Cara Alami Menghilangkan Panu Secara Cepat Dalam 1 Hari - IyenBlog.com

Cara Alami Menghilangkan Panu Secara Cepat Dalam 1 Hari

IyenBlog.Com. Bagian tubuh ada panunya pasti kita merasa gak nyaman. Apalagi kalau panu tersebut berada dibagian terbuka seperti kulit tangan atau kulit wajah tentu saja akan mengurangi rasa percaya diri. Orang akan menganggap kita kurang bisa menjaga kebersihan tubuh. Seperti kita ketahui, panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infensi jamur pada kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi bintik-bintik putih. Kalau udah parah penyakit kulit panu tersebut akan menyebar ke berbagai daerah kulut tubuh lainnya. Bahkan kita sering meilhat seseorang menderita penyakit kulit panu dibagian punggungnya hingga penuh, ada juga pada bagian setengah wajahnya. Kalau sudah membesar tentu saja akan sulit pengobatannya.

Penyebab Penyakit Kulit Panu.

Kamu pasti udah tau kan sebab terjadinya panu? Yupz, kurang bisa menjaga kebersihan tubuh kamu. Misalkan habis berolah raga membuat tubuh kita berkeringat. Kemudian kamu gak serta merta langsung mandi untuk membersihkan tubuh dari keringat. Keringat yang bercampur dengan kateri dan jamur akan mudah berkembang dan menyebabkan panu. Paling mudah terjadi pada kita habis berenang baik di kolam renang atau di pantai, saat berenang kita pastinya berkeringat hanya saja tidak kerasa karena tercampur dengan air. Pada saat itu bakteri dan jamu juga mudah berkembang, setelah berenang kamu tidak langsung membersihkan diri dengan air yang bersih sehingga panu kemungkinan besar akan terjadi.
Cara Alami Menghilangkan Panu Secara Cepat Dalam 1 Hari

Atau, kamu pemain sepakbola yang cukup aktif dan tak jarang biasanya kamu bergantian kaos ersey yang dipake dengan teman kamu. Maka bisa dipastikan akan ada keringat orang lain dibaju tersebut sehingga bakteri akan mudah berpindah. Kamupun kemungkinan akan terkena infeksi jamur dan terjadi panu. Ada banyak faktor penyebab panu, yang pasti untuk menghindarinya kamu hanya perlu berprilaku hidup bersih dan sehat. Meski panu tidak membahayakan, namun tetap saja penyakit kulit ini bikin kamu malu setengah mati.

Cara Alami Mengobati Panu dalam 1 hari

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membunuh bakteri jamur penyebab panu. Kamu bisa menggunakan obat kimia dari apotek atau bisa juga menggunakan bahan alami, Keduanya diklaim mampu menghilangkan panu lebih cepat.

1. Garam dan Lengkuas

Sebagian kita pasti udah tahu kedua bahan ini mampu menghilangkan panu dengan cepat, apalagi lengkuas biasa digunakan oleh masyarakat dipedesaan untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh panu. Nah kedua bahan ini mudah ditemukan karena sebagai bumbu dapur. Sobat hanya perlu mengambil lengkuas secukupnya saja kemudian bersihkan. Tumbuk dengan campuran garam hingga lumayan halus. Setelah itu balurkan ke permukaan kulit yang panu, maka zat anti bakteri yang terkandung didalamnya akan seketika membunuh bakteri jamur dan lebih cepat menghilangkan panu. Hanya saja kamu harus pastikan terlebih dahulu apakah ada kulit yang luka atau tidak, karena ada campuran garang kalau sampai terkena kulit yang luka maka akan terasa sangat perih.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga dikenal sebagai bahan anti jamur yang cukup ampuh membunuh jamur penyebab panu. Cara pemakaiannya juga cukup mudah yakni dengan memotong bawang putih menjadi dua bagian. Bah setelah itu gosokan ke bagian kulit yang berpanu hingga memerah dan sedikit perih, kamu hanya perlu menahan rasa perih, jika terasa perih banget, diamkan dulu beberapa saat, kemudian gosok lagi. Nah kamu tunggu hingga mengering sebelum akhirnya di cuci dengan air bersih. Maka bakteri penyebab panu akan hilang lebh cepat.

3. Belerang dan Jeruk Nipis.

Cara ini memang sedikit sulit karena tidak semua daerah memiliki belerang, tapi jika didaerah sobat terdapat belerang maka bisa dimanfaatkan untuk mengobati panu secara cepat. Caranya cukup menumbuk belerang tersebut hingga halus, kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis dan oleskan ke permukaan kulit yang terkena panu.

4. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Jika kebetulan didaerah kamu terdapat belimbing wuluh dan kapur sirih kamu bisa memanfaatkannya untuk mengobati panu. Kamu hanya perlu menumbuk kedua bahan tersebut hingga halus kemudian oleskan ke permukaan kulit yang terkena jamur panu, diamkan hingga kering dan cuci dengan air bersih. Cara ini juga diklaim ampuh mengobati panus ecara alami dalam 1 hari.

Tips Agar tidak Panuan

Bagaimanapun mengobati itu malas, tapi kalau gak diobati penyakit panu akan menyebar keseluruh permukaan kulit. Nah ada baiknya kamu mencegah agar kulit kamu tidakk terkena panu. Caranya yakni dengan hidup bersih dan sehat.
  • Minimal kamu mandi secara rutin 3 kali sehari.
  • Jangan gunakan baju bekas orang lain, atau baju yang terlalu ketat yang bisa menyebabkan keringat berlebih
  • Jangan gunakan handuk bekas orang lain, apalagi gantian.
  • Jangan terlalu lama berada dibawah paparan sinar matahari
  • Kalau habis beraktifitas yang menyebabkan keringat berlebih, jangan lupa bersihkan dengan mandi
  • dan banyak lagi.

Shares


Top