19 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

shares |

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Buah yang memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia (jeruk nipis) memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang. Buah yang memiliki warna hijau dan aroma yang sedap ini biasa digunakan sebagai penyedap masakan dan menghilangkan bau amis pada masakan seperti untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan menjadi cuka alami untuk acar pada sate.

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis adalah vitamin C yang sangat banyak sehingga sangat baik digunakan untuk orang yang terkena batuk dan flu. Adapun kandungan lainnya seperti minyak terbang limonene dan linalol, juga flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Jika jeruk nipis sudah masak maka kandungannya bertambah seperti synephrine dan N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Zat yang terdapat pada jeruk nipis sangat baik bagi tubuh apalagi jika kita sedang sakit, pengobatan dengan jeruk nipis sangat dianjurkan. Adapun menurut Dr. Setiawan Dalimartha, anggota SP3T (Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional) DKI Jakarta, ternyata jeruk nipis bisa digunakan dalam berbagai hal lainnya yaitu air jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu.
manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan
Jeruk Nipis
Wow, memang banyak sekali manfaat dari buah jeruk nipis ini ya. Lalu bagaimana cara memanfaatkan jeruk nipis ini untuk berbagai hal tersebut? Berikut beberapa tips memanfaatkan jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan menurut Hj. Sarah Kriswanti, herbalis yang tinggal di Bandung, dan Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia). Selamat mencoba!

KECANTIKAN

Jeruk nipis bisa digunakan untuk perawatan kecantikan anda. Jeruk nipis untuk kecantikan tidak hanya untuk kaum wanita saja tapi bisa juga digunakan untuk kaum laki-laki. Berikut manfaat dan beberapa cara menggunakan jeruk nipis untuk kecantikan.

a. Membantu dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati

Sel kulit yang sudah mati terkadang sulit terlepas dengan sendirinya sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kulit baru. Oleh karena itu, gunakan saja jeruk nipis untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut. Caranya ambil satu atau dua buah jeruk nipis lalu peras dan ambil airnya. Air jeruk nipis tadi lalu oleskan pada kulit wajah anda dengan bantuan kapas. Diamkan beberapa saat lalu bilas.

b. Dapat Membersihkan Komedo

Komedo memang sulit jika dibersihkan secara manual sehingga kita harus pulang pergi ke salon setiap minggunya untuk facial wajah. Namun kali ini anda tidak harus pergi ke salon lagi karena hanya dengan menggunakan jeruk nipis komedo anda bisa terangkat dan hidung bersih tanpa ada butiran komedo yang menempel di pori-pori. Caranya cuci wajah dengan menggunakan air hangat, lalu gosokkan air jeruk nipis ke bagian wajah yang berkomedo terutama hidung. Biarkan beberapa saat dan bilas. Cara ini bisa anda lakukan di malam hari saat anda akan tidur dan biarkan air jeruk nipis menyerap ke dalam pori-pori selama semalaman dan esoknya bilas dengan air bersih.

c. Mengatasi Bau Badan

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis mampu mengatasi bau tak sedap pada badan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang bercampur dengan keringat akan mati dengan olesan jeruk nipis. Biasanya bau tak sedap pada badan ini adalah bau badan yang terdapat di area ketiak. Jadi anda bisa meghilangkan bau badan ini dimulai dari ketiak.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi bau badan adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu olesi dengan kapur sirih di atasnya. Oleskan pada ketiak setelah mandi di pagi hari dan malam hari saat anda akan tidur. Biarkan beberapa saat dan bilas. Kapur sirih sebagai tambahan bermanfaat juga untuk merontokkan bulu ketiak.

Selain dengan buahnya, ternyata daun jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya cukup dimakan 1 helai daun 3 kali sehari. Atau anda bisa menambahkannya ke dalam masakan.

d. Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

Masa menstruasi setiap wanita memang berbeda-beda. Ada yang teratur setiap bulannya dan ada yang tidak. Hla ini disebabkan oleh banyak faktor baik itu faktor gen maupun faktor eksternal. Untuk mengatasi haid yang tidak teratur anda bisa mengkonsumsi perasan air jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat dan tambahan satu sendok madu untuk satu gelas. Diminum setiap 3 kali sehari. Bisa dikonsumsi juga saat haid untuk mengatasi nyeri.

e. Perawatan Setelah Melahirkan

Biasanya jika seorang wanita setelah melahirkan perutnya akan tetap buncit walaupun anaknya sudah keluar. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengempeskan kembali perut yang buncit tersebut yaitu dengan mengikatnya menggunakan gurita. Namun ada cara lain untuk mengempeskan perut pasca melahirkan yaitu dengan mencampur perasan dua buah jeruk nipis dengan ditambah 1 sendok kapur sirih dan 2 sendok minyak kayu putih lalu oleskan pada sekitaran perut. Gunakan secara teratur ya.

f. Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi jerawat biasanya kita menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkannya. Tapi anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat, karena kandungan yang terdapat pada jeruk nipis hampir sama dengan kandungan yang terdapat pada jeruk lemon. Cara menggunakannya yaitu dengan mengiris satu buah jeruk nipis lalu gosok secara perlahan pada bagian yang berjerawat.

g. Untuk Mengatasi Rambut Rontok dan Menghilangkan Ketombe

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh ketombe yang menempel di kulit kepala. Oleh karena itu, agar rambut tidak rontok lagi anda harus menghilangkan ketombe terlebih dahulu.
Caranya yaitu dengan mengiris jeruk nipis lalu gosokkan pada kulit kepala dan rambutnya. Setelah rata bungkus kepala anda dengan ciput atau handuk. Biarkan semalaman dan keesokan hainya cuci sampai bersih.

h. Dapat Membuat Rambut Menjadi Lebat

Campurkn 1 butir kning telur dengan 3 buah perasan jeruk nipis, lalu gosokkan ke kuliy kepala. Biarkan 1 - 2 jam dan cuci menggunakan sampo untuk menghilangkan bau amis dari telur.

i. Melangsingkan Badan

Bagi anda yang sedang berdiet sebaiknya anda selalu meminum perasan buah jeruk setiap pagi sebelum mengkonsumsi apapun. Jeruk apapun mampu membentuk badan menjadi langsing, baik itu jeruk lemon, jeruk biasa, maupun jeruk nipis. Caranya peraslah buah jeruk lalu campur dengan air hangat atau teh hijau. Lalu minum setiap pagi ataupun sore.

KESEHATAN

a. Mengobati Ambeien

Kalau sudah ambeien pasti sulit untuk melakukan aktivitas seperti duduk karena ada tonjolan berupa daging yang terdapat pada area b*k*ng. Namun sekarang anda bisa mengatasinya dengan menggunakan jeruk nipis saja. Tapi untuk mengatasi penyakit yang satu ini kita gunakan akar pohon jeruk nipisnya. Caranya cuci bersih akan pohon jeruk nipis secukupnya saja, lalu rebus dengan air sampai mendidih. Lalu minum selagi hangat.

b. Mengobati Amandel

Amandel disebabkan karena membengkaknya kelenjar yang terdapat pada bagian antara mulut dan kerongkongan. Amandel sering terjadi pada anak berusia 7 sampai 15 tahun yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam atau penyedap rasa seperti MSG. Amandel bisa disembuhkan dengan cara dioperasi, namun untuk mengurangi rasa nyeri dan menimbulkan pembengkakan kembali anda bisa mengatasinya dengan jeruk nipis. Caranya cuci bersih kulit jeruk dari 3 buah jeruk nipis dan iris sedang. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 3/4nya. Saring dan kumurkan setiap hari sampai 4 x sehari.

c. Mengobati Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah keinginan untuk buang air kecil terus menerus tapi dalam jangka waktu dekat dan hanya keluar sedikit tidak sebanding dengan rasa yang ingin buang airnya. Hal ini disebabkan adanya bakteri yang masuk di dalam saluran urine, salah satu sebabnya karena kurangnya kebersihan organ intim atau minum air yg tanpa sengaja atau sengaja bercampur air kurang/ tidak matang.

Untuk mengatasi anyang-anyangan ini adalah dengan memeras dua buah jeruk nipis dengan dicampur 1 gelas air panas dan gula batu. Lalu aduk dan mium selagi hangat. Untuk memulihkannya kembali dibutuhkan 2-3 hari. Jadi minumlah setiap hari.

d. Mengobati Flu dan Batuk

Untuk mengobati flu yang disertai dengan batuk, anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang diseduh dengan air panas. Dan diminum dua kali sehari. Namun jika anda hanya mengalami batuk saja anda bisa meminum perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap atau yang dicampur dengan madu dan sedikti garam.

e. Mengobati Batu Ginjal

Dari beberapa kasus yang terjadi jika seseorang mengalami batu ginjal haruslah dioperasi, namun salah satu orang yang pernah mengalaminya tidak pernah pergi ke dokter spesialis untuk melakukan operasi. Dia hanya rutin meminum perasan jeruk nipis yang diencerkan dengan air hangat dan diminum setiap hari. Dan buktinya dia sembuh dari batu ginjalnya.

f. Mengobati Difteri

Difteri adalah penyakit yang sangat mematikan akibat terjangit bakteri dari Corynebacterium diphtheriae. Penyakit ini sangat rentan terjadi pada anak-anak. Penyakit ini disebarkan oleh menghirup cairan dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi, dari jari-jari atau handuk yang terkontaminasi, dan dari susu yang terkontaminasi penderita. Banyak yang selamat dari penyakit ini namun mereka menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal.

Untuk mengobati dan menghindari penyakit ini adalah dengan meminum perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat setiap hari 3 x sehari.

g. Mengobati Demam

Saat anak demam sang ibu pasti bingung cara mengobatinya. Diberi obat takut, pergi ke dokter jauh apalagi jika demamnya terjadi di malam hari. Ibu tak perlu khawatir karena dengan menggunakan jeruk nipis demam anak bisa terobati. Peraslah 2 buah jeruk nipis lalu campur dengan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk . Aduk dan campur dengan 1 sendok monyak kelapa. Oleskan pada kening dan ketiak anak anda. Insyaallah demamnya turun.

h. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok memang sulit bagi sebagian orang, namun anda bisa berusaha untuk menghentikannya dengan jeruk nipis. Setiap kali anda ingin merokok hiruplah jeruk nipis beberapa kali lalu minum air putih. Dengan cara ini kebiasaan anda merokok pun akan hilang.

i. Mengobati Vertigo

Sakit kepala yang tak kunjung sembuh dan sangat sakit dirasakan bisa menghambat segalanya. Hal ini terjadi pada orang yang mengalami vertigo. Untuk mengobati sakit kepala ini adalah dengan mengoleskan daun jeruk nipis yang sudah dilumatkan dan diberi perasan buah jeruk nipis pada dahi, pelipis, dan tengkuk. Lakukan 2 x sehari.

j. Mengobati Panu

Selain menggunakan lengkuas, ternyata panu juga bisa diobati dengan daun landep yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Caranya tumbuk daun landep lalu campur dengan perasan jeruk nipis. Oleskan pada kulit yang panuan atau anda bisa membalutnya dengan kain kasa.

Nah itulah beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk dishare ke yang lainnya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar