Panduan dan Tata Cara Lengkap Sholat Duha Beserta Bacaan Doanya

shares |

Panduan dan Tata Cara Lengkap Sholat Duha Beserta Bacaan Doanya. Sholat sunnah terdiri dari beberapa macam sholat, mulai dari sholat sunnah yang dikerjakan sebelum dan sesudah mengerjakan sholat wajib dan sholat sunnah khusus yang dikerjakan dalam waktu tertentu, semuanya memiliki faedah dan pahala yang luar biasa apabila selalu dikerjakan.

Sholat duha, termasuk sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu tertentu yaitu saat matahari mulai terlihat sampai masuk waktu sholat dzuhur. Sholat duha dikerjakan sekitar pukul 07.00 sampai 11.00 siang atau sebelum berkumandangnya adzan dzuhur. Sholat sunnah ini dikerjakan sama seperti sholat sunnah lainnya atau dua rokaat satu salam, tapi sangat dianjurkan jika dikerjakan sampai 12 rokaat, masing-masing dua rokaat satu salam.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya :
"Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim, no. 1181)
Sebelum beraktivitas atau bepergian alangkah baiknya jika kita mengerjakan sholat duha terlebih dahulu.
tata cara sholat dhuha lengkap dan doanya
Ilustrasi Sholat Dhuha
Cara mengerjakan sholat duha sama seperti mengerjakan sholat sunnah lainnya, yang membedakan hanya niatnya saja. Berikut panduan dan tata cara mengerjakan sholat sunnah duha lengkap beserta bacaan dan doanya.

1. Niat Sholat Dhuha

Bacalah niat sholat duha berikut ini.
bacaan niat sholat duha dan artinya
Usholli sunnatad duha rok'ataeni mustakbilal kiblati adaal lillahita'ala. (Takbir) Allahu Akbar.

Artinya : "Aku niat sholat duha dua rokaat menghadap kiblat karena Allah ta'ala. (Takbir) Allahu akbar.

2. Membaca doa iftitah

Sama seperti sholat lainnya, setelah membaca niat dan takbir dilanjut dengan membaca doa iftitah.

3. Fatihahan Surah Pendek

Setelah membaca doa iftitah dilanjut dengan membaca surah Fatihah dan surah pendek. Adapun surah yang sangat dianjurkan saat mengerjakan sholat duha adalah surah Asy Syams di rokaat pertama dan surah Ad-Duha di rokaat ke dua. Berikut bacaan Surah Asy Syams dan Ad-Duha.

Surah Asy Syams
surah asy syam untuk sholat duha
Artinya :
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang 
(1) Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, (2) dan bulan apabila mengiringinya, (3) dan siang apabila menampakkannya, (4) dan malam apabila menutupinya , (5) dan langit serta pembinaannya, (6) dan bumi serta penghamparannya, (7) dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), (8) maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, (9) sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, (10) dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (11) (Kaum) Tsamud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas, (12) ketika bangkit orang yang paling celaka di antara mereka, (13) lalu Rasul Allah (Shaleh) berkata kepada mereka: ("Biarkanlah) unta betina Allah dan minumannya". (14) Lalu mereka mendustakannya dan menyembelih unta itu, maka Tuhan mereka membinasakan mereka disebabkan dosa mereka, lalu Allah menyama-ratakan mereka (dengan tanah), (15) dan Allah tidak takut terhadap akibat tindakan-Nya itu. (QS. Asy Syams)
Surah Ad-Duha
bacaan surah dan cara menerjakan sholat duha
Artinya :
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang 
(1) Demi waktu matahari sepenggalahan naik,” (2) dan demi malam apabila telah sunyi (gelap),” (3) Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci” kepadamu. (4) Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).” (5) Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu , lalu (hati) kamu menjadi puas. (6) Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu ?” (7) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.” (8) “Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan.” (9) “Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.” (10) “Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya.” (11) “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan.” (QS. Adh-Dhuha)
4. Rukuk, I'tidal, Sujud, Tasyahud, dan Salam

Setelah membaca surah di rokaat pertama, ilanjut dengan rukuk kemudian i'tidal, sujud, dan kembali lagi membaca Fatihah dan surah selanjutnya untuk mengerjakan rokaat kedua. Setelah itu salam.

Setelah mengerjakan sholat duha jangan lupa untuk berdzikir dan beristigfar meminta ampunan dengan khusyuk. Setelah berdzikir lanjutkan dengan membaca doa sholat duha. Berikut Doa sholat dhuha dan artinya.
bacaan doa sholat dhuha lengkap dan artinya
Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.
Sungguh Allah Maha Mengetahui, jika anda belum bisa menghafal doa sholat duha di atas anda bisa menggantinya dengan bahasa sendiri karena berdoa tidak harus doa khusus.

Mengerjakan sholat duha terkadang sulit untuk dikerjakan dengan alasan sibuk di pagi hari oleh pekerjaan dan sebagainya, padahal hanya dengan waktu setengah jam saja atau seperempat jam anda bisa mengerjakan sholat duha minimal dua rokaat atau jika ada waktu banyak kerjakan sholat duha sampai 12 rokaat. Adapun hadis yang menganjurkan untuk sholat duha 12 rokaat dan faedah dibaliknya. Berikut hadis Rasulullah Saw.
"Barang siapa yang melaksanakan shalat dhuha 2 rakaat, maka akan ditulis sebagai orang- orang yang tidak lalai dalam mengingat Allah. Barang siapa yang melaksanakan 4 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang suka beribadah. Barang siapa yang melaksanakan 6 rakaat, maka akan dicukupkan ia pada hari tersebut. Barang siapa yang melaksanakan 8 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang selalu berbuat taat. Dan barang siapa yang melaksanakan 12 rakaat, maka Allah akan membina baginya mahligai di dalam Surga". (HR At Thabrani)
Wallahu'alam bissawab. Semoga bermanfaat panduan dan tata cara lengkap sholat sunnah duha, semoga kita bisa mengamalkannya setiap hari dan tidak meninggalkannya lagi. Aamiin.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar