10 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Alami dan Mudah Dibuat

shares |

Obat Sakit Gigi Berlubang Alami. Kebanyakan kita mungkin pernah merasakan sakit gigi, saya sendiri pernah merasakannya hingga beberapa kali, benar kata lagu, sakit gigi itu sangat sakit dan mungkin kalau lagi ngalamin lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi hehe. Tapi nyatanya keduanya memang sama-sama sakit. Apapun itu, sakit gigi sangatlah sakit hingga kita sulit melakukan aktivitas makan bahkan tidur saking menahan rasa sakit yang diderita.

Gigi berlubang dan menyebabkan sakit biasanya terletak pada gigi graham. Sakit gigi berlubang terjadi karena peredaran darah ke gusi tersumbat oleh bakteri yang tumbuh pada area yang berlubang. Biasanya gigi berlubang menimbulkan bau tak sedap. Kurang bisa menjaga kebersihan gigi menyebabkan gigi berlubang.

Terkadang kita sudah sangat hati-hati menjaga kebersihan gigi, namun tetap saja sakit gigi terjadi juga, yupz, mungkin saat itu kondisi daya tahan tubuh lagi kurang baik.Nah kali ini kami akan berikan beberapa tips obat sakit gigi berlubang yang alami yang bisa sobat gunakan. Berikut daftarnya.
Obat sakit gigi alami
1. Mengobati Sakit Gigi dengan Air Garam

Mungkin ini sudah gak aneh lagi bagi kita, saat kecil dulu ketika kita sedang sakit gigi, orang tua kita membuatkan air hangat yang dicampur garam. Kemudian kita kumur-kumur dan tak lama rasa sakitnya kian mereda. Cara ini paling murah dan cukup ampuh, kandungan Yodium pada garam mampu meredakan nyeri gigi,

2. Mengobati Sakit Gigi dengan Jeruk Nipis

Cara alami mengobati sakit gigi dengan perasan jeruk nipis bisa dikatakan sangat ampuh, saya sendiri pernah mencobanya dengan meneteskan jeruk nipis pada bagian gigi berlubang, rasanya sedikit "ngilu" namun beberapa saat kemudian rasa sakit giginya mulai memudar dan hilang. Agar hasilnya makin maksimal, silahkan kombinasikan dengan tips nomor satu diatas yakni dengan garam, perasan jeruk nipisnya kasih garam secukupnya, cara ini akan makin ampuh meredakan nyeri gigi. Kandungan Vitamin C pada jeruk nipis berperan dalam proses peredaan nyeri gigi.

3. Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Merah

Cara alami mengobati sakit gigi selanjutnya adalah menggunakan bawang merah, gampang kan, tinggal ambil saa satu siung dari dapur. Kupas dan bersihkan terlebih dahulu kemudian kunyah hingga halus agar bawang yang halus tersebut menyebar pada bagian gigi yang berlubang, kalau gak mau mengunyah bisa di haluskan sendiri menggunakan alat lain kemudian oleskan pada bagian gigi berlubang. Diketahui, bawang merah memiliki sifat anti microba dan antiseptik sehingga selain meredakan nyeri juga membunuh bakteri yang terdapat pada gigi berlubang.

4. Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Sifat antibiotik pada bawang putih juga cukup ampuh meredakan sakit gigi berlubang. Caranya sama seperti pada bawang merah tadi yakni dikunyah atau bisa dioleskan pada bagian gigi berlubang.

5. Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Cengkeh

Dibeberapa daerah minyak cengkeh digunakan sebagai obat kumur untuk memberikan rasa segar pada mulut serta menjaga kesehatan mulut. Ternyata minyak cengkeh juga sangat ampuh meredakan nyeri pada sakit gigi berlubang sekaligus membantu proses penyembuhan. Minyak cengkeh memiliki sifat inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan anestesi sebagai penyembuh luka. Cuman, minyak cengkeh alami dibeberapa daerah memang sulit didapatkan.

6. Mengobati Sakit Gigi dengan Lada

Cara penyembuhan sakit gigi berikut ini menggunakan bahan alami lada dan garam, keduanya campurkan secukupnya dan berikan sedikit air. Setelah berbentuk pasta maka anda tinggal mengoleskannya pada bagian gigi yang berlubang, lakukan secara rutin dan sakit gigipun akan cepat hilang dan sembuh.

7. Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji

Kalau kebetulan didekat rumah kamu terdapat daun jambu biji, silahkan ambil pucuknya dan bersihkan. Setelah itu kunyah dan biarkan merata pada bagian gigi berlubang, atau jika gak mau mengunyah bisa menumbuknya dan mengoleskannya pada bagian gigi yang sakit karena berlubang.

8. Mengobati Sakit Gigi dengan Biji Asam Jawa

Cukup sulit sih namun jika diterapkan efeknya lumayan terasa. Yupz, biji asam jawa yang disangrai dan dihaluskan bisa menjadi obat sakit gigi yang cukup ampuh. Oleskan bubuk asam jawa tersebut pada bagian gigi berlubang. Tapi cara ini cukup repot.

9. Mengobati Sakit gigi denga Teh Hangat (tanpa Gula)

Jika gak ada teh tubruk atau teh tangkai, kamu bisa menggunakan teh celup kemasan. Gunakan air teh hangat tanpa gula sebagai obat kumur. Kemudian kantung teh tersebut bisa ditempelkan pada gigi berlubang karena akan membantu meringankan peradangan.

10. Mengobati Sakit Gigi dengan Doa

Cara ini kalau kamu percaya dan yakin pastinya akan berefek sangat baik. Pernah adek saya yang kecil gak bisa tidur semalaman karena sakit gigi, kebetulan ada temen yang bisa dikatakan orang "pinter", cukup disentuh dan di "doa-doa" seketika adek saya langsung tidur pulas. Ajaib kan? Hehe

Nah itulah 10 Obat sakit gigi berluang alami yang bisa sobat coba dirumah, beberapa bahan alami sangat mudah didapatkan dan ada didapur, jadi, jangan ragu untuk mencobanya agar rasa sakit gigi yang sobat alami lekas hilang dan sembuh.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar