Khasiat dan Manfaat dari Buah Melon

shares |

Khasiat dan Manfaat dari Buah Melon. Buah berwarna hijau di luar tapi masak di dalam ini memiliki rasa yang manis. Bentuknya seperti labu dan sering juga disamakan dengan buah semangka. Buah melon memiliki rasa yang segar walaupun tidak disimpan di dalam kulkas, saat dimakan sangat terasa di tenggorokan kesegarannya.

Selain rasanya yang enak dan khas, buah melon juga kaya akan manfaat. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat di dalamnya membuat melon ini banyak dijadikan sebagai menu untuk diet sehat.

Baca Diet Sehat Alami

Hanya sedikit yang mengetahui bahwa melon ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh terutama untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukan kandungan melon ternyata dapat mencegah kanker dan penyakit jantung, dan manfaat lainnya bagi kesehatan. Lalu kira-kira apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya sehingga dapat mencegah penyakit berbahaya? Dan apa saja manfaat lainnya untuk kesehatan? Mari simak khasiat dan manfaat dari buah melon berikut ini.
khasiat dan manfaat buah melon
1. Melon dapat mencegah penyakit jantung atau serangan jantung

Buah melon memiliki kandungan adenosine di dalamnya. Adenosine dapat mencegah dan menghentikan penggumpalan pada sistem peredaran darah, karena serangan jantung yang tiba-tiba diakibatkan adanya darah yang menggumpal pada salurannya. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya konsumsi buah melon ini setiap hari.

2. Melon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Radikal bebas memang sangat sulit sekali dihindari karena setiap hari kita tidak lepas dari polusi dan kotoran yang mencemari lingkungan sekitar. Namun raikal bebas bisa di atasi dengan buah melon. Kandungan yang terdapat pada buah melon sangatlah banyak seperti vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih sebagai antibodi atau sistem kekebalan yang dapat menghancurkan berbagai virus dan bakteri dari radikal bebas tersebut. Selain itu melon juga mengandung betakaroten dan phytochemical yang sama-sama dapat mencegah radikal bebas.

3. Melon dapat mencegah penyakit kanker

Kandungan betakaroten pada buah melon tidak diragukan lagi, betakaroten yang banyak pada suatu buah dapat mencegah kanker. Betakaroten merupakan salah satu dari karotenoid yang dapat mencegah berbagai penyakit terutama untuk penyakit tumor dan kanker, seperti kanker PD dan paru-paru. Bagi orang yang rentan terhadap penyakit ini, disaranan untuk mengkonsumsinya setiap hari.

4. Melon dapat menyehatkan mata

Sama seperti halnya wortel, betakarten yang terdapat pada buahmelon juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti mencegah timbulnya katarak dandegenerasi makula sehingga mata pun menjadi sehat. Selain itu melon juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Artikel menarik 1000 Manfaat dari Wortel

5. Melon dapat mencegah arthritis

Arthritis merupakan penyakit yang sering dirasakan oleh orang yang sudah menginjak usia di atas 30. Biasanya sering terasa di daerah tulang dan persendian. Arthritis bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah melon dalam takaran yang pas. Jadikan melon ini sebagai menu diet untuk menyehatkan persendian dan tulang.

6. Melon dapat mengatasi diabetes

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa melon dapat meningkatkan metabolisme insulin sehingga fluktuasi gula darah menjadi stabil dan dapat mengurangi stres oksidatif pada ginjal. Hal ini berarti melon dapat mengatasi atau mencegah penyakit yang berkaitan dengan ginjal dan gula darah seperti diabetes.

7. Melon dapat mengurangi tingkat stres yang berdampak pada stroek

Pada 100 gram buah melon mengandung 267 mg elektrolit dan kalium. Kalium pada buah melon dapat melemaskan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah, selain itu kalium yang terkandung di dalamnya dapat mengontrol detak jantung sehingga timbulnya stres berlebih dan resiko terkena stroek akan semakin kecil.

8. Melon membantu dalam proses pencernaan

Semua jenis buah tentu memiliki serat yang baik untuk sistem pencernaan. Pada buah melon serat yang dimiliki lebih tinggi dari buah lainnya. Selain itu melon memiliki kadar air yang tinggi yaitu sekitar 90 persen sehingga bagi yang memiliki masalah dengan pencernaan bisa mengkonsumsi buah melon ini.

9. Melon dapat menurunkan berat badan

Melon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki daging yang cukup tebal, selain kandungan vitamin melon juga meemiliki kandngan karbohidrat yang cukup rendah sehingga sangat cocok sekali bagi yang sedang diet menurunkan berat badan. Kandungan gulanya sangat rendah sehingga tidak akan membuat badan menjadi gemuk. Biasakan setiap pagi konsumsi buah melon ini sehingga saat akan makan tingkat ingin makan sangat sedikit.

10. Melon dapat membuat kulit awet muda

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah melon adalah kandungan kolagen yang cukup tinggi. Kolagen berfungsi dalam proses regenerasi kulit sehingga kulit menjadi kencang dan lebih muda. Selain dikonsumsi melon juga bisa dibuat masker untuk perawatan wajah.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat dari buah melon. Bagaimana? Masih malas dengan mengkonsumsi buah melon? Stop gak usah lagi, mulai sekarang konsumsi melon setiap hari demi kesehatan kita. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar