Tips Mengatasi 10 Macam Penyakit Pada Anak Tanpa Perlu ke Dokter

shares |

Tips Mengatasi 10 Macam Penyakit Pada Anak Tanpa Perlu ke Dokter. Bagi yang sudah menikah hal yang paling dinanti adalah memiliki momongan. Anak merupakan karunia terindah yag dirasakan oleh orang tua apalagi jika sang anak masih dalam masa lucu-lucunya. Saat anak sedang bermain dan tertawa orang tua pun pasti akan merasa bahagia, apalagi bunda yang setiap hari dan setiap waktu merawatnya.

Ketika anak sakit pasti bunda akan bingung dan resah takut terjadi apa-apa pada si anak. Banyak diantara kita yang langsung maen obat dan pergi ke dokter. Nah, bagaimana kalau anak sakit di malam hari, sedangkan Rumah Sakit jauh dan dokter spesialis anak sudah tutup? Bunda gak usah khawatir ada tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi sakit pada anak, cukup di dirawat di rumah saja dan insyaallah cepat sembuh. Berikut 10 tips mengatasi sakit pada anak.

1. Ketika Anak Demam

Demam disebabkan karena anak kecapean atau di siang hari anak terlalu asyik bermain di bawah trik matahari. Biasanya demam terjadi di malam hari, sedangkan malam hari biasanya dokter atau bidan sudah tutup.
tips dan cara mengatasi anak sakit tanpa ke dokter
Untuk mengatasi demam pada anak, bunda cukup menggunakan bawang merah. Pakaikan baju tipis pada anak dan kompres dahinya dengan air hangat. Lalu balurkan bawang merah pada tubuhnya. Agar anak tidak rewel berikan madu dan air kelapa muda. Biarkan kompresan dan baluran bawang merah menempel semalaman sampai demam anak reda. Insyaallah sembuh.

Jika demam masih berlanjut sampai pagi, kemungkinan ada penyakit lain pada anak. Segera bawa anak ke dokter spesialis.

2. Pilek dan Hidung Tersumbat

Kalau anak sudah pilek dan hidungnya tersumbat pasti rewel. Disuapin pasti gak mau makan atau yang masih bayi gak mau minum ASI. Bunda gak usah panik, jangan dikit-dikit dikasih obat. Cara mengatasinya bunda cukup sediakan air panas, lalu tetesi dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Hiruplah uap air panas yang sudah ditetesi minyak telon oleh anak bunda. Jangan biarkan suhu ruangan dingin dengan mematikan AC. Bila perlu olesi pelipisnya dengan pala bubuk yang ditetesi minyak telon. Pilek dan hidung tersumatnya akan berkurang.

3. Ketika Anak Batuk

Batuk biasanya terjadi setelah anak demam atau flu dan rata-rata disertai dahak pada tenggorokannya. Untuk mengatasi anak ketika batuk bunda jangan langsung ambil obat, apalagi obat dari warung. Cukup gunakan perasan jeruk nipis dan madu, aduk lalu minum. Jika tidak ada jeruk nipis bunda bisa menggunakan bunga belimbing atau kencur dan ditambahkan madu agar rasanya tidak pahit.

4. Sakit Tenggorokan

Ketika anak sakit tenggorokan biasanya akan sulit makan dan minum karena terjadi peradangan pada dinding tenggorokan. Peradangan ini biasanya disebabkan karena kuman dari makanan.

Untuk mengatasinya, bunda bisa memberinya air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan madu atau buat anak bunda yang sudah besar bisa berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

5. Diare

Kalau anak sudah diare bunda pasti merasa salah memberinya makan apa sebelum dia sakit. Memang diare ini sering disebabkan karena makanan yang tidak higienis atau bisa saja karena masuk angin.

Untuk mengatasinya berikan dia minum sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi dehodrasi karena diare mengeluarkan cairan yang banyak. Selain itu berikan dia oralit alami dengan mencampur air, garam, dan gula. Bunda juga bisa menggunakan daun jambu muda untuk mengatasinya.

6. Sariawan

Selain sakit tenggorokan anak akan sulit makan kalau sariawan. Sariawan disebabkan oleh kuman dari makanan dan kurangnya memperhatikan kebersihan mulut. Mengatasinya cukup mudah, tumbuk daun saga dan tetesi dengan madu lalu tempelkan pada bagian sariawan. Lakukan secara rutin ya bun. Dan jagalah kebersihan mulut anak.

7. Cacingan

Ciri-ciri dari cacingan pada anak adalah badannya kurusan tapi makannya tetap banyak, dan bahkan selalu ingin nambah. Bunda harus cepat-cepat ambil tindakan jika anak mengalami ini. Dan biasanya anak sering menggaruk bagian belakangnya.

Mengatasi cacingan bisa menggunakan obat cacing, tapi ada cara alami yang bisa bunda lakukan yaitu berikan dia makan petai. Petai mengandung belerang dan tannin yang mampu membunuh cacing di dalam perut. Cacing akan keluar melalui tinja.

8. Mengobati Luka Lecet

Kalau anak sudah aktif bermain pasti sulit menghentikannya dan kadang tidak sadar dia terjatuh atau terluka dari mainan yang dia mainkan. Untuk mengatasinya bunda bisa mengoleskan madu pada luka lecetnya. ersihkan terlebih dahulu lukanya lalu olesi sedikit madu. Madu sangat kaya akan nutrisi dan berkhasiat sebagai desinfektan alami sehingga mampu megobati luka. Lakukan beberapa kali dalam sehari ya bun supaya lukanya cepat sembuh.

9. Saat Anak Bisulan

Orang tua zaman dulu biasanya kalau ada bisul suka dijampe atau dibaca doa dengan memijitnya perlahan. Tapi bunda bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Giling daun bayam duri lalu tambahkan sedikit madu. Tempelkan pada bagian yang bisul. Diamkan sampai bisul kering. Setelah kering oleskan putih telur dan madu untuk menghilangkan bekasnya. Dicoba ya bun.

10. Anak Susah Makan

Nih penyakit terakhir pada anak yang bikin bunda dan ayah bingung. Susah makan belum tahu disebabkan oleh apa. Tapi bunda bisa mengatasi anak yang susah untuk makan. Berikan dia herbal alami temulawak. Caranya bunda bisa memarudnya dan campurkan dengan air, lalu saring. Air saringan temulawak bisa langsung diminum oleh anak atau untuk mengatasi rasa pahitnya bunda bisa mencampurnya dengan madu.

Nah itulah beberapa tips mengatasi 10 macam penyakit pada anak tanpa perlu pergi ke dokter. Sangat mudah kan bun? Jadi bunda tak perlu bawa langsung ke dokter. Dikit-dikit jangan langsung minum obat, berikan saja obat alami. Insyaallah sembuh. Bahannya juga mudah di dapat kan bun dan pasti selalu tersedia di rumah. Semoga bermanfaat dan si kecil lekas sembuh ya. Bye.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar