PERSIB BANDUNG vs PSM MAKASSAR, MAUNG BANDUNG MASIH UNGGUL

Sebagai Bobotoh Persib rasanya saya sudah gak sabar kepengen nonton laga perdana Piala Presiden 2017 antara Persib Bandung vs PSM Makassar yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (6/02/2017).

Saya gak begitu percaya prediksi berdasar statistik mengingat setiap tim memiliki kemampuan yang terus berubah setiap musimnya, tergantung dari komposisi skuad serta strategi pelatih yang digunakan nantinya. Kalau  melihat data statistik pertandingan antara Persb Bandung vs PSM Makassar dalam 5 pertandingan terakhir, Persib masih unggul 2 kali kemenangan dengan 2 kali hasil imbang, sementara PSM Makassar hanya mampu memenangkan 1 kali pertandingan. Tapi itu bukanlah patokan apakah nantinya Persib bakalan mudah melibas perlawanan PSM.
PERSIB BANDUNG vs PSM MAKASSAR, MAUNG BANDUNG MASIH UNGGUL

PERSIB LEBIH UNGGUL

Nunggu Aksi Erick Weeks Lewis

Satu pemain yang saya tunggu penampilannya adalah Erick Weeks Lewis. Pertama kali lihat penampilan dia emang udah kepincut banget, skil individualnya dengan pengolahan bola yang cukup elegan, apalagi dia memiliki tendangan geledek yang cukup akurat. Tak jarang dia sering menembus gawang lawannya dari jarak jauh.

Apalagi untuk pertandingan besok, Erick Weeks cukup optimis akan memenangkan pertandingan. Apalagi dia juga sangat terobesesi untuk bisa mengangkat piala Presiden tahun ini juga membuktikan pilihan Janur sudah Tepat.
“Saya tidak pernah angkat Piala Presiden, dan saya ingin angkat Piala Presiden. Pertama kita pikir satu pertandingan step by step,” katanya pada Jumat (3/2/2017)
“Yang penting kita 100 persen sekarang. Kita semua tetap mau main terus sama-sama Persib sampai musim (kompetisi) habis. Saya mau bantu dia Janur memenangkan gelar. Saya yakin bisa lulus,” ungkap Erick.
OPTIMISME TINGGI

Persib bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan ini. Itu artinya, akan ada banyak dukungan bobotoh yang memadati stadion yang akan memberikan energi lebih bagi Persib. Apalagi kita tahu Persib sering di cap sebagai tim jago kandang yang sulit dikalahkan. Kemenangan bukan hal sulit bagi Persib kala bermain di kandang.

Apalagi saat ini Persib diperkuat oleh banyak pemain berpengalaman. Pemain lama didatangkan kemabali seperti Achmad Jufriyanto dan Supardi. Bermain bersama Vladimir akan semakin memperkokoh lini pertahanan. Apalagi saya lebh senang Achmad Jufriyanto sebagai tandem Vlado, pemain ini memiliki kemampuan bertahan yang sangat baik dan sukses mengantarkan Persib menjadi Juara Liga musim sebelumnya.

Kombinasi pemain seperti Erick Weeks, Dedi Kusnandar, Hariono nampaknya akan semakin menghidupkan lini tengah. Sayangnya saya suka sama Kim Kurniawan yang nampaknya tak mungkin maen di Persib lagi. Disayap ada Febri Hariyadi atau Atep yang udah gak diragukan lagi kemampuannya menggiring bola berkecepatan tinggi. Sementara disektor depan kita masih miliki Sergio Van Djik. Saya harap Sergio mendapat umpan-umpan yang matang karena kemampuannya mencetak gol sangat tinggi. Opsi lainnya ada Matsunaga Shohei atau Tantan.

Secara tim, rasanya Persib kali ini akan lebi baik dibanding skuad sebelumnya saat berlaga di TSC 2016.
“Kita optimis. Kita punya pemain depan yang mumpuni, saya pikir, punya kualitas, ada Sergio, Febri juga lagi bagus. Ada Matsunaga, Erick, semua punya kualitas. Mereka punya kualitas, kita juga,” beber Janur.
KEKUATAN PSM MAKASSAR

Skuad lebih lengkap dengan pemain yang berpengalaman. Kita tahu PSM getol merekrut pemain di musim ini, hal ini menunjukkan keseriusan PSM untuk menjuarai turnamen. Meski sang pelatih mengaku akan lebih fokus pada LIGA bula Maret mendatang. Namun bukan berarti tim ini tidak siap. Jika melihat susunan pemain yang hendak diboyong, rasanya skuad Makassar lebih lengkap.

Pemain baru Hamka Hamza, Zulkifli Syukur, serta Raphael Maitimo sudah gak diragukan lagi kemampuannya. Lini pertahanan PSM bisa dipastikan akan sangat kokoh. Sementara pemain lain seperti  Ferdinand Sinaga, Titus Bonai, Rizky Pellu dan Willem Jan Pluim juga dipastikan sulit ditaklukan dan akan menyulitkan pemain Persib.

Namun bukan berarti tak ada kelemahan pada tim tamu, pasalnya mereka akan sedikit kelelahan di setiap pertandingan. Tak seperti tim lain, PSM dikabarkan tak akan tinggal di Kota Bandung melainkan akan bolak-balik Bandung - Makassar. Mereka akan datang ke Bandung sehari sebelum pertandingan, dan kembali setelah pertandingan selesai.

PREDIKSI PERTANDINGAN PERSIB vs PSM MAKASSAR

Jika melihat perkembangan kedua tim, PSM Makassar nampaknya akan sulit dikalahkan melihat skuatnya jauh lebih lengkap dengan segudang pemain berpengalaman. Tapi Persib Bandung juga bukan tim lemah musim ini mengingat ada pemain baru yang akan berkontribusi lebih bagi Persib. Ditambah bermain di kandang dengan dukungan penuh bonotoh viking, rasanya Persib harus Meraih kemenangan. Menurut saya, Persib mampu mengatasi PSM dengan skor 2-0 atau paling sedikit 1-0.
PERSIB BANDUNG 2 - 0 PSM MAKASAAR
Bagaimana menurut anda?

Subscribe to receive free email updates: