6 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan

shares |

Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan. Di pagi hari yang sejuk rasanya malas untuk pergi mandi, apalagi mandi di waktu dini hari sebelum subuh pasti ingin tetap berada di kasur yang empuk dan diselimuti selimut yang hangat.

Mandi bukan semata-mata untuk membersihkan badan dari kotoran yang menempel, tapi untuk kesehatan raga dari dalam juga. Seperti yang dikatakan oleh ahli kesehatan dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra yaitu Dr. dr. Aru W. Sudoyo. MD, bahwa mandi pagi secara medis dapat merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi aktif terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat.

Selain dari ilmu kedokteran, menurut ilmu agama pun mandi pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga, apalagi jika mandi pagi dilakukan sebelum matahari terbit atau sebelum subuh. Menurut riwayat Rasulullah Saw. tak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga kesehatannya, yaitu dengan selalu menjaga makanan dan selalu mandi sebelum subuh.
manfaat dan kelebihan mandi pagi sebelum subuh
Mungkin diantara kita manfaat mandi sebelum subuh belum banyak yang tahu, padahal manfaatnya sangat banyak dan luar biasa bagi kesehatan. Sebelum saya berbagai kelebihan dan manfaat mandi sebelum subuh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita akan mandi, berikut diantaranya:
  1. Gunakan air dingin saat mandi pagi. Ini akan merangsang peredaran darah menjadi lancar.
  2. Mulailah untuk membasahi kaki terlebih dahulu sebelum menuangkan air ke kepala. Lalu tuangkan air ke lutut, perut, dan bahu. Diamlah sebentar kurang lebih 5 detik. Hawa panas dari dalam tubuh akan keluar melalui kepala. Jika langsung menuangkan air ke kepala bisa terjadi kejang atau stroek.
  3. Tuangkan air ke kepala dan seluruh badan sampai bersih.

Kelebihan dan manfaat dari mandi subuh bagi kesehatan adalah :

Melancarkan Peredaran Darah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa mandi pagi dengan air dingin akan merangsang sistem peredaran darah menjadi aktif dan lancar. Hal ini disampaikan juga dari berbagai penelitian dari sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, yaitu jika seseorang mandi pagi dengan air dingin maka peredaran darahnya akan lancar dan tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Jika peredaran darah lancar dan tubuh terasa segar maka kegiatan sehari-hari kita akan lebih energik tanpa rasa letih.

Meningkatkan Sel Darah Putih

Sel darah putih merupakan sel aktif yang dapat melindungi kita dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Ternyata mandi pagi sebelum subuh dengan menggunakan air dingin dapat meningkatkan sel darah putih dari segi kemampuan dan banyaknya. Jika sel darah putih meningkat maka terjangkitnya suatu penyakit akan berkurang. Daya tahan tubuh kita semakin meningkat.

Terhindar dari Resiko Hipertensi dan Penyakit Jantung

Mandi pagi dapat melancarkan sistem peredaran darah. Tekanan darah menjadi stabil dan terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah menjadi tinggi maka kemungkinan terjadi penyakit jantung koroner bisa menimpa anda.

Menurut seorang hypnitherapis dari American Board Of Hypnotherapy yaitu Frederic Premji, bahwa mandi pagi sebelum subuh dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi, varises, dan mengeraskan pembuluh darah. Mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Bagi yang punya riwayat oenyakit darah tinggi, alangkah baiknya untuk selalu mandi sebelum subuh, agar tekanan darah menjadi lancar dna hidup menjadi lebih sehat.

Menurunkan Stres

Stres bisa terjadi karena banyak masalah yang menyebabkan sirkulasi darah tidak normal di dalam otak. Oleh karena itu, mandi pagi dapat menjadi solusi bagi anda untuk mengatasi stres dan depresi. Dan ingatlah mandi pagi sebelum subuh dilakukan dengan menggunakan air dingin bukan air hangat.

Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, mandi pagi juga sangat baik untuk kecantikan kulit, yaitu dapat membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Kenapa hal ini bisa terjadi, alasannya adalah air dingin dapat menutup pori-pori kulit yang besar sehingga kulit menjadi tidak kasar. Dan bagi anda yang memiliki mata panda sebaiknya mandi pagi setiap hari agar peredaran darah di bagian bawah mata menjadi lancar dan warna hitam atau mata panda menjadi hilang.

Air dingin jika disiramkan pada rambut di pagi hari ternyata dapat membuat rambut lebih sehat. Air dingin bisa menutupi kutikula rambut sehingga dapat mengurangi kerontokan.

Dapat Meningkatkan Kesuburan

Bagi pasangan muda yang sedang merencakan program hamil, sebaiknya mandi sebelum subuh, karena ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki efek yang sangat positif untuk meningkatkan hormon kesuburan yaitu hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria. Selain itu, jaga pula asupan makanannya ya.

Mandi pagi sebelum subuh sangat baik bagi kesehatan, tapi bagi para penderita penyakit tertentu sebaiknya mandi pagi dilakukan dengan menggunakan air hangat. Seperti pada penderita penyakit kulit misalnya eksim. Jika penderita eksim mandi dnegan air dingin maka akan mengakibatkan gatal-gatal. Dan penderita reumatik sebaiknya mandi dengan air hangat agar otot tidak kaku dan persendian menjadi baik.

Hanya selingan saja, bagi anda yang ingin mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda bisa menggunakan air hangat dengan suhu kurang lebih 35 derajat selsius saat mandi di pagi hari. Air hangat dapat membuka pori-pori kulit sehingga racun dari dalam tubuh keluar.

Dan bisa juga digunakan untuk para wanita yang akan membersihkan kulit dari kotoran. Caranya basuh kulit wajah dengan air hangat dan bersihkan, lalu basuh dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

Demikian informasi seputar manfaat mandi pagi sebelum subuh bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Keep healthy.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar