok gigi
Berdasarkan hasil dari National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, ternyata kumur-kumur bisa menyimpan bahaya bagi gigi dan mulut. Kenapa?

Kandungan fluoride dari pasta gigi sangat dibutuhkan gigi agar gigi semakin kuat dan bersih. Namun saat kita berkumur-kumur terlalu lama fluoride yang dibutuhkan gigi tersebut akan hilang. Banyak manfaat dari senyawa fluoride ini, antara lain :
  • Melindungi Gigi agar tidak mudah berlubang akibat bakteri yang menempel setelah makan.
  • Remineralisasi Tulang dan Gigi
  • Menebalkan Enamel Gigi
Jika senyawa fluoride hilang dari mulut kita, maka dampak buruk atau efek bagi kesehatan kita adalah :

1. Dapat menyebabkan karies pada gigi

Seperti kita ketahui bahwa manfaat senyawa fluoride adalah dapat menebalkan enamel gigi. Jika enamel gigi menipis maka asam dari makanan akan menumpuk dan membuat bakteri menempel dengan cepat, sehingga dampaknya dapat menyebabkan karies pada gigi.

2. Pengeroposan Gigi

Senyawa fluoride yang cukup dapat meremineralisasi gigi. Ketika kandungan mineral berkurang pada gigi, maka pengeroposan gigi akan terjadi. Gigi pun akan mudah rapuh dan patah.

Untuk itu cara terbaik agar fluoride tetap menempel pada gigi adalah berkumur dengan sedikit air. Berumur dengan sedikit air yaitu satu gelas saja bisa mempertahankan fluoride yang dibutuhkan gigi dan membersihkan busa dalam mulut. Lakukan kumur-kumur ini sekali saja setelah sebelumnya gosok gigi dua menit untuk memastikan semua gigi bersih sempurna.

Walaupun begitu ada penelitian lain yang juga menyatakan bahwa fluoride sendiri tidak baik bagi tubuh karena bersifat racun. Namun yang terpenting adalah jangan sampai pasta gigi tertelan saat kita menggosok gigi. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates: