7 Jenis Makanan yang Dapat Memperbanyak ASI

7 Jenis Makanan yang Dapat Memperbanyak ASI. Halo bunda. Mungkin saat ini anda sedang bingung dan khawatir apakah ASI yang akan diberikan untuk si mungil tercukupi ataukah kurang, apalagi bagi anda yang baru saja memiliki anak pertama.

Bayi yang baru dilahirkan sampai menginjak usia 6 bulan hanya diwajibkan meminum ASI saja, hal ini karena kondisi lambung yang masih belum cukup untuk dimasuki jenis makanan atau minuman lain. ASI yang pertama keluar sangat baik untuk bayi, karena mengandung kolostrum yang dapat membuat bayi kebal dari berbagai penyakit. So, bunda jangan pernah membuang ASI pertama tersebut ya!

Saat masih mengandung, sebaiknya para bunda mencari informasi lebih mengenai ASI, karena ASI sangatlah penting bagi si bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berbeda dengan bayi yang sudah cukup umur, mungkin ASI hanya diberikan sesekali saja karena dibantu dengan asupan nutrisi lain atau MP ASI (Makanan Pendamping ASI).
makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI
Yang paling sering dikhawatirkan para ibu menyusui adalah ASI yang keluar apakah banyak ataukah sedikit, ditakutkan si mungil tidak kenyang kalau hanya diberi ASI saja. Tapi, bunda tidak perlu khawatir jika ASI yang keluar sedikit karena banyak sumber makanan yang dapat memperbanyak ASI sehingga si mungil perutnya kenyang.

Berikut ini adalah berbagai macam jenis makanan yang bisa para bunda konsumsi untuk memperbanyak ASI.

1. Buah Pepaya

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan air sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Tidak hanya baik untuk kesehatan ibu, tapi segala apa yang dimakan oleh ibu akan disalurkan oleh ASI kepada si mungil. Semua jenis buah-buahan boleh ibu coba, tapi buah pepaya adalah salah satu buah yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Pepaya hijau mengandung galactogogue yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, mengkonsumsi pepaya setelah melahirkan dapat memperlancar BAB karena pengalaman beberapa orang setelah melahirkan biasanya sulit untuk buang air.

Selain pepaya, buah lainnya yang bisa memperbanyak produksi ASI adalah : Apricot, Kurma, Kismis, Jeruk, Alpukat, Pisang, Kelapa Muda, dan jenis buah beri seperti stroberi dan bluberi.

2. Air

Air sangat penting bagi ibu menyusui supaya terhindar dari dehidrasi. Air dapat memperlancar ASI dan membuatnya menjadi banyak, sehingga PD terasa penuh dan padat. Namun seminggu setelah melahirkan sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi air, karena dapat membuat PD tidak nyaman karena terlalu penuh dan bayi yang baru dilahirkan biasanya tidak terlalu banyak untuk menyusui.

3. Daun Katuk

Tumbuhan yang memiliki daun kecil-kecil dan tumbuh pendek sehingga mudah ditanam dan dipetik, sejak dulu dipercaya sebagai obat tradisional yang dapat memperbanyak produksi ASI.

Daun katuk bisa bunda jumpai dimana saja karena tempat hidupnya yang tidak mengenal musim. Daun katuk bisa bunda konsumsi sebagai sayur soup.

4. Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran penting bagi ibu menyusui untuk dikonsumsi. Sayuran dapat memperlancar produksi ASI apalagi sayuran yang dikonsumsi adalah sayuran berwarna hijau. Seperti halnya bayam, bayam adalah salah satu sayuran hijau yang mengandung enzim phytoestrogens yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu kandungan zat besi di dalamnya dapat mengatasi anemia pada si ibu.

Jenis sayuran hijau lainnya sama-sama mengandung enzim phytoestrogens, jadi ibu bisa mengkonsumsi sayuran hijau lainnya. Selain bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan, anda bisa mengkonsumsinya menjadi soup.

5. Labu

Labu dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI karena kandungan air yang snagat banyak di dalamnya. Namun bagi ibu yang baru saja melahirkan sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi labu baik itu dibuat soup atau diolah menjadi makanan lain. Orang Sunda percaya mengkonsumsi labu setelah melahirkan dapat membuat rahim mengembang kembali.

6. Kelabat atau Fenugreek

Kelabat atau fenugreek termasuk ke dalam jenis tanaman berupa biji-bijian. Daun kelabat biasa digunakan sebagai obat tradisional dan bijinya digunakan sebagai bumbu atau rempah.

Dari berbagai hasil penelitian ditemukan bahwa kelabt merupakan stimulator potent yang dapat meningkatkan produksi ASI sebanyak 900 persen. Anda bisa mengkonsumsi daun atau bijinya.

7. Biji Adas

Ahli medis menemukan bahwa biji adas sangat baik bagi ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI dan dapat membantu kolik pada bayi. Sejak dulu orang Jawa mengkonsumsi biji adas sebagai obat penambah ASI.

Selain jenis makanan di atas, masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang dapat meningkatkan produksi ASI, seperti :
  • Jenis biji-bijian : biji jinten hitam dan wijen hitam
  • Jenis kacang-kacangan : kacang tanah, kacang almond, dan kacang mete
  • Daun-daunan hijau seperti daun kemangi yang kaya akan enzim phytoestrogens
Pada dasarnya semua jenis makanan boleh dan sangat dianjurkan ibu menyusui konsumsi, namun yang perlu diperhatikan adalah porsi dan kebersihannya karena setiap apa yang ibu makan akan berpengaruh kepada sang bayi. Upayakan porsi yang bunda konsumsi cukup agar berat badan bunda tetap stabil.

Semoga informasi mengenai makanan yang dapat memperbanyak ASI bermanfaat bagi bunda semua. Tetap hidup sehat dan sayangi si buah hati!

Subscribe to receive free email updates: