5 Tips Menghilangkan Rasa Bosan Saat Berpuasa

shares |

Tips Menghilangkan Rasa Bosan Saat Berpuasa. Berpuasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang wajib kita lakukan apalagi pada bulan Ramadhan ini. Saat berpuasa kita tidak hanya menahan rasa lapar dan haus, namun juga menahan hawa nafsu dan bisa melakukan ibadah-ibadah lain baik itu kepada Allah maupun kepada sesama manusia.

Saat berpuasa, kita sering merasakan rasa bosan dan jenuh karena sangat sedikit sekali aktivitas yang dilakukan lantaran energi yang terdapat pada tubuh tidak sama seperti energi pada hari-hari biasanya. Energi yang di dapat pada saat berpuasa hanya didapatkan pada saat sahur saja, jadi saat siang hari tubuh terasa lemas dan terkadang jenuh hanya duduk terdiam saja.

Walaupun demikian, berpuasa tetap harus kita lakukan karena merupakan ibadah yang tidak boleh ditinggalkan dan kita harus tetap semangat menjalankannya. Jika kamu merasa bosan dan jenuh kamu bisa atasi rasa bosan itu dengan tips menghilangkan rasa bosan saat berpuasa. Tipsnya simak berikut ini.
tips dan cara mengatasi rasa bosan saat puasa
Ilustrasi: Sumber foto: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/07/09/nr7ofx-orang-tua-perlu-pahami-usia-anak-jika-ingin-berpuasa
1. Melakukan serangkaian ibadah

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, berpuasa tidak hanya berhenti di menahan makan, minum, dan hawa nafsu saja, tapi saat berpuasa kita juga harus banyak mengamalkan ibadah-ibadah lain seperti sholat, membaca Alquran, dan lain sebagainya. Serangkaian ibadah-ibadah ini jika kamu lakukan pada siang hari rasa bosanmu akan hilang dan tidak akan terasa waktu lamanya berpuasa. Ibadah-ibadah yang bisa kamu lakukan seperti :

a. Membaca Alquran

Biasanya rasa bosan datang pada siang hari sekitar jam 12 siang sampai jam 3 sore. Buat kamu yang kegiatannya hanya diam di rumah kamu bisa mengatasi rasa bosan saat berpuasa dengan membaca Alquran. Yang biasanya membaca Alquran dilakukan di malam hari, kamu alihkan membacanya di siang hari. Selain bisa mengatasi rasa bosan membaca Alquran juga bisa mendatangkan pahala juga kan.

Buat kamu yang tidak biasa membaca Alquran, bisa kamu ikuti cara membaca Alquran yang menyenangkan. Baca artikelnya di sini ==>> Tips Membaca Al-quran

b. Mengikuti Pengajian

Karena malam hari jadwalnya lebih padat seperti melaksanakan sholat terawih, di siang hari kamu bisa mengikuti pengajian di madrasah-madrasah dekat rumahmu. Kamu tidak akan bosan saat berpuasa karena mendengarkan tausiah dari ustad dan ini bisa menambah ilmu dan pahala di bulan ramadhan.

c. I'tikaf di Masjid

I'tikaf bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rasa bosan saat berpuasa. I'tikaf tidak hanya dilakukan pada malam hari saja, kamu bisa lakukan di siang hari juga. I'tikaf bukan hanya duduk diam di dalam masjid, tapi dengan banyak berdzikir kepada Allah dan meminta ampunan kepadaNya. Jika dilakukan secara benar-benar dan dengan hati yang ikhlas rasa lapar, haus, dan bosan saat puasa tidak akan kamu rasakan.

d. Melakukan ibadah-ibadah lain

Selain ketiga ibadah di atas, kamu juga bisa melakukan serangkaian ibadah lainnya, seperti memperbanyak sholat dan dzikir kepada Allah dan bersalawat kepada nabi. Karena ibadah-ibadah tersebut akan lebih afdol dilakukan di bulan suci yang penuh berkah ini.

2. Melakukan Hobi

Pasti semua orang punya hobi tertentu. Biasanya jka ada waktu luang saat tidak sekolah atau bekerja orang lebih memilih untuk melakukan hobinya. Seperti hobi menulis atau membaca, atau juga melukis. Kamu bisa lakukan hobi-hobi kamu itu untuk mengatasi rasa bosan saat puasa.

Jika orang sudah sangat suka dengan hobinya, rasa lemah lesu saat puasa tidak akan terasa lagi karena terobati dengan hobi. Selain bisa mengatasi rasa-rasa itu, hobi kamu juga bisa mengasah bakatmu, seperti menulis. Kamu bisa menulis apa saja yang bisa kamu terbitkan di media seperti blog, dan kamu akan mendapatkan hasil dari itu.

3. Ngabuburit

Ngabuburit menjadi tips nomor satu untuk menghilangkan kejenuhan saat berpuasa. Ngabuburit atau bahasa modernnya JJS alias Jalan-Jalan Sore sudah menjadi kebiasaan di sore hari saat bulan Ramadhan. Jalan-jalan di sore hari bersama dengan teman atau keluarga bisa menghilangkan rasa bosan karena tidak akan terasa waktu buka pun tiba. Di sore hari kamu bisa melakukan kegiatan seperti bermain bulu tangkis, bermain gitar sambil menyanyikan lagu religi bersama teman, dan membeli menu takjil untuk buka puasa.

Baca juga : Mengisi Aktivitas Puasa dan Ngabuburit di bulan Ramadhan

4. Memasak dan Menanam Tanaman

Yang hobi masak, boleh deh mengatasi rasa jenuhnya dengan memasak. Kamu bisa memasak untuk menu berbuka puasa di rumah atau membantu para koki di masjid untuk menyiapkan menu buka puasa kepada para makmum masjid. Dijamin tidak akan bosan puasa kamu dengan melakukan kegiatan-kegiatan ini.

Selain itu di sore hari bisa kamu atasi rasa bosan dengan menanam tanaman di kebun atau halaman rumah seperti buah, nantinya kamu bisa petik kalau sudah masak. Atau kalau yang suka bunga kamu bisa menanam bunga di depan rumahmu.

5. Bermain Game

Bermain game boleh-boleh saja kalau untuk kebaikan asal jangan kelewatan. Di siang hari kamu bisa mengatasi rasa jenuh dengan bermain game bersama teman-temanmu, mau itu game di dunia nyata atau game online. Tapi ingat jangan sampai ibadah seperti sholat dan mengaji kamu tinggalkan.

Mengatasi rasa bosan dan jenuh saat berpuasa memang sangat mudah, asal kita tahu cara dan tips mengatasinya. Melakukan serangkaian ibadah bisa menjadi alternatif yang sangat baik karena selain mengatasi rasa bosan kamu juga akan mendapatkan pahala selain dari berpuasa.

Selain itu jika siang hari kamu bosan, kamu bisa memilih tidur saja, karena tidur juga bisa menjadi ibadah. Lebih baik tidur dari pada melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat dan mendatangkan mudarat. Tapi jangan dijadikan alasan juga ya untuk tidak melakukan ibadah lain seperti mengaji.

Oke, demikian cara dan tips mengatasi rasa bosan dan jenuh saat berpuasa. Semoga bermanfaat informasinya. Bagikan juga info ini kepada temanmu agar puasanya semakin semangat dan lancar. Bye.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar