Terserang Flu?? Lakukan Dual Hal Sederhana ini!

shares |

Serangan virus Flu atau influenza makin terasa dimusim penghujan ini. Badan terasa meriang, sering bersin-bersin ditambah kepala mulai berat dan terasa sakit. Yang paling parah pas bersin yang terus menerus bikin tenggorokan jadi serak, suara mulai hilang gak karuan dan sakit pada tenggorokan. Ini dipastikan terkena serangan flu. Duh, paling males kalau harus sakit flu, idung pasti bakalan meler dan mengeluarkan lendir, kan malu.

Ada banyak obat flu yang beredar di warung atau apotek, semuanya meman cukup manjur untuk mempercepat penyembuhan. Namun bagi yang males minum obat atau pergi ke apotek atau warung, sobat bisa lakukan dual hal sederhana ini. Yupz, minum air putih yang banyak serta istirahat yang cukup. Dua hal ini sangat baik untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.
Cara mengobati flu
Gelaja Flu
Kenapa Harus banyak Minum Air Putih??

Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan tentang manfaat air putih. Bahkan bukan hanya sekedar untuk mengatasi flu saja melainkan manfaat yang lainnya. Hanya saja kita akan khususkan pembahasan kepada si flu ini ya.

Salah satu profesor dari Universitas Columbia, Vincent Racaniello, PhD yang konsen terhadap penelitaian tentang flu mengatakan. Saat flu menyerang tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup banyak untuk memproduksi lendir didalam tubuh, lendir tersebut membantu mengeluarkan virus flu.  Seperti diketahui virus flu terdapat pada lendir tersebut, maka tak heran ketika kita batuk terkadang mengeluarkan lendir. Nah lendir tersebut terdapat pada saluran pernafasan yang memiliki struktur seperti rambut halus (Sila). Sila terseut berfungsi untuk mendorong cairan mulai dari paru-paru hingga menuju mulut. Lendir yang terdapat virus tersebut jika ditelan maka akan masuk ke saluran atau sistem pencernaan dan dibuanng, ada juga orang yang membuangnya lansung ketika terasa ada lendir di mulut.

Oleh sebab itu pentingnya mengkonsumsi air putih setiap hari, bagi yang terkena virus flu sebaiknya meminum air putih dari 1 hingga 2 jam sekali agar tidak terkena dehidrasi. Sementara untuk mengetahui apakah kita kekurangan cairan bisa dilihat dari warna air seni, jika warnanya bening atau kuning terang maka tubuh anda dikategorikan cukup cairan. Sementara jika air seni berwarna orange atau kegelapan maka dipastikan kurang cairan.

Tidur Cukup Dimalam Hari

Tidur yang cukup dimalam hari minimal 7 hingga 8 jam atau kalau bisa 9 hingga 10 jam membantu mengeluarkan lendir yang terkena virus. Anda pasti pernah mengalami saat sedang flu kemudian bangun tidur dipagi hari dan rasanya seperti mudah mengeluarkan lendir, apalagi saat batuk-batuk terasa ada lendir yang keluar dimulut. Buanglah lendir itu karena mengandung virus Flu.

Menurut Lipi Roy, MD dari RSU Massachusetts di Boston menjelaskan pada saat tidur sistem kekebalan tubuh akan beroperasi dengan efektif karena didukung oleh energi yang cukup. Berbeda pada saat terbangun energi yang ada digunakan atau dibagi untuk fungsi lainnya didalam tubuh.

Dari penelitian juga disimpulkan orang yang tidurnya cukup akan lebih sulit terkena virus flu berbeda dengan orang yang jarang tidurnya hanya sedikit akan rentan terkena flu.
So, jika terkena flu sebaiknya minumlah air yang banyak kemudian perbanyaklah istirahat dan tidur lebih lama dimalam hari.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar