Studi Kasus: Jualan Kaos di Teespring, Modal 600 rb Laku 1 Biji!

shares |

Jualan Kaos di Teespring - Hihi, judulnya lucu deh, habis 600 ribu tapi jualan kaos cuman laku satu biji. Maksudnya apa??? Ini nih, minggu ini saya lagi coba jualan kaos di US melalui situs pembuat kaos teespring.com. Yupz, sobat pengunjung setia iyenblog.com mungkin ada yang belum faham apa itu teespring. Nah sebelum masuk ke cerita pengalaman saya mari kita bahas dulu apa itu teespring.

Teespring adalah situs pembuatan kaos secara portabel dan kita bisa mendesain sesuka kita kaos yang bagaimana yang nantinya akan kita jual. Di situs itu nanti disediakan mockup kaos dengan berbagai warna, sobat bisa menulis kata-kata secara langsung dibagian dada atau bagian punggungnya. Atau jika sobat memiliki desain sendiri dalam bentuk PNG maka bisa di upload dan dipasang dibagian kaos yang sobat suka. Bukan hanya kaos saja loh melainkan ada jaket dan hoodie.

Biasanya saya sih bikin desain dengan Photoshop terlebih dahulu sebelum nantinya dipasang di mockup kaos yang ada di teespring. Sangat gampang sebenernya. Lantas setelah itu apa yang harus dilakukan??
Jualan kaos di Teespring
Nah, kalau desainnya semuanya sudah beres, sobat tinggal promosiin deh kaos tersebut ke orang lain karena disana sobat akan diberikan link untuk kaos yangs udah sobat bikin, kalau ada yang beli kaosnya otomatis komisi akan masuk ke akun sobat sekalian. Trus nanti siapa yang cetak tuh kaos dan pengirimannya bagaimana??

Ini dia enaknya berjualan kaos dengan teespring, kita hanya perlu mendesain kaos sebaik yang kita bisa. Kemudian kita promosikan ke orang lain. Kalau ada yeng beli minimal 3 biji maka kaos akan di cetak oleh pihak teespring begitu juga pengirimannya mereka yang lakukan semuanya. Enak bukan??? Dari setiap kaos yang kita jual maka kita akan mendapat komisi antara $8 hingga $20 tergantung kita yang setting berapa harga perkaosnya. Kita juga bisa menentukan sendiri target kaos yang bisa kita jual misal 50 kaos, 100 kaos atau bahkan ribuan dengan target waktu misal selama sebulan.

Nah dari pengalaman saya yang memang memiliki kemampuan terbatas soal desain, saya desain kaos berupa Quotes atau kata-kata bijak, isinya cuman tulisan saja yang ditempel dibagian depannya.

Marketingnya saya lakukan dengan menggunakan FBAds atau beriklan di Facebook dengan target pasar Amerika Serikat dengan interest sesuai tema kaos saya. Awalnya saya modal 100.000 saja untuk ngiklan, dan ketika di iklanin memang cukup banyak respon seperti yang ngelike, beberapa komen dan share, tapi hari pertama gak ada yang beli. Saya coba lagi iklankan dihari berikutnya dengan sisa deposit 50.000 dan paginya pas saya cek ternyata sudah ada yang membeli 1 biji. Senengnya bukan main karena temen-temen saya yang juga tengah jualan belum ada yang beli satupun.

Akhirnya besoknya saya tambah deposit iklan hingga Rp.250.000, iklan mulai mendapat respon lumayan dari audiens namun sayang hingga saat ini belum ada yang membeli lagi dan mentok diangka 1 biji yang terjual.

Permasalahannya mungkin mereka suka dengan Quotesnya namun tidak suka dengan desain kaosnya sehingga merespon iklan saya. Akhirnya mereka gak beli. Berarti yang salah ada didesainnya dong?? AKhirnya saya buat lagi desain satu lagi namun dengan tema berbeda, Yups, saya desain dengan photoshop, menurut saya sih bagus hehe, tapi ya gak tau kalau selera bule mah. Desain terbaru itu saya mulai iklankan dan mendapat respon lumayan baik. Tapi ya itu tadi seperti halnya kasus pertama masih belum juga ada yang beli, artinya ya mereka suka dengan "kata-kata" yang ada di kaos tapi gak suka dengan desainnya. Yupz, uangpun buat modal sudah habis 600 ribu hehehe.

Tapi ya Alhamdulillah itu saja sudah cukup memberikan pengalaman bagi saya, saat ini saya tengah menggunakan jasa desain profesional untuk membuat desain kaos dan dijual di teespring. Nah bagaimana kelanjutannya?? Kita tunggu saja dalam beberapa hari kedepan.

Related Posts

4 komentar:

  1. gan mau nanya2 soal payment nya gak?
    kita buat paypal dulu ya? abis itu gimana kita bayar ke fb nya gan? thanks

    BalasHapus
  2. atau kalo boleh saya mau tanya2, add pin saya ya gan.
    59a5abeb

    BalasHapus
  3. Tutorialnya mantap. saya juga belajar dari sini.
    sebagai alternatif untuk teman-teman, tutorial teespring lokal. semoga bermanfaat :D

    https://marketerteespring.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  4. saya juga cuma laku 1 abis 1 jt , nah tp yang laku satu itu ko ga bisa di cairin ya gan ? apa emng ada minimum nya ?

    BalasHapus