Tips Mengatasi Sakit Perut (Maag) Saat Puasa Ramadhan

shares |

Tips Mengatasi Sakit Perut (Maag) Saat Puasa Ramadhan. Puasa ramadhan menjadi sebuah tantangan yang lebih berat pada si penderita sakit Maag karena akan menahan makan dan minum dalam belasan jam lamanya sedangkan si penderita maag di anjurkan tidak boleh sampai telat makan atau mengundur-undur untuk makan.

sakit maag juga sering di sebut Gastritis yaitu peradangan pada dinding lambung yang di sebabkan oleh sipenderita sering merokok, minum kopi,minum soda dan makanan buah yang asam.

Gejala maag biasanya di tandai dengan perut merasa tidak enak, kembung, mual, nyeri perut, dan perut terasa penuh.Agar puasamu berjalan dengan lancar oleh karena itu saya mempunyai Tips Mengatasi Sakit Perut (Maag) Saat Puasa Ramadhan langsung saja simak.
tips dan cara ampuh mengatasi sakit maag saat puasa

Tips Mengatasi Sakit Perut (Maag)

1. Usahakan Melakukan Sahur

Sahur sangat di anjurkan oleh Rasul karena sangat bermanfaat bagi kita yang seharian menjalani puasa, sahur akan menambah energi dan energi itu akan di pakai untuk beraktivitas selama seharian juga sebagai penurun keasaman cairan lambung di perut bagi si penderita maag di anjurkan sahur.

2.Melakukan Aktivitas 

Meski dalam keadaan berpuasa kita jangan bermalas-malasan kita harus tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya meskipun berpuasa. puasa tidak menjadi halangan bagi orang yang terbiasa dalam aktivitas dan membawa dampak baik bagi yang mempunyai riwayat sakit maag diantaranya membantu menurunkan asam lambung , mengurangi rangsangan perlukaan dinding lambung, meningkatkan cerna usus dan lambung dan menghancurkan deposit lemak.

3.Hindari Makan Buah Yang Asam

Memakan buah yang asam ketika buka puasa akan menimbulkan sakit pada perut yang tadinya perut kosong belum terisi apapun malah di isi oleh buah yang asam otomatis perut tidak akan menerima dan efeknya akan menjadi sakit pada perut

4.Mengkonsumsi Sayur

Sayur yang berserat mermanfaat untuk mengatasi penyakit perut seperti sakit maag maka dari itu perbanyak makan sahur saat buka dan sahur

5.Makan Secukupnya

Anjuran Rasullullah makan jangan berlebihan berhentilah sebelum kenyang karena makan yang seimbang tidak terlalu banyak akan bermanfaat mengurangi nyeri pada lambung mempercepat penyerapan.

6.Hindari Stress

Stres akan beresiko membuat lambung menjadi peradangan oleh karena itu tingkatkan keimanan kepada allah dan lebih menyikapinya dengan hal positif .

7. Memakai Obat-obatan Yang Dianjurkan Oleh Dokter

Jangan salah memilih obat tanpa ada anjuran dari dokter dan ingat bukan menyembuhkan malah membuat semakin parah diharapkan konsultasi kepada dokter.

Di bulan puasa memang banyak sekali yang di anjurkan dan dilarang bagi sipenderita maag oleh karena itu ayo kita sama-sama cegah kambuh maag pada bulan puasa dengan Tips Mengatasi Sakit Perut (Maag) Saat Puasa Ramadhan semoga lekas sembuh dan bisa berpuasa dengan lancar tanpa ada hambatan.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar