Tips Agar Tubuh Tetap sehat Saat Berpuasa

shares |

Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa. Tubuh sehat saat bulan puasa ramadhan menjadi hal yang sangat penting bila sedang melaksanakan ibadah, kalau tubuh kita sedang mengalami  gangguan atau sakit otomatis puasanya juga akan tidak berjalan dengan lancar yang ada akan menyebabkan tubuh kita tidak sehat.

Gangguan pada saat puasa bisa jadi di sebabkan dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau di sebabkan oleh cuaca yang ekstrim  terhadap tubuh yang rentan terhadap penyakit.

Dari keadaan di atas saya mempunyai berbagai solusi yaitu Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa.
tips agar tubuh sehat saat berpuasa

Agar tubuh tetap sehat saat berpuasa

1. Konsumsi Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan sekali oleh manusia saat menjalankan kewajibannya di bulan puasa yaitu vitamin C, D dan E.

 Vitamin C merupakan vitamin untuk meningkatkan sistem imun dan menangkal radikal bebas (Penuaan) buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C antara lain buah kiwi, jeruk,pepaya dan masih banyak buah lainnnya yang mengandung vitamin C.

 vitamin D berfungsi sebagai Immuno Modulator yang membantu menjaga tubuh agar tidak gampang kerkena penyakit.

Vitamin E sebagai anti oksidan membantu melindungi struktur sel yang penting akibat radikal bebas

2. Air Mineral

Asupan mineral pada tubuh sangat penting sekali karena tubuh akan seharian melakukan aktivitas tentu saja akan mengurangi cairan yang ada pada tubuh dan akan terbuang melalui keringat. Dibiasakan minum air 4-8 gelas dalam sehari atau sekitar 1 liter di waktu sedang puasa bisa di lakukan dalam 3 waktu.

  • Waktu sahur 3-4 gelas 
  • Waktu berbuka/maghrib 2-3 gelas
  • dan Sebelum tidur 2 gelas

3. Makan Kurma 

Buah kurma adalah buah yang sangat identik sekali dengan negara Timur Tengah / Arab karena buahnya yang manis juga mempunyai khasiat menambah energi bagi tubuh dan pas sekali di jadikan buah untuk buka puasa bisa juga di santap sesudah makan sahur supaya menjadi enegi saat  berpuasa di saat siang hari supaya tidak ada rasa lemas dan ngantuk melulu.

4. Olahraga 

Manfaat olahraga selain meningkatkan daya tahan tubuh olahraga juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kinerja otak yang beku.

5. Protein

Merupakan zat  yang mengandung hidrogen, oksigen, nitrogen, karbon dan fospor selain itu juga mengandung zat pembangun dan pendorong Metabolisme tubuh.

Mempunyai tubuh yang sehat dalam menjalankan puasa adalah anugrah yang Allah SWT berikan kepada kita dan apabila sakit kita harus berusaha untuk bisa sembuh dan iktiar mencari jalan keluarnya.

Semoga dengan Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa bisa bermanfaat bagi anda dan diberi berkah sehat dalam berpuasanya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar