Ketahui 4 Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk - IyenBlog.com

Ketahui 4 Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

4 Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk. Memiliki anak yang sehat bisa dilihat dari kondisi fisiknya, memang tak melulu harus gemuk atau montok, kondisi fisik yang sehat akan membuat anak terlihat bugar dan aktif sekalipun bentuk badannya tak gemuk. Biasanya anak yang kurus seperti terlihat kurang keurus dan kurang gizi, bahkan cenderung mudah terkena penyakit. Nah kali ini kami akan berikan informasi mengenai Tips cara supaya anak cepat gemuk.

Jadi ingat dimasa masa dulu saat masih awal SD. Saya memiliki cukup banyak teman, Saat ini kita terlihat sepantar baik tinggi dan kondisi fisiknya. Ada salah satu teman saya yang terlihat sedikit lebih kurus. Hingga beberapa tahun kedepan dan menjelang SMA, pertumbuhan teman saya jauh lebih signifikan dibandingkan saya dan teman-teman yang lainnya. Dia lebih terlihat tinggi besar, memang ada faktor turunan karena ayahnya juga memiliki bentuh fisik tinggi besar.

Tapi setelah ditelusuri, katanya teman saya diharuskan makan telur sama minyak ikan. Entah itu pengaruh atau tidak, yang pasti saat ini dia terlihat besar dan tinggi. Nah ada beberapa faktor penyebab anak kurus, biasanya yang paling umum adalah cacingan karena semua nutrisi dimakan oleh cacing-caing yang ada diperutnya. Oke, langsung saja ke topik utamanya yakni Tips membuat anak Cepat gemuk.
Ketahui 4 Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

1. Periksa Kesehatan, Apakah Anak Anda Cacinan atau Tidak

Pertama kali yang harus ada lakukan adalah memeriksakan kondisi kesehatan anak anda terutama apakah anak anda cacingan atau tidak. Hal ini sebenarnya bisa dilihat secara fisik, anak yang terkena cacingan biasanya terlihat lemas, bukan hanya itu perut yang buncit namun bagian tubuh lain seperti kurusan. Jika anak anda cacingan maka sebesar apapun usaha anda untuk menambah berat badan anak akan percuma dan sia-sia. Semua makanan yang anak anda makan kandungan gizi dan nutrisinya akan termakan oleh cacing-cacing yang hidup dalam perut si anak.

Maka sebaiknya berikan anak anda obat cacing, biasanya dalam waktu sehari caing-cacing itu akan keluar melalui kotoran yang dikeluarkan. Saya pernah ngalaminnya.

Kesehatan yang buruk menjadi penyebab anak anda menjadi kurus, misalkan anak anda sakit beberapa hari atau bahkan minggu, sudah pasti asupan makan dan gizi akan berkurang karena tak adanya nafsu makan, kondisi ini akan membuat badan terlihat drop. Nah, solusinya adalah usaha maksimal untuk penyembuhan si anak. Biasanya setelah kondisi kesehatan mulai membaik, maka nafsu makan si anak akan meningkat dan banyak makan, hal ini cukup membantu meningkatkan berat badan si anak.

2. Berikan Makanan Bergizi dan Seimbang

Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk lainnya adalah dari makanan yang dikonsumsi si anak. tentu saja makanan yang mengandung gizi cukup dan seimbang akan membuat anak lebih sehat dan terlihat berisi. Hanya saja terkadang kita sulit memberikan makanan bergizi, anak-anak lebih suka jajanan warung seperti premen yang manis atau ciki-ciki, kalau sudah ngemil makanan ringan maka si anak akan sulit makan nasi dan lauk pauk. Nah itu menjadi tantangan bagi anda sebagai orang tua. Sekalipun harus ngemil, tapi jangan sampai makanan pokok yang bergizi menjadi diabaikan.

Bukan hanya itu, anda harus bisa mengatur jam makan si anak, jangan sampai telat makan dan jangan sampai kebanyakan makan agar tak terjadi obesitas. Misalkan anak sehari makan harus 3 kali atau 4 kali, tentu saja setelah disesuaikan dengan usia si anak ya.

3. Cukupkan Nutrisi Protein Albumin

Protein albumin adalah nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan setiap sel dalam tubuh pertumbuhan atau perbaikan anak. Tingkat albumin normal dalam tubuh antara 3,5-4,5 g / dl. Tingkat albumin kurang dari 2,2 g / dl mengindikasikan adanya masalah dalam tubuh. Nah dari data-data itu, anda tinggal mengatur seberapa kebutuhan protein Albumin untuk anak anda.

Umumnya, masalah gizi yang diderita oleh anak-anak tidak hanya disebabkan oleh asupan yang kurang, tetapi juga karena nutrisi yang berhasil dibawa oleh darah sangat sedikit, sehingga tidak dapat memberikan nutrisi pada sel. Kasus seperti ini sering ditemukan pada anak-anak yang memiliki kebiasaan makan banyak dan cukup bergizi, namun pertumbuhan sangat lambat.

4. Konsumsi Ikan Gabus

Anda pasti tahu kan ikan gabus? siapapun pasti tahu ikan air tawar ini, kalau di perkampungan atau danau mungkin sudah tak asing lagi dan masih bisa didapatkan dengan cara dipancing, tapi kalau perkotaan mungkin akan sedikit sulit, tapi masih bisa dicari.

Penelitian Prof. Dr. Ir hasil. Eddy Suprayitno, MS, dari Fakultas Perikanan Brawijaya mengungkapkan, konten albumin dalam ikan lele setinggi 62,24 g / kg. Sementara telur hanya 9,34 g / kg. Seperti apa yang dialami oleh Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI), ia pra operasi hati karena hepatitis B, meminta saran Prof. Eddy bagaimana untuk menjaga protein dalam darah. Prof Eddy menyarankan Dahlan untuk mengkonsumsi ikan gabus. Sejak itu, kondisinya semakin segar dan sehat.

Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa ikan lele memiliki kandungan protein = 79,5%, Albumin = 30,5%, Mineral = 5.95% = 2,84% Kadar air dari semua ini sangat baik untuk kesehatan. Nah sementara ikan gabus memiliki kandungan yang lebih tinggi dan lebih baik, selain itu nilai cernanya mencapai 90 persen sehingga akan mudah dicernah sekalipun dimakan oleh anak dan balita.

Nah itulah 4 langkah yang bisa dilakukan jika ingin anaknya cepat gemuk. Langkah tersebut memang cukup mudah dilakukan dan yang penting adalah menjaga kesehatan anak anda. Sekalipun tak terlalu gemuk asalkan sehat maka itu sudah jauh lebih baik. Semoga bermanfaat.

Shares


Top