Es Krim Ini Sempat Bikin Hubungan Rusia-AS Memanas

shares |

Es Krim "Obamka" dari Rusia yang Menginggung Amerika Serikat. Seperti kita ketahui bahwa negara besar Rusia dan Amerika selalu munai konflik yang tak pernah padam bahkan saat ini antarnegara tersebut masih tetap bermusuhan meskipun perang dingin sudah berakhir. Yang akan kita bahas saat ini adalah tentang es krim. Lalu apa hubungannya es krim dengan kedua negara ini?

Sebuah perusahaan di Rusia tepatnya di Kota Krasnoyarsk memproduksi es krim yang membuat negara Amerika merasa tersinggung. Es krim ini memiliki nama "Little Obama" atau biasa mereka sebut "Obamka". Es krim yang menjadi perbincangan hangat ini memiliki nama dan kemasan yang mirip dengan nama presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama bahkan gambar anak kecil pada kemasan es krim tersebut berkulit hitam dengan anting di telinganya. Gambar tersebut terlihat mengejek karena gambar anak kecil pada kemasan es krim mirip sekali dengan ciri fisik Presiden Barack Obama.
es krim obamka dari Rusia menuai konflik dengan AS
Seperti es krim lainnya, Es Krim Obamka ini memiliki rasa yang enak dengan balutan cokelat di luarnya. Namun yang menjadi kontroversi adalah kemasannya yang dianggap oleh warga AS sebagai perbuatan rasis dan menyinggung. Namun menurut perusahaan yang membuat es krim tersebut yaitu Slavitsa mengatakan bahwa "Ini merupakan bagian dari upaya untuk menunjukkan kebahagiaan karakter anak-anak. Dengan berbagai rasa yang berbeda es krim ini melambangkan ragam ras yang ada di planet kita". Kemudian perusahaan ini menuturkan bahwa gambar anak laki-laki pada kemasan es krim tersebut terinspirasi dari karakter film kartun yaitu Soviet.

Slavitsa juga mengatakan bahwa untuk membuat sebuah nama produk mestilah memorable dan harus mudah diingat apalagi konsumennya adalah anak-anak. Penamaan pada produk es krim ini dianggap bagian dari politik, padahal Slavitsa menerangkan produk ini jauh dari kata politik. Walaupun demikian, seorang pejabat asal Amerika Serikat yang idak mau diberitahukan identitasnya menganggap bahwa ini adalah sebuah objek yang mengganggu. Dia menuturkan bahwa "Sementara saya belum melihat produk itu dijual, kami kecewa pada media yang dipimpin oleh anti-Amerika yang menjadi sangat lazim di Rusia selama beberapa tahun belakangan, terutama jika sudah terkait dengan diskriminasi dan ras." Ujarnya.

Saat ini belum diketahui apa maksud sebenarnya perusahaan cafe ini memproduksi es krim yang membuat semua warga Amerika marah. Namun, beberapa bulan yang lalu, perusahaan ini pernah menggemparkan media karena membuat cafe yang didedikasikan khusus untuk Presiden Vladimir Putin, dan yang menjadi sorotan adalah tisu toilet untuk membersihkan poop bergambarkan wajah Obama dan keset kamar kecil yang berwarna bendera Amerika Serikat.

Hm, bagaimana menurut anda?

Berminat untuk mencoba es krim Obamka ini? Mending gak usah lah ya, daripada menuai kontroversi.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar