Tata Cara Lengkap Mengerjakan Sholat Tarawih dan Witir Beserta Bacaannya

shares |

Tata Cara Lengkap Mengerjakan Sholat Tarawih dan Witir Beserta Bacaannya. Assalamualaikum. Alhamdulillah sebentar lagi kita puasa hanya tinggal menghitung hari saja. Betapa indahnya bulan puasa itu, karena saat bulan suci inilah banyak orang berlomba-lomba dalam melakukan ibadah baik itu ibadah maghdoh ataupun goir maghdoh.

Yups, ibadah yang tidak pernah kita tinggalkan saat bulan ramadhan adalah bertadarus Al-quran dan sholat tarawih. Bertadarus Al-quran bagi beberapa orang ini sudah biasa karena dilakukan setiap hari tidah hanya saat ramadhan saja, karena mengaji merupakan kewajiban umat muslim untuk membaca dan mengamalkan kitab suci tersebut.
tata cara sholat taraih dan witir lengkap dengan bacaannya
Adapun sholat tarawih hanya dilakukan di bulan ramadha saja setiap malam setelah sholat isya karena termasuk ke dalam sholat sunat yang dilakukan khusus di bulan puasa.

Mungkin dari teman-teman ada yang lupa-lupa ingat atau mungkin ada yang belum tahu bagaimana bacaan sholat terawih dan tata cara mengerjakannya. Oke deh kalau begitu kita belajar sama-sama ya di sini. Jangat cape untuk membaca dan menghapalnya ya, plus jangan cape juga saat nanti mengerjakannya.

Sebelum melakukan tata cara sholat terawih kita harus tahu dulu kapan sholat terawih itu dilakukan. Sholat tarawih dilakukan setiap malam pada bulan suci Ramadhan setelah sholat isya. Sholat ini dilakukan secara berjamaah di masjid dengan pengerjaan sholat ada yang 20 rakaat dan ada yang 10 rakaat saja dan dilakukan setiap dua rakaat satu salam lalu diakhiri dengan sholat witir.

Sholat ini tidak diwajibkan, akan tetapi alangkah lebih baiknya kita mengerjakan sholat sunat ini karena ada banyak sekali faedah dan keutamaan dibaliknya.

Tata cara sholat tarawih dan witir sangatlah mudah sama seperti kita mengerjakan sholat pada umumnya, kita sebagai makmum hanya tinggal mengikuti imam sholat saja, tapi kita harus tahu bagaimana bacaan sholat tarawih tersebut.

Niat Sholat Tarawih
niat sholat tarawih
Usholi sunatat tarawihi rok'ataini mustakbilal kiblati adaam ma'muman lillahita'ala. Allohu Akbar

Setelah takbir, baca doa iftitah sama seperti sholat fardu.
Lalu membaca Al-fatihah dan surat-surat dalam Al-quran. Biasanya di daerah saya sendiri surah yang dibaca adalah surah pendek mulai dari surah Attakasur sampai Al-Lahab. Dan pada rakaat keduanya membaca surah Al-Ikhlas atau ayat apada surah Yaasin.
surat yaasin
surat yaasin dalam tarawih
Setelah itu, lakukan rukuk, i'tidal, sujud, tasyahud akhir, dan salam. Lakukan hal serupa untuk rakaat sholat tarawih selanjutnya.

Setiap selesai sholat tarawih kita akan dituntun oleh salah satu makmum untuk mengajak sholat kembali.
Makmum 1 :
Sunatan sunatan minat tarawihi rok'ataini jami'atar rohima kumulloh
Semua Makmum :
Assolatu laailahaillallah

Setelah itu lakukan sholat sunat tarawih lagi.

Setelah selesai mengerjakan sholat tarawih kita akan dipimpin doa terlebih dahulu. Lalu salah satu imam menyeru untuk mengerjakan sholat witir 2 rakaat.

Setelah sholat witir 2 rakaat, terakhir kita sholat witir satu rokaat dengan bacaan 3 surat setelah Al-fatihah.
Makmum 1 :
Sunatan sunatan minal witri  rok'ataini jami'atar rohima kumulloh (witir 2 rakaat)
Sunatan sunatan minal witri  rok'atan jami'atar rohima kumulloh (witir 1 rakaat)
Semua Makmum :
Assolatu laailahaillallah

Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat :
Niat sholat witir 2 rakaat
Bacaan Niat Sholat Witir Satu Rakaat :
niat sholat witir satu rakaat
Sholat witir dilakukan sama seperti sholat pada umumnya. Setelah sholat witir selesai, kita akan dipimpin doa dan berdzikir kepada Allah serta bersolawat kepada Nabi Muhammad Saw. Setelah itu selesai.

Biasanya lama mengerjakan sholat tarawih adalah satu sampai dua jam, tergantung dari masing-masing daerah mengerjakannya. Yang terpenting kita harus benar-benar khusyuk dan benar dalam mengerjakan sholatnya. Untuk apa sholat cepat dan terburu-buru? Bukannya kita akan mendapat balasan tapi malah akan sia-sia. Semoga bermanfaat tata cara mengerjakan sholat tarawih beserta bacaannya. Buat yang baru belajar sholat baca juga Panduan Tata Cara Sholat Fardhu 5 Waktu. Terima kasih. Wassalamualaikum.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar