Panduan dan Tata Cara Lengkap Niat Sholat Idul Adha

shares |

Panduan dan Tata Cara Lengkap Niat Sholat Idul Adha. Idul Adha merupakan hari raya besar Islam seperti hari raya idul fitri. Di bulan Dzulhijah inilah umat Islam menjalankan rukun islam yang ke lima yaitu menjalankan ibadah haji di Baitulloh Mekkah.

Kita sebagai umat islam yang belum diberikan kesempatan untuk pergi haji kita juga diwajibkan untuk menjalankan kewajiban yaitu berqurban. Berkurban sangatlah dianjurkan bagi mereka yang mampu melaksanakannya, yaitu dengan memotong hewan seperti kambing, domba, sapi, dan hewan lainnya yang bisa dikurbankan untuk diberikan kepada rakyat yang membutuhkan atau kaum dhuafa. Sebelum penyembelihan kurban, sama seperti halnya hari raya idul fitri kita juga disunahkan untuk melaksanakan sholat idul adha bagi yang mampu menjalankannya atau tanpa ada udur.

Sholat Idul Adha merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada tanggal 10 Dzulhijah. Sholat ini dilakukan secara berjamaah di dalam masjid atau ruangan terbuka seperti lapangan. Sholat idul adha sunnah dilaksanakan, namun sangat dianjurkan karena banyak keutamaan di dalamnya.
panduan dan tata cara sholat idul adha lengkap
Untuk mengerjakan sholat idul adha cara mengerjakannya sama dengan sholat yang lain, hanya berbeda dari niatnya saja. Adapun tata cara melaksanakan sholat idul adha adalah :

1. Berniat

Semua jenis sholat cara pengerjaannya sama, hanya berbeda dari niatnya saja. Karena sholat idul adha dilakukan secara berjamaah, maka niat yang dibaca sebagai makmum adalah :
Niat sholat idul adha serta tata cara sholatnya
USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : "Saya niat sholat sunnah idul adha dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala"

Jika kita sholat idul adha sebagai imam niatnya makmuman diganti dengan imaman, seperti berikut ini :

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :"Saya niat sholat idul adha dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

2. Melaksanakan rukun sholat yang lain
  • Setelah berniat, maka sebagai makmum tinggal ikuti saja imam sholat, yaitu setelah niat langsung takbirotul ihram atau mengucapkan Allahu Akbar dengan mengangkat kedua tangan.
  • Setelah bertakbir membaca doa iftitah, lalu takbir sebanyak 7 x dan diantara masing-masing takbir membaca :
tata cara sholat idul adha lengkap
SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA  LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR

Artinya :"Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah"
  • Setelah takbir 7x kemudian membaca Al-fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surah yang ada dalam Alquran. Adapun surah yang dibaca oleh Nabi Muhammad Saw. adalah surah Qaf pada rakaat pertama dan surah Al-Qamar di rakaat kedua. Namun tidak dikhususkan harus membaca surah apa.
  • Setelah membaca Al-fatihah dan surah-surah dalam Alquran kemudian melakukan rukuk, i'tidal, dan sujud. Lalu lakukan hal yang sama di rakaat kedua lalu tasyahud akhir dan salam.
Allah tidak pernah memberatkan umatnya untuk melaksanakan ibadah, mengerjakan sholat idul adha saja cukup dua rakaat. Jangan sampai pada saat hari raya idul adha nanti malah tidak ikut untuk sholat. Bnayak sekali faedah yang di dapat dari sholat idul adha.

Setelah melaksanakan sholat selalu ada khutbah setelahnya, maka dari itu dengarkan isi dari khutbah tersebut agar kita mendapatkan lagi ilmu yang baru atau diingatkan kembali ilmu yang sudah lama tidak diamalkan.

Jangan lupa harus tahu juga sholat idul fitri, baca selengkapnya di ==>>> SINI

Mudah bukan untuk melaksanakan sholat idul adha? Supaya lebih jelas dan lebih lengkapnya kamu bisa tanyakan langsung ke ustad atau guru pengajianmu agar ilmu tentang idul adha ini lengkap dan tepat. Semoga bermanfaat panduan tata cara sholat idul adha ini. Semoga tahun depan kita bisa melaksanakan hari raya ini di Mekkah dengan melaksanakan haji terlebih dahulu. Amin.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar