10 Manfaat dan Faedah Apabila Kita Mengerjakan Sholat Tahajjud

shares |

10 Manfaat dan Faedah Apabila Kita Mengerjakan Sholat Tahajjud. Saat dilanda musibah atau cobaan kita tak lepas dari yang namanya berdoa. Berdoa merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim untuk meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT. Namun berdoa tidak dilakukan saat kita diberikan cobaan saja, berdoa harus dilakukan setiap saat walaupun tanpa ada yang ingin kita minta. Seperti berdoa mensyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita atau yang lainnya.

Berbicara mengenai meminta keinginan kepada Allah tak lepas dari sholat. Saat kita punya hajat pasti kita selalu menunaikan sholat hajat dan dilanjutkan dengan berdoa. Namun ada sholat yang memiliki manfaat luar biasa dibaliknya selain dari sholat hajat. Sholat ini dianjurkan untuk dilakukan setiap hari dan bahkan orang yang mengerjakannya akan mendapatkan pertolongan Allah di akhirat kelak, saat di dunia semua keinginannya akan tercapai. Namanya Sholat Tahajjud.

Sholat Tahajjud merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari dan sangat dianjurkan dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Sholat ini termasuk sholat sunnah namun memiliki manfaat dan faedah yang luar biasa.
manfaat dan faedah sholat tahajjud
Kita pasti sudah tahu sholat tahajjud itu seperti apa, namun terkadang diantara kita sulit untuk melakukannya bisa karena malas, tidak ada niat, atau dilakukan saat ada keinginan saja.

Baca : Tata Cara Lengkap Sholat Tahajjud dan Bacaan Doanya

Padahal sholat tahajjud memiliki faedah yang dahsyat yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ini akan saya paparkan manfaat dan faedah dari sholat tahajjud.

10 Manfaat dan Faedah Sholat Tahajjud

1. Mencegah Berbuat Dosa dan Sebagai Penghapus Dosa

Diriwayatkan dari hadis riwayat At-Tirmidzi bahwasannya Rasulullah Saw. bersabda yang artinya : "Lakukanlah qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah."

Qiyamul lain berarti sholat Tahajjud, karena merupakan sholat yang dilakukan pada malam hari ketika orang-orang sedang tertidur lelap.

2. Membuat Wajah Bercahaya

Bandingkan orang yang selalu sholat di malam hari dengan yang tidak pernah mengerjakannya sama sekali, wajah mereka akan berbeda. Orang yang selalu mengerjakan sholat tahajjud akan mendapatkan cahaya dari Allah SWT, karena itu wajah mereka bersinar penuh dengan ketakwaan.

Ulama kharismatik kota Basrah, Al Hasan Al Basri pernah ditanya orang mengenai sholat tahajjud. Katanya " Kenapa orang-orang yang membiasakan diri salat tahajjud di malam hari mukanya tampak cerah, berseri-seri dan berwibawa?" Beliau pun menjawab "Karena mereka selalu bercengkrama dengan Tuhan yang Maha Penyayang di kegelapan malam, maka Dia pun memberikan kepada mereka cahaya dari cahayaNya."

3. Jaminan Masuk Surga

Sholat tahajjud merupakan sholat sunnah yang paling utama dilaksanakan, karena selain banyak faedah yang di dapat Allah sangat sayang kepada orang yang setiap malamnya dipakai hanya untuk beribadah kepadaNya, karena itu Allah akan memasukkan orang yang melaksanakan sholat tahajjud dengan ikhlas ke dalam surga.

Rasulullah Saw. pernah mengatakan bahwa "Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat." (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi)

4. Mendapat Keringanan Ketika dihisab di Akhirat

Orang yang selalu mengerjakan sholat tahajjud pasti akan mendapatkan kemudahan dan perlindungan dari Allah SWT baik di dunia maupun diakhirat. Suatu hari Rasulullah Saw. bersabda "Barang siapa mengerjakan sholat tahajjud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam kemuliaan di dunia dan 4 macam di akhirat."

4 macam kemuliaan di akhirat itu adalah :
  • Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur
  • Di hari pembalasan nanti akan mendapat keringanan ketika dihisab
  • Ketika menyebrangi jembatan shirotol Mustaqim bisa melakukannya dengan sangat cepat seperti halilintar yang menyambar
  • Catatan amalnya diberikan di tangan kanan
5. Akan Memperoleh Cinta dari Allah SWT

Allah sangat cinta kepada orang yang selalu melakukan ibadah, apalagi jika ibadah tersebut dilakukan ketika orang-orang pada terlelap tidur. Di jam sepertiga malam terakhir Allah turun ke bumi dan melihat siapa saja hamba yang meminta dan berdoa kepadaNya dengan penuh keikhlasan, maka Allah akan sangat cinta dan akan mengabulkan semua hajatnya.

6. Sholat Tahajjud Merupakan Sholat yang Paling Utama Setelah Sholat Fardhu

Hadis Rasulullah Saw. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya: "Sholat apakah yang paling utama setelah sholat fardhu (yang lima waktu) ?” Beliau menjawab: “Sholat yang paling utama  setelah sholat fardhu adalah sholat (sunnah) di tengah malam (sholat Tahajjud)." (Imam Al-Bukhari dan Muslim)

7. Sholat Tahajjud Dapat Menyehatkan Paru-paru

Sholat tahajjud lebih afdol dilakukan di sepertiga malam terakhir. Di jam inilah kondisi bumi masih segar tanpa ada polusi. Saat kita terbangun menghirup udara pasti kita lakukan, udara dini hari yang masuk ke dalam paru-paru kan membersihkan paru-paru kita dari kotoran dan polusi. Selain itu tubuh kita akan terasa lebih segar dengan mengambil air wudhu.

8. Melancarkan Aliran Darah

Gerakan sholat sama seperti halnya kita berolahraga. Olahraga sangat baik bagi kesehatan terutama bagi otot-otot yang kaku. Otot kaku bisa disebabkan karena lairan darah dalam tubuh tidak mengalir lancar akibatnya kita sering merasa pegal. Dengan sholat tahajjud di pagi hari sebelum subuh akan menggerakkan seluruh badan dan otot sehingga aliran darah menjadi lancar.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena setiap hari kita melaksanakan sholat tahajjud maka kekebalan tubuh kita semakin meningkat. Hal ini karena kita terbangun sebelum matahari terbit dengan langsung mengerjakan gerakan-gerakan sholat, dan kita menghirup udara sejuk yang terbebas dari radikal bebas.

10. Pikiran Jauh Lebih Segar

Berdoa di malam hari tanpa ada yang mengganggu pasti pikiran kita akan lebih tenang dan memahami apa yang kita baca saat sholat. Ini merupakan pelajaran yang bisa diaplikasikan di kegiatan sehari-hari. Pikiran jauh lebih fokus dan segar karena asupan udara ke otak yang tidak ada polusi. Selain itu cukup tidur membantu pikiran lebih rileks, karena kebutuhan tidur kita hanya 7 - 8 jam sehari, tidur pada jam 8 malam dan bangun pada pukul 3 dini hari.

Itulah 10 manfaat dan faedah apabila kita rajin mengerjakan sholat tahajjud. Masih ingin menundanya? Sampai kapan? Lakukanlah sholat tahajjud dengan ikhlas dan dengan cara sholat yang baik. Insyaallah manfaat tersebut akan kita dapatkan. Wallahu'alam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar