5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh Bagian Dalam

shares |

5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh Bagian Dalam. Sehat adalah anugerah paling indah yang Tuhan berikan kepada kita, karena itu kita sebagai umatnya harus terus bersyukur atas kesehatan yang kita rasakan saat ini. Bayangkan jika kita sakit, mungkin saat ini kita tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa seperti buka blog ini, bekerja, sekolah, bermain, dan lain sebagainya.

Sebelum hal lain, kesehatan adalah hal yang paling diutamakan baik itu sehat secara fisik maupun psikis. Untuk hidup sehat kita harus mengatur pola hidup kita seperti berolahraga, menghindar stres, dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi karena hampir 90 persen kesehatan kita adalah tergantung dari pola asupan makanan. Makanan dikonsumsi harus memiliki gizi yang cukup untuk tubuh kita, selain karbohidrat, protein, dan mineral, asupan lemak dan vitamin juga harus ada.

Beberapa makanan yang jarang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin, seperti buah-buahan. Padahal buah-buahan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam sistem pencernaan. Jika kita jarang mengkonsumsi vitamin sistem pencernaan kita akan sulit untuk mencerna makanan dan pada akhirnya kita akan sulit untuk buang air besar.

Mungkin saat ini kita terlihat biasa saja merasa diri kita sehat jika dilihat dari luar. Namun apakah di dalam tubuh kita semua organ dalam sama sehatnya? Eits, belum tentu.

Seperti beberapa kasus orang yang mengidap asma, terlihat di luar dia sehat namun di dalam paru-parunya sakit. Penampilan di luar belum tentu menentukan kesehatan yang ada di dalam.
manfaat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan
Seperti yang telah dijelaskan tadi untuk tubuh tetap sehat yang paling penting untuk diperhatikan adalah asupan makanan terutama buah-buahan. Buah-buahan memang kaya akan manfaat, seperti buah sawo. Buah sawo ternyata mampu mengobati dan menyembuhkan beberapa penyakit dalam tubuh. Belum tahu? Yuk simak manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh bagian dalam.

1. Sawo dapat mencegah kanker usus

Seperti halnya buah yang lain, sawo juga memiliki serat yang sangat tinggi sehingga baik bagi pencernaan. Jika pencernaan kita terganggu dan sulit buang air besar maka bisa menyebabkan kanker usus. Kanker usus ini terjadi karena penumpukan kotoran di dalam usus dan luka akibat kerasnya fases di dalam.

2. Dapat menyembuhkan wasir dan diare

Buah sawo memiliki serat yang sangat tinggi dan dibaliknya pula buah sawo mengandung tannin yang cukup tinggi pula. Selain tannin, buah yang berwarna cokelat tua ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyerang parasit, virus, dan bakteri penyebab wasir dan diare.

3. Sawo dapat mencegah terjadinya infeksi

Tidak hanya tubuh bagian luar saja yang sering terkena infeksi, infeksi pada tubuh bagian dalam pun sering terjadi. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada buah sawo ternyata dapat mencegah terjadinya infeksi akibat dari radikal bebas dari luar.

4. Sawo dapat mengobati radang pada mulut

Ketika kita diserang radang mulut pasti akan sulit untuk bicara dan makan bahkan minum. Untuk mengobati radang mulut ini ternyata bisa dengan memanfaatkan buah sawo saja. Caranya anda bisa buat sebdiri di rumah yaitu dengan memotong dua buah sawo menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan 1 gelas air. Biarkan sampai air rebusan mendidih. Setelah itu angkat dan diamkan sampai air menjadi dingin. Saring, lalu jadikan air rebusan sawo untuk berkumur. Agar radang mulut cepat sembuh, berkumurlah dua kali dalam sehari.

5. Dapat mengobati disentri

Disentri adalah infeksi yang terjadi pada usus yang dapat menyebabkan diare yang cukup parah, biasanya disertai dengan keluarnya darah dan lendir pada fases. Gejala disentri itu sendiri dibarengi dengan kram perut, mual dan muntah, serta demam. Disentri tidak boleh dibiarkan harus ditangani dengan baik.

Untuk mengobati disentri cukup dengan menggunakan buah sawo, caranya yaitu buah sawo yang masih muda atau belum matang dihaluskan boleh diblender atau diulek, lalu beri sedikit garam dan konsumsi dua kali sehari agar disentri cepat sembuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian dalam, buah sawo juga sangat bermanfaat bagi kecantikan, seperti kandungan antioksidannya yang tinggi yang dapat menghindari penuaan dini pada kulit. Buah sawo bisa dijadikan masker alami juga loh. Cobain aja.

Semoga bermanfaat ya. terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar