8 Kunci Hubungan Rumah Tangga Agar Tetap Langgeng dan Harmonis

shares |

8 Kunci Hubungan Rumah Tangga Agar Tetap Langgeng dan Harmonis. Pepatah mengatakan bahwa pernikahan merupakan ikatan suci yang harus dijaga sampai maut memisahkan antara pasangannya. Saat ijab qobul kita dituntut bukan hanya untuk mengucapkannya, tapi berjanji pula di depan Allah SWT dan para saksi yang menyaksikan. Setelah ijab qobul selesai maka semua perjanjian itu harus dilaksanakan oleh kedua pasangan.

Menikah memang tidak segampang dan seindah yang dilihat, terkadang di dalamnya selalu ada masalah dan percekcokan antara kedua pasangan, oleh karena itu banyak diantaranya yang berpisah atau cerai karena suatu masalah baik itu masalah yang sepele sampai masalah yang besar.

Sebagai pasangan yang menjalani ikatan pernikahan sudah seharusnya tahu dan mengerti bahwa ikatan pernikahan tidak semudah dan segampang yang dilihat, apalagi jika melihat film drama di televisi yang memperlihatkan keharmonisan hubungan pernikahan. Dalam hidup masalah pasti sering muncul, mungkin itu adalah ujian atau cobaan yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan cara yang baik, jangan sampai ikatan pernikahan dijadikan sebagai korban dari pemecahan masalah itu.
tips kunci agar hubungan rumah tangga langgeng dan harmonis
Agar hubungan pernikahan selalu harmonis dan langgeng dan tidak ada masalah yang besar, lakukan cara-cara berikut ini yaitu 8 kunci hubungan rumah tangga agar tetap langgeng dan harmonis.

1. Selalu Bersikap Baik Terhadap Pasangan

Bersikap baik antara suami dan istri menjadi pertanda bahwa diantara keduanya saling menerima dan mencintai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang selalu bersikap baik cenderung lebih bahagia dan hubungan semakin harmonis dan langgeng.

2. Komunikasi yang Baik

Agar hubungan semakin baik, lakukan komunikasi yang baik pula. Sempatkan dalam setiap waktu untuk saling bercengkrama dan menceritakan suatu hal seperti masa kecil dulu sebelum menikah atau planning untuk masa depan.

Lakukan komunikasi kepada pasangan secara langsung atau face to face terutama saat terjadi permasalahan. Dengan komunikasi secara langsung, akan lebih memudahkan dalam memecahkan masalah. Obrolkan semua permasalahan yang mengganjal di hati dan hadapi permasalahan tersebut secara bersama-sama. Jika antara keduanya saling berjauhan misal karena tuntutan pekerjaan, maka sesekali hubungi pasangan lewat telepon atau pesan singkat.

3. Sesekali Bercanda

Komunikasi dalam hubungan sangatlah penting, namun perlu diperhatikan juga jenis komunikasi kepada pasangan, jangan sampai setiap kali berkomunikasi selalu disikapi dengan serius. Hal ini dapat membuat hubungan monoton dan tidak ada kegembiraan di dalamnya. Sesekali bercandalah dengan pasangan kita dan tanamlah di dalam rumah tangga kesenangan dan kegembiraan.

4. Saling Memprioritaskan

Keluarga adalah segalanya. Sesibuk apapun kita keluarga haruslah diutamakan, karena kepada siapa lagi kita pulang kalau bukan kepada keluarga apalagi kepada istri ataupun suami. Dialah yang berani mepertaruhkan waktunya demi mengurus rumah tangga. Ketika anda berkomitmen untuk membina rumah tangga, jangan melakukannya setenga-setengah. Curahkanlah seluruh kasih sayang yang dimiliki kepada pasangan agar terjalin hubungan yang baik dan langgeng.

5. Saling Mencintai dan Mengasihi

Yang paling utama dalam setiap hubungan adalah kasih sayang dan cinta. Tapa kedua itu maka hubungan ini tidak akan terjalin. Cintailah pasangan kita walaupun terkadang ada suatu hal yang tidak kita sukai darinya. Saat ijab qobul anda sendiri sudah berkomitmen bahwa akan saling menerima apa adanya, dan jika ada kesalahan dari pasangan maka harus diperbaiki.

Selalu berikan cinta dan kasih sayang anda kepada pasangan agar tetap terjalin hubungan yang baik. Jika ada orang lain yang lebih memikat, maka jangan tertarik. Karena selama ini pasangan anda sendirilah yang paling baik di antara yang lain yang anda lihat.

6. Kesempatan Berkembang

Ketika memiliki pasangan kerap kali seseorang terjebak dalam dikte pasangannya. Seperti halnya seorang istri yang tidak memperbolehkan suaminya untuk berkumpul dengan temnnya karena takut kepincut dengan teman wanitanya, atau seorang suami yang tidak memperbolehkan istrinya bercengkrama dengan orang lain di luar rumah. karena ternyata hal tersebut merupakan hal buruk yang dapat memicu keretakan rumah tangga.

Berikanlah pasangan anda kebebasan yang masih dalam batas kewajaran dan memberikan pasangan anda kesempatan untuk berkembang dan lebih maju, mungkin saja ketika suami anda atau istri anda berkumpul dengan temannya ada kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan kesempatan pekerjaan yang lebih baik.

7. Berikan Keharmonisan atau Kejutan

Keharmonisan sangatlah penting untuk menunjukkan bahwa anda sangatlah cinta kepada pasangan anda. Sesekali berikanlah kejutan kecil seperti hadiah atau kata-kata cinta yang romantis supaya hubungan cinta kalian semakin harmonis.

Baca juga : Contoh Surat Cinta Harmonis untuk Pasangan

8. Berbagi Cerita

Ketika anda sedang berkumpul dengan pasangan di dalam satu ruangan, usahakan untuk saling bercerita. Ketika sedang asik ngobrol jangan pernah anda menghidupkan ponsel anda seperti asyik berkomentar dengan teman anda di media sosial, karena itu akan membuat pasangan seperti tidak didengarkan atau seperti anda tidak mau mendengarkan apa yang dia ucapkan.

Menceritakan hal-hal kecil atau besar yang pernah anda alami atau dia alami akan semakin menumbuhkan sikap saling mengetahui karakter antara pasangan.

Nah itulah 8 kunci sukses agar hubungan rumah tangga semakin langgeng dan harmonis. Apalagi buat kalian yang baru saja menikah, coba ikuti cara dan trik tersebut. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar