16 Ucapan Kata Baik Untuk Anak Usia Dini Agar Berperilaku Baik

shares |

16 Ucapan Kata Baik Untuk Anak Usia Dini Agar Berperilaku Baik. Assalamualaikum abi dan umi. Gimana hari ini sudah ajarkan si teteh dan si aa yang baik-baik belum? Kalau ngajarin ngaji itu sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua agar anak kita menjadi anak yang soleh dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat.

Namun di jaman modern ini, banyak sekali orang tua yang lupa mengajarkan anaknya untuk sopan santun dan berperilaku baik kepada orang tua, orang lain, bahkan kepada dirinya sendiri. Ini menjadi PR buat kita semua.

Akhlak bukanlah bawaan dari lahir karena ini bukan merupakan gen. Akhlak adalah perilaku atau sikap yang diajarkan kepada anak baik itu oleh orang tuanya sendiri, guru, atau teman sebayanya. Hampir 90 persen akhlak anak adalah apa yang diajarkan oleh orang tuanya, karena waktu yang paling lama adalah di dalam keluarga atau waktu bersama orang tua.

Anak usia 1 sampai 15 tahun biasanya lebih banyak melihat karakter orang tua sendiri, mereka cenderung meniru perilaku yang dilakukan oleh orang tuanya, seperti sikap seorang ibu yang selalu baik kepada tetangga maka sang anak pun akan menirunya, atau misalnya seorang ayah yang selalu memberi kepada fakir miskin, sang anak pun akan menirunya pula. Oleh karena itu peran orang tua dalam hal mendidik anak adalah penting dan yang paling utama. bukan guru atau bahkan orang lain, orang tua yang paling banyak waktu bersama sang anak.
kata-kata baik untuk anak agar berperilaku baik
Selain melihat perilaku orang tua, anak biasanya sering mendengarkan apa yang dikatakan orang tuanya. Karena itu, kita sebagai orang tua harus bisa memilih dan memilah kata-kata yang baik untuk diucapkan agar anak kita menirunya.

Jangan lewatkan : Cara Melatih Anak Menghafal Alquran Sejak Dini

Adapun kata-kata baik yang bisa kita ajarkan kepada anak kita waktu dini. Apalagi jika anak kita masih kecil, otaknya akan sangat tanggap menerima perkataan baik ini. Berikut 16 kata baik untuk ajarkan anak menjadi berakhlakul karimah.

1. Bismillahirrohmanirrohim

Mungkin menurut kita kata Bismillahirrohmanirrohim sangatlah gampang untuk diucapkan. Tapi terkadang kita lupa membacanya sebelum kita mengerjakan sesuatu. Bismillah sangatlah baik untuk diajarkan kepada anak, agar anak nantinya sebelum melakukan sesuatu selalu membaca Basmalah, seperti akan tidur, makan, berangkat sekolah, dan lain sebagainya.

Kita sebagai orang tua harus faham dengan kondisi anak yang masih kecil, terkadang mereka suka lupa dengan hal-hal kecil. Cara untuk mengajarkannya adalah seperti saat akan makan, ajaklah si kecil untuk mencuci tangan terlebih dahulu, lalu yuk ade kita baca dulu basmalah supaya makanan kita tidak diganggu jin. Setelah itu makan dengan menggunakan tangan kanan. Ini akan menjadi kebiasaan anak ketika akan melakukan pekerjaan apapun.

2. Insyaallah

Yuk ajarkan si kecil dengan mengatakan insyaallah ketika akan melakukan sesuatu. Ketika ada temannya yang mengajak bermain nanti sore, ajarkan padanya untuk mengatakan kepada temannya insyaallah (jika Allah berkehendak), karena segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini adalah kehendak Allah.

3. Jazakallah

Ucapan terima kasih setelah orang lain menolong atau memberi sesuatu haruslah di ajarkan kepada anak supaya anak tahu bagaimana harus berterima kasih. Ucapan yang baik untuk diajarkan adalah dengan mengatakan jazakallahu khoiron katsiron, atau jazakalloh saja yang artinya (semoga Allah membalasmu) Selain mengucapkan kata tersebut, ajarkan juga sang anak untuk tersenyum ketika mengucapkan kata tersebut.

4. Alhamdulillah

Setelah menyelesaikan pekerjaan ajarkanlah anak untuk mengucap hamdalah atau alhamdulillah (segala puji bagi Allah), karena semua pekerjaan atau hal yang dilakukan semuanya karena Allah, karena itu kita diharuskan bersyukur atas pertolonganNya.

Selain mengucapkan alhamdulillah setelah melakukan sesuatu, mengucapkan alhamdulillah juga wajib ketika kita bersin, karena virus dan racun yang ada di dalam tubuh keluar semuanya melalui hidung dan itu semua karena Allah.

5. Yarhamukalloh

Ketika bersin, kita sendiri diwajibkan untuk membaca hamdalah. Jika ada teman atau orang lain yang bersin katakanlah Yarhamukalloh (semoga Allah menyertaimu) Ajarkanlah ini kepada anak kita ya. Cara mengajarkannya adalah ketika anak bersin kita ucapkan yarhamukalloh, dan saat kita yang bersin ajarkan anak kita untuk mengucapkannya.

6. Astagfirullah

Anak pasti ada salahnya dan terkadang membuat kita jengkel. Jika anak melakukan kesalahan seperti mengacak-acak baju atau membuat temannya menangis ajarkanlah kepadanya untuk menyesali perbuatannya dengan mengatakan astagfirullohaladzim dan tidak melakukan kesalahannya lagi nanti.

7. Maaf

Selain mengatakan astagfirulloh untuk menyesali perbuatannya, ajarkan juga anak untuk meminta maaf atas apa yang telah diperbuatnya. Maaf mengajarkan anak untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dan mengajarkan untuk memaafkan kesalahan orang lain pula.

8. Fisabilillah

Ajarkan anak untuk memberi kepada yang membutuhkan, seperti kaum dhuafa. Ketika anak memberikan bantuan seperti uang kepada kaum dhuafa ajarkanlah dia untuk mengatakan Fisabilillah (orang yang berjuang di jalan Allah) agar anak tidak memandang rendah kaum dhuafa, karena kaum dhuafa adalah orang yang berjuang di jalan Allah dan yang paling sedikit hisabannya nanti di akhirat.
tips dan cara mendidik anak yang baik
9. Fii amaanillah

Setelah anak selesai bermain dan berpisah dengan teman-temannya, ajarkan dia untuk mengatakan fii amaanillah (semoga engkau dalam lindungan Allah). Ini mengajarkan anak menjadi orang yang selalu mendoakan orang lain juga. Tidak hanya berdoa setelah selesai solat tapi berdoa di manapun dan kapan pun adalah wajib.

10. Tawakaltualallah

Ajarjanlah anak untuk mengatakan tawakaltualallah ketika ada masalah muncul. Ini mengajarkan anak bahwa segala masalah adalah datangnya dari Allah dan dibaliknya ada solusi yang Allah berikan.

11. Naudzubillah

Naudzubillah (Kami berlindung kepada Allah) diucapkan ketika ada hal yang tidak menyenangkan. Seperti saat dirinya melihat hal yang tidak disukai, maka ajrkanlah untuk mengatakan naudzubillah.

12. Aamiin

Kata Aamiin ini ada beberapa beda pengucapan, seperti aamin, amin, amiin, dan aamiin, dan masing-masing kata tersebut mengandung arti yang berbeda.
Aamiin di sini adalah aamiin setelah selesai berdoa, yang artinya Terimalah Permohonanku.

Ajarkan anak untuk selalu mengucapkan aamiin jika selesai berdoa, baik itu berdoa sendiri atau saat berdoa bersama di sekolah.

13. Subhanallah

Biasanya ada salah pengertian dari pengucapan subhanallah ini. Subhanallah diucapkan ketika melihat suatu hal yang buruk, seperti melihat orang yang kecelakaan dan lain sebagainya. Ajarkan si kecil untuk selalu mengucapkan subhanallah ketika ada suatu hal buruk yang dia lihat.

14. Masha Allah

Pengucapan kata mashaallah diucapkan ketika melihat sesuatu yang dikagumi atau yang disukai. Seperti pada saat si kecil melihat keindahan alam gunung, sawah, pantai, dan lainnya maka ajarkanlah dia untuk mengucapkan mashaallah, karena semua kekaguman dan kesempurnaan di alam semesta ini adalah semua kehendak Allah. Di sinilah diterapkan kepada anak rasa syukur atas segala penciptaan Allah.

15. Ya Allah

Ketika dia sedang sakit atau sedang menagis karena suatu hal yang membuat dirinya sulit, ajarkan dia untuk mengatakan ya Allah. Seperti saat dia menagis karena tidak bisa menyelesaikan PR, katakanlah ya Allah lalu dilanjutkan dengan kata yang lain seperti "ya Allah, bantulah ade supaya bisa mengerjakan PR sekolah ini"

16. Innalillahi

Saat ada hal buruk menimpa, ajarkan dirinya untuk mengucapkan innalillahiwainnailaihirojiun. Karena setiap hal yang menimpa manusia adalah kehendak Allah dan semuanya kembali kepada Allah, seperti pada saat ada yang meninggal. Dia pasti bertanya, umi siapa yang meninggal. Lalu umi katakan padanya, innalillahiwainnailaihirojiun si anu yang meninggal. Katakan innalillahi sayang untuk si anu.

Selain mengatakan hal-hal baik seperti di atas, sebagai orang tua harus bisa bersikap baik pula di depan anak, agar anak bisa mencontoh perilaku orangtuanya yang baik. Dan jangan pernah ucapkan kata-kata buruk kepada anak, karena mereka akan menirunya mungkin saja ditiru kepada temannya. Dan jika dia tiba-tiba mengatakan hal buruk yang tidak pernah orang tua ajarkan mungkin saja itu adalah dari temannya, dan katakan padanya bahwa itu tidak baik dan jangan pernah ditiru.

Dengan 16 kata baik yang dapat membuat anak berperilaku baik di atas semoga anak-anak kita semua menjadi anak yang berakhlakul karimah dan menghormati kita sebagai orang tua.

Semoga bermanfaat informasi ini. Cek artikel lainnya yuk yang lebih bermanfaat. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar