Trik Cepat Mengkhatamkan Alquran dalam Satu Bulan

shares |

Trik Cepat Mengkhatamkan Alquran dalam Satu Bulan. Alquran sudah ada jauh sebelum bumi diciptakan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw lewat perantara malaikat Jibril.

Alquran merupakan kitab suci umat Muslim yang wajib diyakini dan dikaji, karena merupakan firman Allah yang berisikan petunjuk dan aturan agar manusia menjadi umat yang berakhlak baik dan diridhoi oleh Allah SWT. Oleh karena itu sebagai umat Islam kita wajib membacanya dan mengamalkannya.

Biasanya di bulan Ramadhan ini dijadikan sebagai bulan ajang khatam Alquran. Dalam satu bulan berpuasa harus bisa khatam satu kali Alquran atau bahkan lebih. Namun bagi orang yang punya kesibukan untuk khatam satu kali saja sulit, bahkan dalam waktu satu tahun belum khatam juga. Jika bulan puasa ini kamu lebih banyak waktu di rumah, alangkah lebih baiknya bulan ini kamu mengkhatam Alquran.
cara dan trik cepat khatam Al-quran
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran. Kamu bisa lakukan trik berikut ini. Namun sebelum melakukan trik mengkhatamkan Alquran, kamu perlu tahu dulu tentang Alquran. Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui tentang Alquran.
1. Alquran merupakan petunjuk, jadi dalam membacanya kamu juga perlu tahu arti dan maknanya. Kamu bisa membaca tafsirnya dan menanyakan kepada ust. maknanya. 
2. Pelajari juga cara membacanya. Alquran bukan seperti kita membaca buku biasa. Alquran memiliki aturan yaitu harus fasih dan baik dalam tajwid dan makhrojnya. 
3. Alquran bukan hanya dibaca saat bulan ramadhan, tapi wajib dibaca setiap hari. Ada banyak faedah jika kita membacanya. 
4. Alquran terdiri dari 30 Juz, 114 surah, dan 6236 ayat (menurut riwayat Hafs). 6262 ayat menurut riwayat ad-Dur, dan 6214 ayat menurut riwayat Warsy. 
5. Surah yang terdapat pada Alquran terdiri dari dua surah, yaitu surah Makiyyah dan surah Madaniyah. 
6. Ada banyak kisah nabi, azab, kenikmatan, petunjuk, doa yang terdapat pada Alquran. Karena itu Alquran bukan hanya dibaca tapi dipelajari juga.
Mengkhatamkan Alquran dalam satu bulan jangan kamu jadikan sebagai perilaku rya, niatkan untuk mendapatkan ridho Allah. Setelah kamu khatam Alquran dalam satu bulan ini, mudah-mudahan bulan berikutnya kamu juga bisa khatam. Langsung saja, berikut trik mengkhatamkan Alquran dalam satu bulan.

Cara Satu

Alquran terdiri dari 30 Juz dan dalam satu bulan terdiri dari 30 hari. Caranya dalam satu hari kamu bisa membacanya 1 juz. Ini alasan adanya pepatah "One Day One Juz". Tidak akan membutuhkan waktu lama dalam membaca Alquran satu juz apalagi jika sudah fasih membacanya. Sekitar 1-2 jam sudah bisa membaca satu juz. Satu juz Alquran biasanya 10 sampai 11 lembar. Masa membaca komik yang ratusan lembar kamu kuat membacanya.

Cara Dua

Alquran terdiri dari 604 muka surah. Dalam satu hari ada lima waktu sholat. Setiap selesai sholat luangkan waktu untuk membaca Alquran.

Sehari kamu cukup membaca 20 muka/halaman surah
Subuh baca 4 muka surah
Dzuhur baca 4 muka surah
Asar baca 4 muka surah
Maghrib baca 4 muka surah
Isya baca 4 muka surah
5 waktu sholat x 4 surah = 20 muka surah (dalam sehari)
30 hari x 20 muka surah = 600 muka surah
Tinggal baca 4 muka surah lagi pada satu waktu atau dibagi satu waktu satu muka surah.
Dalam satu bulan kamu sudah khatam Alquran.

Cara Tiga

Di jaman ini cara ketiga dalam mengkhatamkan Alquran sangat jarang. Cara ketiga dilakukan saat melaksanakan sholat terawih. Setiap rokaat sholat terawih bacaan surahnya adalah dari surah pertama Alquran, yaitu Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ali-Imran, dan seterusnya. Sampai dalam waktu satu bulan sudah khatam Alquran. Tapi memang jarang sekali khatam Alquran dengan cara ini karena biasanya surah yang dibaca pada setiap rokaat adalah surah pendek.

Nah, mudah kan cara mengkhatamkan Alquran. Boleh deh kamu coba cara yang mana saja, biasanya saya mengkhatamkan Alquran dengan cara pertama, lebih gampang.

Semoga bermanfaat informasinya ya, dan ke depannya bisa khatam terus setiap bulannya. Baca juga Tips Membaca Alquran Supaya Lebih Menyenangkan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar