Mengapa Lubang Hidung Ada Dua? Yuk Cari Tahu Jawabannya di Sini!

shares |

Info Unik. Kedua Lubang Hidung Memiliki Fungsi yang Berbeda. Hidung adalah bagian dari tubuh yang paling menonjol di area wajah dan merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai alat indera penciuman. Hidung memiliki fungsi yang paling penting dalam kehidupan yaitu menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan pernapasan, dan berperan dalam resonansi suara. Tanpa ada hidung, mungkin kita tidak akan bisa hidup, karena masuk dan keluarnya udara (bernafas) adalah melalui hidung.

Struktur hidung sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu ada pangkal hidung (bridge), batang hidung (dorsum nasi), puncak hidung (tip), sayap hidung (ala nasi), kolumela, dan lubang hidung (nares anterior). Masing-masing bagian hidung ini memiliki fungsi yang berbeda. Namun pernahkah ada berpikir dalam benak anda mengapa lubang hidung ada dua tidak pernah ada yang lubang hidungnya satu walaupun itu adalah hewan bukan manusia? Ternyata ada keunikan dari lubang hidung yang dua ini. Seperti apa keunikan lubang hidung ini? Berikut penjelasannya untuk anda.
keunikan dua lubang hidung dan fungsinya
Lubang hidung (nares anterior) merupakan rongga hidung tempat melekatnya beragam organ dalam menjalankan fungsinya. Hidung sendiri memiliki dua fungsi sekaligus yaitu sebagai indra penciuman dan pernapasan. Salah satu bagian organ yang terdapat pada lubang hidung adalah bulu hidung. Bulu hidung berfungsi sebagai penyaring kotoran ketika kita bernafas, karena udara tidak sepenuhnya bersih dari kotoran sehinggu bulu hidunglah yang berperan dalam menyaring kotoran dari udara yang dihirup.

Lubang hidung memiliki dua lubang baik itu pada manusia maupun hewan. Tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, oleh karena itulah Allah SWT menciptakan lubang dua pada hidung. Ternyata kedua lubang hidung ini memiliki fungsi yang berbeda. Cobalah anda bernapas menggunakan satu lubang hidung. Tutup satu lubang lalu keluarkan udara dari dalam lalu tutup lubang satunya lagi dan keluarkan lagi udara dari dalam. Udara yang keluar dari masing-masing lubang memiliki suhu yang berbeda. Lubang hidung kanan mengeluarkan udara panas dari dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sekresi asam, sedangkan lubang hidung bagian kiri mengeluarkan udara dingin dari dalam yang dapat meningkatkan pengeluaran alkali atau basa.

Jika kita bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri, maka hal ini akan mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan, dan sebaliknya. Belahan otak kanan yang dipengaruhi oleh dominasi lubang hidung sebelah kiri terkait dengan kemampuan manusia yaitu emosional, visual, relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminin. Sedangkan belahan otak kiri, yang dirangsang oleh dominasi lubang hidung kanan, dihubungkan dengan kegiatan verbal, lebih energik dan rasional.

Menurut pakar kesehatan masing-masing lubang hidung bisa dijadikan sebagai terapi atau penyembuhan berbagai penyakit, seperti sakit kepala, kelelahan, pusing, dan lain sebagainya.
fungsi lubang hidung dan cara terapi dengan lubang hidung
Terapi Sakit Kepala dan Lelah dengan Lubang Hidung
Untuk meredakan sakit kepala anda bisa melakukan cara penyembuhan dengan lubang hidung ini, caranya tutuplah lubang hidung sebelah kanan lalu bernafaslah menggunakan lubang hidung bagian kiri. Lakukan cara ini kurang lebih 5 menit, dan sakit kepala anda sembuh. Seperti yang dilakukan oleh seseorang yang tidak disebutkan namanya melakukan cara ini ketika ia sakit kepala. "Pada suatu malam, saya duduk menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri. Dalam kurang dari satu minggu, sakit kepala saya sembuh. Saya teruskan melakukannya selama 1 bulan, sejak malam itu sampai sekarang, sakit kepala saya tidak kambuh lagi. Ujarnya.

Selain meredakan sakit kepala, rasa lelah pun bisa teratasi dengan cara ini. Caranya adalah kebalikan dari meredakan sakit kepala. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernapaslah melalui lubang kanan. Tidak lama setelahnya rasa lelah akan hilang dan tubuh anda segar kembali.

Lubang hidung sebelah kanan memiliki manfaat lainnya yaitu dapat membantu dalam penyembuhan gangguan pencernaan kronis dan dapat meringankan susah buang air besar atau sembelit dan juga dapat mengatasi susah makan. Lubang hidung sebelah kiri juga mempunyai manfaat lainnya yaitu dapat meredakan stres dan mengatasi insomnia atau kesulitan tidur.

Dari beberapa informasi ada yang mengatakan bahwa antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam bernafas. Katanya perempuan lebih banyak bernafas melalui lubang hidung sebelah kiri yang mengeluarkan udara dingin sedangkan laki-laki lebih sering bernafas melalui lubang kanan yang mengeluarkan udara panas, oleh karena itulah perempuan lebih sabar daripada laki-laki. Hm, mengenai hal ini belum ada pembuktian secara ilmiah jadi belum tentu benar atau tidak.

Bagaimana, sudah terjawab kan pertanyaan mengapa lubang hidung ada dua? Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai hidung. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu mengapa Tuhan menciptakan lubang hidung dua. Yuk share!

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar