Daftar Resep Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

shares |

Daftar Resep Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan Sebulan Penuh. Tidak terasa tahun berganti tahun lagi, bulan berganti bulan, dan hari berganti hari. Yups, tinggal menghitung hari lagi bulan puasa akan datang. Mulai sekarang sudah saatnya kita sebagai orang yang berpengaruh di arena dapur menyiapkan menu makan dan minum untuk buka puasa nanti.

Tahun kemarin yang biasanya cuma masak itu-itu aja coba deh bunda masak aneka menu lainnya, supaya keluarga tidak bosan dan puasanya jadi tambah semangat. Di sini saya kasih deh khusus buat bunda beberapa menu takjil buka puasa Ramadhan sebulan penuh.
daftar resep menu takjil buka puasa ramadhan
Menu Takjil Buka Puasa
Sebelum ke menunya, alangkah baiknya jika bunda baca dulu beberapa tips menarik menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga supaya keluarga bunda jadi selera makannya. Berikut tips menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga.

1. Hari pertama puasa sebaiknya bunda tanya dulu sama suami, anak, atau orang tua bunda menu untuk nanti buka puasa apa. Biasanya saat puasa ada beberapa makanan dan menu takjil yang berbeda dari hari-hari biasanya, misalnya Kolak. Kolak jarang sekali ditemukan loh bun saat hari-hari biasa, dan yang bikin pun sepertinya jarang. Selain menu takjilnya, tanyakan juga pada keluarga bunda menu makannya apa. Misalnya ayam taliwang atau lainnya.

2. Usahakan masakan dan menu takjil yang bunda masak rasanya enak dan setiap harinya diganti supaya keluarga bunda tidak bosan dengan menu itu-itu saja.

3. Jika bunda punya bahan sisa hari pertama, bunda bisa membuatnya menjadi menu yang berbeda dengan bahan yang sama. Atau bunda bisa membuat menu sama tapi di hari berikutnya yaitu hari ketiga.

4. Untuk menambah kebersamaan saat bulan puasa, bunda bisa sesekali mengajak keluarga bunda untuk masak bersama dengan suasana yang berbeda, misalnya masak di ruang terbuka atau halaman rumah. Ini menjadi inspirasi baru ya bun di bulan ramadhan nanti.

5. Sebelum hari H, sebaiknya bunda cari referensi dan menulisnya di buku khusus masakan bunda, jadi saat bunda akan masak bunda tidak perlu repot-repot lagi mencarinya.

Mudah kan bun ? Ya, bulan puasa nanti akan menjadi bulan puasa yang menyenangkan dengan menu buka puasa yang enak, nikmat, dan macam-macam. Hehe. Oke, langsung saja bun. Ini dia daftar menu takjil buka puasa ramadhan sebulan penuh. Dijamin bunda dan keluarga pasti ngiler. Oh ya, jangan lupa dicatat ya bun ;)

Menu Takjil Buka Puasa Ramadhan

Hari Pertama : Kolak Pisang

Resep Membuat Kolak Pisang

1. Siapkan bahan
  1. Satu sisir buah pisang yang sudah matang. Silahkan bunda pilih sendiri jenis pisangnya. Supaya kolaknnya enak bunda bisa pilih pisang raja, pisang nangka, kepok, dan tanduk.
  2. Gula pasir dan gula merah secukupnya, tergantung selera keluarga.
  3. Dua lembar daun pandan untuk menambah aroma kolak.
  4. Santan kelapa yang segar atau bunda bisa memakai yang instan kalau tidak ada.
  5. Air secukupnya.
  6. Supaya banyak macamnya, bunda bisa menambahkan kolang-kaling dan candil.
2. Cara Membuat
  1. Potong buah pisang sesuai selera. Biasanya saya memotongnya miring atau lurus tidak terlalu besar. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Sementara itu didihkan air dan masukan gula merah dan gula pasir secukupnya lalu aduk hingga tidak ada gumpalan.
  3. Setelah mencair dan tercampur, masukan pisang tadi, kolang-kaling dan candil serta santan kentalnya.
  4. Jangan lupa masukan daun pandan untuk menambah aroma nikmat kolak. Aduk-aduk hingga matang.
  5. Angkat deh. Sajikan.
Baca lagi menu selanjutnya!

Hari Kedua : Kolak Singkong Nangka

Resep Membuat Kolak Singkong Nangka

1. Bahan
  1. Singkong dan Nangka. Silahkan bunda mau bikin berapa banyak juga.
  2. Air
  3. Santan kental. Lebik bagus pakai santan dadakan ya bun.
  4. Gula pasir sesuai selera
  5. Daun pandan
  6. Garam untuk menambah rasa gurihnya
2. Cara Membuatnya supaya bunda tidak bingung, caranya sama dengan membuat kolak pisang hanya saja potongan buah nangkanya lebih bagus sedikit lebih kecil dari potongan singkong.

Hari Ketiga : Puding

Puding bisa menjadi pilihan juga bun untuk menu takjil buka puasa, selain rasanya manis cara membuatnya pun sangatlah mudah. Semua orang pasti bisa membuatnya apalagi bunda yang sudah berpengalaman.

Puding yang bisa bunda sajikan bisa disesuaikan dengan yang keluarga suka, misalnya Puding Buah, Puding Susu Sedot, Puding Coklat siram fla, dan macam puding lainnya.

Hari Keempat : Es Buah atau Sop Buah

Es buah atau sop buah sangat lazim disajikan saat buka puasa. Caranya yang mudah membuat bunda tidak perlu repot-repot menyalakan api. Cara membuat es buah atau sop buah bunda hanya menyiapkan beberapa potong buah seperti semangka, apel, alpukat, buah naga, pepaya, anggur, kelapa parut besar, dan tambahan rumput laut, lalu campur dengan air dan sirup dan tambahkan es serut diatasnya. Supaya lebih manis tambahkan juga susu kental manis diatasnya. Nyam, enak.

Hari Kelima : Es Campur Spesial

Membuat es campur pun sangatlah gampang bun, sama kok dengan cara membuat es buah atau sop buah, hanya saja es campur ini bahannya gak hanya buah saja, ada sekoteng, potongan kolang kaling, agar-agar, kelapa, dan rumput laut.

Hari selanjutnya saya langsung kasih daftarnya aja ya bun, supaya bunda tidak capek bacanya. Hehe.

Hari Keenam : Es Koktail Buah Segar Spesial

Hari Ketujuh : Es Kopyor Cincau Hijau

Hari Ke-8 : Es Cappucino Cincau

Hari Ke-9 : Jus Mangga Plus Nangka

Hari Ke-10 : Sirup Blewah Nangka

Hari Ke-11 :

Jika bunda susah untuk mendapatkan bahan-bahannya, bunda bisa membuat menu yang sama di hari ke-11 ini, misalnya bunda membuat lagi kolak dan seterusnya sampai hari ke-20.

Hari Ke-21 sampai hari ke-30 :

Bunda bisa membuat aneka kue spesial supaya keluarga tidak bosan dengan menu buka puasa minuman saja. Bunda bisa selingi atau menambahnya dengan kue basah atau kering, seperti Pie Buah, Putu Ayu, Bolu Kukus, Putri Noong, Klepon, dan jenis kue lainnya.

Selain itu, bunda juga bisa membuat berbagai macam bubur manis, seperti bubur kacang ijo, bubur kacang merah, bubur sumsum, bubur kampiun dan lainnya. Atau kalau bunda suka, bunda juga bisa membuat aneka gorengan untuk mengganjel perut sementara.

Sangat mudah dan praktis kan bun. Resepnya bunda bisa searching atau bisa lihat di buku panduan masakan yang bunda punya.

Oh ya bun, untuk lebih afdolnya setiap hari bunda sediakan buah kurma untuk hidangan pertama buka puasa. Sangat disunahkan buah kurma ini untuk buka puasa dan banyak sekali manfaat yang bisa di dapat.

Untuk menu masakannya, bunda bisa cek juga di artikel lainnya ya. Ada berbagai macam resep membuat hidangan dari ayam, seperti Resep Membuat Ayam Taliwang. Silahkan bunda baca ya.

Sekian daftar resep menu takjil buka puasa ramadhan sebulan penuh, semoga bermanfaat ya bun informasinya. Semangat menyambut Ramadhannya. Minal aidzin wal faidzin.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar