Bingung Mau Kuliah? Baca Ini Tips Memilih Tempat Kuliahan Dan Jurusan Yang Cocok untuk Kamu

Tips Memilih Tempat Kuliah. Bentar lagi anak-anak SMA bakalan pada lulus, habis lulus banyak yang berencana untuk kuliah namun ada pula yang memilih tak melanjutkan kuliah karena lebih memilih menikah, atau karena tak ada biaya dan lebih memilih dagang atau bahkan kursus apa saja seperti menjahit dan lain sebagainya. Setidaknya kamu punya alternatif lain untuk mengisi kekosongan dan mengisinya dengan kegiatan bermanfaat untuk membantu memperbaiki masa depan. Daripada setelah lulus sekolah kamu kuliah enggak, dagang enggak, kursus enggak, malah nongkrong-nongkrong saja.

Coba pikirkan, kamu setelah lulus SMA dan memilih berdagang dan bandingkan dengan temen kamu yang memilih kuliah. Selama 5 tahun kuliah dan mereka lulus, mereka sudah jadi apa lima tahun kedepan? Sementara kamu bisa jadi lima tahun lagi kamu udah sukses dan kaya karena membangun mental dagang dari awal. Tapi kali ini kita tak akan berdebat apakah lebih baik kuliah atau tidak dan lebih berbisnis, kali ini kami akan berikan tips bagaimana memilih tempat kuliah yang cocok untuk kamu sekalian.

Pilih Universitas Negeri atau Swasta

Siapapun pasti ingin kuliah di universitas favorit, banyak dari kita ingin kuliah di Universitas negeri seperti UGM, ITB, UNPAD, UI atau yang lainnya, tentu saja nama besar kampus tersebut akan menaikkan gengsi kita dimata yang lainnya. Hanya saja tak semudah yang kita inginkan karena dari sekian juta lulusan SMA pertahunnya tak semuanya bisa keterima di universitas tersebut, kita harus bersaing dengan yang lain agar bisa lolos, tentu saja setelah melakukan serangkaian tes masuk perguruan tinggi negeri.

Bingung Mau Kuliah? Baca Ini Tips Memilih Tempat Kuliahan Dan Jurusan Yang Cocok untuk Kamu
Ada baiknya tentukan Universitas mana yang kamu priorotaskan untuk mendaftar, setelah itu persiapkan diri untuk melakukan tes seleksi. Jika keterima, tentu saja itu baik untuk kamu, namun jika tidak, maka sebaiknya kamu punya pilihan kampus kedua. Tak melulu di Universitas Negeri, melainkan di Indonesia banyak juga universitas Swasta favorit. Nah, kamu minimal punya tiga calon kampus yang kamu bidik.

Tentukan Jurusan yang Mau diambil

Selain bingung dalam menentukan kampus tempat kuliah, yang lebih bingung lagi adalah menentukan jurusan atau bidang study yang ingin kamu ambil. Ini sangat penting, jangan asal-asalan dalam memilih jurusan karena itu akan berpengaruh pada karir pekerjaan nantinya. Meski sebenarnya tak berpengaruh besar juga sih. Banyak perusahaan yang merekrut pegawainya dari berbagai jurusan, artinya untuk setiap posisi pekerjaan, perusahaan tersebut menerima hampir semua jurusan bidang study. Yang penting kamu bisa lolos dalam tes seleksi perusahaan.

Yang harus kamu pikirkan adalah, tak semua orang lulusan kuliahan bisa keterima dengan mudah di perusahaan. Artinya kamu juga nantinya akan bersaing dengan ratusan ribu lulusan sarjana yang mencari pekerjaan. Statusnya sama, mau lulusan universitas negeri atau swasta, mereka akan tetap bersaing agar lolos seleksi saat melamar pekerjaan. Semuanya memiliki peluang yang sama.

Nah disini kamu harus cerdik memilih jurusan bidang study yang akan diambil, cari bidang study yang bisa membuat pola pikir kewirausahaan kamu berkembang dan diasah. Artinya, jika nanti setelah lulus kuliah kamu kesulitan mencari pekerjaan, kamu bisa meningkatkan mental wirausaha kamu, kamu bisa sekalian melamar pekerjaan sambil berwirausaha. Ada beberapa jurusan yang bisa kamu ambil seperti contohnya web design, jika kamu kesulitan melamar dan mendapatkan pekerjaan, kamu bisa jadi freelancer menjadi seorang web design dengan menerima orderan dari orang lain, banyak diantara lulusan web design ini lebih memilih membuka usaha sendiri sesuai dengan bidang yang dia geluti dan mereka sukses.

Atau kamu bisa memilih jurusan imlu tekstil sehingga memiliki wawasan yang luas tentang dunia tekstil dan fashion, atau kamu bisa memilih jurusan apapun yang bisa mengembangkan pola pikir kewirausahaan kamu. Ingat, banyak sarjana yang nganggur karena hal ini, mereka setiap hari melamar pekerjaan hingga berbulan-bulan dan bertahun-tahun, akhirnya waktunya habis hanya untuk melamar pekerjaan, ujung-ujungnya mereka mau menjadi apapun asal ada bayaran, membuka warung, menjadi pedagang keliling dan lain sebagainya, coba jika saja mereka melakukannya dari awal, mungkin waktu yang terbuang lama dahulu tak akan sia-sia.

Kota Dimana Pengen Kamu Kuliah

Nah ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu, kamu pengen kuliah di kota mana? Pengen sesuatu yang berbeda tentu kamu bisa memilih kota lain seperti Jogjakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Jakarta, Palembang atau kota lainnya.

Nah itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan kuliah dimana serta jurusan apa yang ingin kamu ambil, semoga bermanfaat yaa..

Subscribe to receive free email updates: