Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya dalam Ilmu Kesehatan

shares |

Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya dalam Ilmu Kesehatan. Puasa termasuk ke dalam rukun islam yang ke-4 yaitu dengan mengerjakan puasa di bulan Ramadhan selama 30 hari atau 29 hari. Seperti halnya sholat, puasa juga ada yang hukumnya wajib yaitu yang dikerjakan di bulan Ramadhan dan ada yang hukumnya sunnah yang bisa dikerjakan kapan saja. Ada banyak sekali macam puasa sunnah seperti puasa sunnah senin kamis, puasa syawal, puasa asyura, puasa nabi Daud dan puasa lainnya.
niat puasa senin kamis dan manfaat serta hikmahnya
Membahas mengenai puasa senin kamis ternyata puasa yang dilakukan setiap hari senin dan kamis ini memiliki keistimewaan sendiri. Ada banyak hikmah dan keutamaan dari puasa senin kamis dan bahkan Nabi Muhammad Saw. selalu melakukan puasa sunnah setiap hari senin dan kamis.
Dari Aisyah ra. bahwa Nabi Sholallahu "alaihi wassallam sering melakukan puasa senin dan kamis. (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)
Alasan mengapa harus puasa senin dan kamis karena hari senin dan kamis adalah hari ketika semua amal manusia dikirimkan ke langit dan hari inilah semua pintu surga dibuka. Dalam hadis sahih muslim dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Saw bersabda :
"Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim)
Adapun cara mengerjakan puasa senin kamis adalah sama dengan mengerjakan puasa lainnya, hanya niatnya saja yang berbeda. Berikut niat puasa senin dan kamis.
bacaan niat puasa sunnah senin
NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya : "Niat saya puasa senin sunnah karena Allah Ta'ala"
bacaan niat puasa sunnah kamis

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya : "Niat saya puasa kamis, sunnah karena Allah Ta'ala"

Banyak sekali manfaat dan keutamaan yang bisa dipetik dari puasa senin kamis ini baik itu dari segi kesehatan, sosial, agama, dan lain sebagainya.
Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)
Dan puasa ini dapat mendatangkan pahala yang sangat besar di hadapan Allah. Sesuai dengan hadis :
"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat." (HR. Bukhari dan Abu Daud).
Hal ini sangat berkaitan dengan firman Allah SWT dalam Alquran :
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Al-Baqarah: 183)
Hal ini berarti puasa harus dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan karena inilah ciri-ciri orang yang beriman dan bertakwa, dan puasa sunnah adalah puasa yang sangat dianjurkan karena dapat mendatangkan hikmah yang luar biasa.

Dilihat dari segi sosial dan kejiwaan, manfaat puasa senin kamis dapat membuat seseorang selalu bersabar dalam menghadapi ujian kehidupan, dapat mengendalikan hawa nafsu, melakukan banyak amal baik, bersikap lebih sopan dan memiliki jiwa yang kuat serta ketakwaan kepada Allah SWT meningkat. Sedangkan dari segi kesehatan ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh, berikut diantaranya :

1. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Ketika seseorang berpuasa makanan ataupun minuman tidak ada yang masuk ke dalam tubuh kecuali saat sahur saja. Lambung memproses makanan selama 3-6 jam. Jika seseorang terus memasukkan makanan ke dalam perutnya kurang dari 6 jam maka lambung harus terus bekerja untuk memproses makanan tersebut. Dengan berpuasa maka ada waktu untuk lambung beristirahat dari pekerjaannya. Puasa senin kamis inilah solusi terbaik agar lambung anda tetap sehat dan ada waktu untuk beristirahat 2 x dalam seminggu.

2. Menurunkan Kolestrol

Bagi anda yang memiliki kadar kolestrol tinggi sebaiknya memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi dan jam makannya, jika tidak maka akibat buruk bisa ditimbulkan seperti serangan jantung dan stroek. Selain makanan yang diperhatikan puasa adalah salah satu cara untuk mengurangi kadar kolestrol anda. Jam makan saat puasa sangat diatur yaitu ketika berbuka di waktu magrib dan sahur sebelum subuh.

3. Dapat Mempercantik Kulit

Saat berpuasa, semua organ akan mengalami reorganisasi atau pergantian sel-sel baru, seperti pada kulit. Dengan puasa 2 x seminggu yaitu senin dan kamis maka sel-sel kulit mati akan diganti secara otomatis oleh sel kulit yang baru sehingga kulit akan selalu tampak kencang dan cantik. Selain kulit, sel darah juga akan diganti dengan sel darah yang baru. Karena semua organ mengalami pergantian sel maka orang yang selalu berpuasa senin dan kamis akan terlihat lebih segar dan sehat dari orang yang tidak berpuasa.

Nah itulah beberapa manfaat puasa senin kamis dari berbagai aspek kehidupan. Bagi yang belum pernah melakukannya mungkin akan sedikit sulit karena rasa malas dan alasan lain untuk tidak melakukan puasa. Namun jika dibiasakan maka puasa senin kamis akan terasa menyenangkan dan saat tidak mengerjakannya terasa ada sesuatu yang hilang.

Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kesalahan. Anda bisa memberikan saran di kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar