17 Macam Penyakit dan Cara Mengatasinya Secara Alami

shares |

17 Macam Penyakit dan Cara Mengatasinya Secara Alami. Penyakit selalu datang kapan saja, mungkin di jam berikutnya kita akan jatuh sakit. Namun datangnya penyakit adalah disebabkan karena ulah kita sendiri yaitu seperti makanan yang kita konsumsi, kurang menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya. Ada juga beberapa penyakit yang disebabkan oleh musim dan suhu lingkungan seperti flu dan pilek.

Sebagai orang yang cerdas kita wajib menjaga diri kita dari datangnya penyakit dan menjauhi sumber penyakitnya, namun jika penyakit terjadi pada tubuh kita satu-satunya cara adalah dengan mengobatinya.

Mungkin diantara kita banyak yang berobat menggunakan jasa dokter dengan obat yang menumpuk, padahal bahan di sekitar kita bisa dimanfaatkan sebagai obat dari penyakit yang diderita. Kita harus ingat bahwa obat dari pabrik mengandung bahan kimia, walaupun itu tidak berbahaya jika dibiarkan terus-menerus berada di dalam tubuh kita itu tidak baik. Oleh karena itu lebih baik menggunakan bahan alami saja. Walaupun bahan alami dirasa lama proses pengobatannya, tapi tidak akan menimbulkan efek samping apa-apa.

Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai beberapa macam penyakit dan cara mengatasi dan mengobatinya secara alami. Silahkan disimak!
cara mengatasi penyakit dalam dan luar secara alami
Ilustrasi Sakit
1. Kolestrol dan Diabetes

Kolestrol memang tidak ada habisnya dibahas. Kolestrol yang tinggi disebabkan karena makanan yang kita konsumsi memiliki kadar lemak yang sangat tinggi ditambah dengan kurangnya beraktivitas dan olahraga sehingga yang terjadi adalah munculnya penyakit diabetes. Selain disebabkan karena kolestrol, diabetes juga disebabkan karena kadar gula yang sangat tinggi dalam darah.

Untuk mengobatinya secara alami, cukup dengan merebus daun salam bersama laos dan minum air rebusannya setiap hari. Cara seperti ini biasa dilakukan oleh orang tua zaman dulu, dan terbukti mereka lebih sehat.

Faktanya daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkan kolestrol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Dan laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran metabolisme seperti kolestrol berlebih.

2. Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut dengan tekanan darah tinggi, biasa terjadi pada orang dewasa yang memiliki tubuh gemuk dan jarang beraktivitas. Tapi tak sedikit pula orang kurus berpotensi hipertensi.

Hipertensi disebabkan karena asupan makanan yang memiliki kalori sangat tinggi dan kolestrol berlebih. Selain itu bisa disebabkan juga karena faktor genetik.

Jika sudah terkena hipertensi kita harus bisa menjaga asupan makanan jangan sampai memilih makanan yang bisa menaikan tekanan darah, seperti daun singkong, gorengan, makanan asin, dan makanan sejenis lainnya. Untuk mengurangi tekanan darah konsumsilah daun seledri setiap hari. Faktanya daun seledri mengandung phthalide yang mampu mengendurkan otot arteri sehingga menurunkan tekanan darah dan mengurangi produksi hormon stres.

Selain itu lakukan juga olahraga rutin agar tekanan darah stabil dan jantung tetap sehat.

3. Batuk

Cara mengatasi dan mengobati batuk dengan cara alami sudah kita ketahui, yaitu dengan meminum campuran perasan air jeruk nipis yang ditambah dengan madu.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat memperbaiki ketahan tubuh dan melawan flu. Dan berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membuang racun dalam tubuh. Selain itu kandungan dari air jeruk nipis dapat meredakan radang di tenggorokan.

Madu sebagai penambah berfungsi sebagai antiseptik dan untuk menambah tenaga dalam melawan penyakit.

4. Luka

Bagi orang dewasa jarang sekali terkena luka, tapi terkadang bagi ibu rumah tangga luka bisa terjadi karena pisau saat memasak, dan luka bisa terjadi karena kecelakaan dan lain-lain.

Untuk mengobatinya, cukup gunakan madu saja. Bersihkan terlebih dahulu lukanya lalu oleskan madu. Selain sebai antiseptik alami, madu mengandung hydrogen peroxide dan gluconic acid yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab infeksi. Dan madu ini akan membantu dalam proses pertumbuhan sel baru.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan karena efek dari stres dan kurang atau kelebihan tidur. Untuk mengurangi sakit kepala ini rebuslah jahe, sereh, dan ketumbar, lalu minum air rebusannya. Ketiga bahan ini mengandung minyak atsiri yang dapat memperlancar peredaran darah terutama di kepala dan berfungsi sebagai zat analgetik untuk mengurasi rasa sakit.

6. Sakit Mens

Mens atau haid sering dirasakan oleh para wanita ketika datang bulan. Hal ini disebabkan karena tidak lancarnya darah yang keluar dan rahim membengkak. Biasanya mereka mengkonsumsi obat anti nyeri di warung-warung, padahal itu tidak baik.

Untuk mengatasi nyeri haid lakukan dengan cara alami, yaitu rebus kunyit bersama dengan asam jawa. Minum air rebusannya ketika nyeri haid datang.

Kunyit mengandung kurkumin dan asam jawa mngandung fruit acid yang akan membuat darah yang keluar menjadi lancar dan mengurangi kram perut.

7. Bau Mulut

Bau mulut bisa disebabkan dari makanan atau kurangnya kita dalam memperhatikan kesehatan mulut. Biasanya bau mulut juga disebabkan dari gigi yang jarang dibersihkan dari sisa makanan.

Untuk mengatasi bau mulut berkumurlah dengan sir rebusan daun sirih, cengkieh dan kunyit. Ketiga bahan alami ini menjadi antiseptik alami untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut.

8. Keputihan

Keputihan sering dialami setiap wanita ketika akan datang haid atau setelahnya. Keputihan yang wajar adalah keputihan yang tidak bau dan berwarna bening dan ini adalah bagian dari keadaan wanita. Namun jika dibiarkan akan menjadi hal yang serius apalagi jika keputihan tersebut berwarna kuning sampai hijau dan bahkan berbau busuk.

Untuk mengatasi keputihan rebuslah daun sirih dengan sambiloto. Lalu jadikan sebagai pencuci bagian kewanitaan. Daun sirih berfungsi sebgai antiseptik dan sambiloto berfungsi sebagai antiflamasi  yang dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

9. Mimisan

Untuk mengatasi mimisan adalah gulung daun sirih yang teah dibersihkan dan masukkan ke dalam lubang hidung. Kalau orang kampung biasanya menggunakan daun bebadotan untuk menahan darah yang keluar dari hidung.

Untuk lebih lengkapnya baca Tips Mengatasi Mimisan Secara Alami

10. Susah Tidur

Susah tidur memang bukan suatu penyakit, tapi jika dibiarkan berbagai penyakit akan berdatangan.

Untuk mengatasi sulit tidur ini adalah dengan mengoleskan minyak lavender pada bantal dan bawah hidung. Aroma terapi dari minyak ini akan membuat pikiran rileks. Dan anda juga bisa meminum jus mentimun, pisang, dan biji pala. Ketiga bahan ini dapat membuat fikiran menjadi tenang.

11. Bibir Kering

Bibir kering disebabkan karena kurang cairan dalam tubuh atau karena seringnya terpapar sinar matahari. Anda bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih. Selain itu agar bibir tidak pecah, gunakan madu dan olesi pada kulit bibir. Madu dapat melembabkan bibir yang kering agar tidak pecah.

12. Gigi Kuning

Gigi putih memang menjadi dambaan semua orang. Untuk memutihkan gigi biasanya kita sering menggosok gigi. Namun jika terlalu sering gigi tidak akan kuat dan bahkan mudah rapuh. Untuk mengatasi gigi kuning ini gunakan bahan alami dari buah-buahan, yaitu hancurkan buah stroberi dan campur dengan setengah sednok teh baking soda atau secukupnya. Oleskan pada gigi selama beberapa menit. Lalu berkumur.

Namun menggunakan cara ini juga jangan terlalu sering karena baking soda bukan termasuk bahan alami, tetap akan ada dampaknya bila terlalu sering. Yang terpenting adalah sering konsumsi air putih dan buah-buahan agar gigi tetap putih dan bersih.

13. Kerutan

Kerutan adalah penyakit tua bagi semua orang. Jika usia sudah menginjak 25 sampai 30-an, kerutan pasti akan terlihat. Selain sering mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi rawat juga kulit anda dengan cara alami, yaitu dengan menggunakan putih telur sebagai amasker alami.

Putih telur mengandung albumin yang berfungsi sebagai pelembab dan dapat mengencangkan kulit. Baca juga Masker Kulit Manggis untuk Kulit Awet Muda

14. Ketombe

Untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan shampo alami yaitu jeruk nipis. Namun anda bisa juga menggunakan irisan cabe rawit dengan jeruk nipis dan oleskan pada kepala sebelum anda berkeramas.

Cabe rawit mengandung kapsaisin yang mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab timbulnya ketombe. Sedangkan jeruk nipis mengandung fruit acid yang mampu menjadi antiseptik alami.

15. Sakit Gigi

Cara mengatasi sakit gigi adalah dengan merebus daun serai dengan 2 gelas air, lalu tunggu sampai air rebusan menjadi 1 gelas saja. Diamkan sampai dingin lalu berkumur dengan air rebusan tersebut. Selain itu, orang dulu biasanya menggunakan air garam untuk berkumur. Dan terbukti bisa mengurangi rasa nyeri gigi.

16. Keseleo atau Terkilir

Keseleo atau terkilir biasanya dibawa ke tukang urut karena takut terjadi cedera. Anda juga bisa mengurangi rasa nyeri dengan menumbuk 2 batang serai dan 3 buah kemiri. Lalu panaskan diatas api. Selagi masih panas tempatkan pada bagian yang terkilir. Rasa nyeri akan sedikit hilang.

17. Sakit Maag

Sakit maag memang tidak tertahankan apalagi jika maagnya sudah kronis. Maag ini bisa disebabkan karena jam makan yang tidak teratur dan jarang sarapan di pagi hari.

Untuk mengatasi maag bisa menggunakan bahan alami, yaitu dengan merebus serai dengan 2 gelas air dan biarkan sampai volume air berkurang setengahnya. Minum air rebusan tadi secara teratur. Dan ubahlan pola makan yang sehat, yaitu 3 kali sehari.

Penyakit bisa datang kapan saja. Oleh karena itu kita harus punya benteng diri agar penyakit tersebut tidak datang dan menyerang. Kalau sudah sakit pasti sulit untuk melakukan kegiatan.

Jangan terlalu sering menggunakan obat warung, lebih baik gunakan obat alami saja yang ada di alam. Itu lebih baik dan tidak akan ad efek samping apa-apa. Semoga bermanfaat informasi 17 macam penyakit dan cara mengatasinya secara alami ini, mudah-mudahan yang sakit saat ini sembuh total, dan yang sehat mudah-mudahan dijauhkan dari penyakit. Selamat rehat.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar