Berapa Kira-kira Biaya Pernikahan Secara Sederhana?

shares |

Kira-kira bepara ya biaya pernikahan secara sederhana?? Informasi ini akan ramai dicari di Internet pada masa-masa musim nikah, biasanya habis lebaran Indul Adha. Nah kali ini kami akan berikan informasi rincian biaya pernikahan secara sederhana. Informasi ini hampir semuanya benar karena memang kami alami sendiri. Yupz, gak perlu takut untuk menikah meski saat itu kamu hanya memiliki sedikit uang, yang penting niat nikah Lillahita'ala karena Allah SWT dan berniat ibadah, Insya Allah dengan pernikahan yang sederhana kamu akan menjalani kebidupan berumah tangga yang bahagia, sakinah, mawahdah dan warrohmah.

Dari pada nikah dengan biaya yang sangat mahal dengan uang hasil maksain ngedapetinnya dengan susah payah, dan harus habis hanya dalam waktu beberapa hari, setelah itu baru bingung menjalani awal-awal kehidupan berumah tangga. Nah, sebelum kita masuk ke inti bahasan, kami akan sedikit cerita tentang acara pernikahan kami.
Pernikahan sederhana
Contoh pernikahan sangat sederhana yang menjadi viral di facebook, pria hanya menggunakan kaos bola untuk menikahi sang pujaan hati
Waktu itu calon suami hanya pekerja seadanya saja, kerja di rumah menjemput rejeki dari internet menjadi seorang publisher google. Sebagai pemula tentu belum mampu menghasilkan uang dengan jumlah besar, saya masih ingat waktu itu calon suami baru mendapatkan gaji pertama dari google dan itupun gak lebih dari angka Rp.2,5 jutaan. Kemudian nunggu sebulan lagi dengan harapan gaji sebagai publisher bisa mencapai angka total Rp.8 jutaan dan di cukup-cukupin untuk kebutuhan pernikahan.

Akhirnya uang Rp.8 juta terkumpul di bulan kedua, itupun hampir setengahnya dikasih sama sahabat deketnya. Rp.1 juta dibelikan cincin untuk tunangan atau lamaran seminggu sebelum pernikahan. Nah sisanyanya dibelikan Mas kawin 10 gram dengan harga Rp.5 jutaan. Dan sisanya Rp.2 juta lagi diberikan sama ibu mertuanya (Ibu saya) untuk menambah dana di acara pernikahannya.

Memang pada awalnya calon suami menyarankan untuk melangsungkan pernikahan secara sederhana dengan hanya mengundang kerabat dan tetangga saja. Sehingga dana sekitar Rp.8 juta masih bisa dimaksimalkan, namun dari perhitungan keluarga waktu itu ternyata Rp.8 juta saja masih kurang mengingat biaya prasmanan (Makan-makan) pastinya akan lebih mahal disesuaikan dengan harga bahan pokok waktu itu. Dari perhitungan minimal untuk makan-makan prasmanan dibutuhkan dana sekitar Rp.5 jutaan.

Kesimpulannya waktu itu, dana yang dibutuhkan total sekitar Rp.13 jutaan. Rp.8 jutaan dari uang pribadi suami, sementara sisanya untuk kebutuhan prasmanan dari dana berdua. Dana tambahan yang haris disiapkan adalah dana untuk mengurus administrasi di Kantor Urusan Agama (KUA). Rinciannya adalah biaya admisitrasi sebesar Rp.600.000 harus ditransfer ke rekening Kemetrian Agama, Biaya lain-lainnya sekitar Rp.200.000, jadi total adalah Rp.800.000.

Total Biaya pernikahan secara sederhana dengan biaya KUA sekitar Rp.13.800.000. Nah, dengan segitu kamu udah bisa melakukan acara pernikahan sangat sederhana dan InsyaAllah "SAH" baik secara agama dan negara dan siap menjalani kehidupan rumah tangga yang sakinah mawahdah dan warrohmah.

Eitthhh, Namun kenyataannya waktu itu acara ingin sedikit dimeriahkan dengan menyewa tenda, kursi pelaminan, ria spengantin dan lainnya namun yang sangat sederhana. Total dana yang harus dikeluarkan sekitar Rp.5 jutaan. Konsekuensinya jika acara sedikit dimeriahkan maka akan banyak tamu yang datang, mau tidak mau dana untuk konsumsi atau prasmanan harus diperbesar lagi minimal hingga empat kali lipat dari semula. Jika semula hanya Rp.5 juta untuk konsumsi maka empat kali lipatnya menjadi Rp.20 jutaan.

Nah, lantas berapa kira-kira total biaya pernikahan sangat Sederhana?? Mari kita hitung!
  • Cincin Tunangan : Rp.1.000.000
  • Mas Kawin : Rp.5.000.000
  • Administrasi KUA : Rp.800.000
  • Sewa Tenda, Rias Pengantin, dll : Rp.5.000.000
  • Prasmanan (Makanan): Rp.20.000.000
  • TOTAL Rp.31.800.000
Nah kan, itulah dana minimal yang harus disiapkan untuk acara pernikahan secara sederhana dengan menyewa tenda dan tata rias penganten. Namun jika anda ingin melangsungkan acara pernikahan dengan lebih sederhana lagi seperti waktu awal rencana pernikahan kami yakni hanya mengundang keluarga dan tetangga saja dengan acara syukuran, maka kurang lebih Rp.13.800.000 Sudah cukup. So, Inipun masih bisa disusutkan lagi menjadi lebih murah yakni hanya membayar biaya adminsitrasi KUA sebesar Rp.600.000 dan mas kawin semampunya.

Yang penting niatnya karena Allah SWT untuk ibadah dan menuju keluarga syakinah, mawahdah dan warrohmah, InsyaAllah jika niat kita menikah sudah bulat maka perjalanan mengarungi bahtera rumah tangga akan lebih bahagia. Jadi, jangan takut untuk menikah ya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar