Penyebab Hipertensi atau Darah Tinggi dan Sakit Jantung

shares |

Salam sahabat, kali ini saya akan berbagi informasi yang memang dialami beberapa hari lalu. Cerita ini ada hubungannya dengan Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Yupz, beberapa waktu lalu ibu tercinta saya mengalami kejang dan tidak sadarkan diri selama beberapa menit atau sekitar 1 jam, penyebabnya adalah kaget akibat suara ledakan petasan yang cukup dekat. Tetangga kami tengah mengadakan acara syukuran sunatan, sementara ibu saya berada di dapur sedang memasak dan kehalang dinding sehingga tidak tahu ada petasan yang akan di sulut.

Akibat suara yang sangat keras, ibu saya seketika langsung jatuh tak sadarkan diri sambil kejang-kejang. Padahal awalnya biasa saja sehat walafiat dan dsedang memasak untuk sarapan pagi kami. Panik dan sedih karena kondisi ibu tengah sangat tidak stabil, akhirnya kami panggil dokter kampung, setelah dicek tekanan darahnya ternyata ada diatas 180/190. Katanya sangat tinggi dan pantas mengalami pingsan dan tak sadarkan diri.
hipertensi tekanan darah tinggi
Cek tekanan darah
Sebagai informasi, kondisi fisik ibu saya memang besar atau bisa dikatakan obesitas, tapi memang ibu-ibu kebanyakan seperti itu. Tapi yang pasti ibu memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik terutama berkaitan dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi, tahun lalu saja sampai tidak bisa berjalan akibat tekanan darahnya sangat tinggi.

Selang cerita, beliau dibawa ke dokter khusus yang memang cukup terkenal, pas di cek tekanan darahnya lagi ternyata sudah naik kalau gak salah jadi diatas 210/200. Dokternya bilang kalau kondisi ini sudah sangat menghawatirkan, tapi untungnya kondisi jantung masih kuat sehingga tidak terlalu berpengaruh, biasanya kalau sudah setinggi ini "Wallaualam" dan sudah tidak bisa tertolong. Alhamdulillah ibu masih bisa bertahan dan selang 3 hari sudah mulai sehat dan normal kembali.

Sekilas Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Apa yangd imaksud dengan Tekanan Darah Tinggi?? Kalau dikampung sering disebut dengan darah tinggi, taunya gak boleh makan daging kambing, orang-orang yang awam bahkan mengkondisikan kurang darah, padahal itu berbeda. Darah tinggi adalah tekanan darah yang tinggi yang berada di dinding arteri atau pembuluh darah bersih. Bahkan para medis memberikan julukan yang cukup menyeramkan untuk kondisi kronis ini sebagai "Pembunuh Diam-diam". Pasalnya kondisi ini gejalanya tidak diketahui dan bisa menyerang seketika. Untuk mengetahui kondisi tekanan darah memang harus di cek ke dokter.

Siapapun bisa terkena tekanan darah tinggi, bahkan dari beberapa survey yang tercatat ditahun 2013 lalu, sebanyak 25.8 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia yang terkena hipertensi berusia 18 tahun, cukup muda bukan?? Padahal kita identikan yang memiliki darah tinggi adalah orang tua. Dan tahukan anda, perempuan lebih banyak 6 persen yang terkena penyakit ini. Para pakar kesehatan juga mengelompokan Risiko yang bisa terkena Hipertensi, nah berikut datanya:

Risiko Hipertensi:
  • Biasanya berusia diatas 65 tahun
  • Kurang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Berat badan berlebih
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam
  • Jarang olah raga
  • Terlalu banyak minum kafein seperti kopi
  • Sering minum-minuman keras
  • Memiliki keluarga dengan riwayat hipertensi

Nah setelah mengetahui tentang risiko hipertensi maka kita bisa mengambil tindakan untuk pencegahan penyakit ini, caranya dengan membalikan semua risiko tersebut. Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat, hidup sehat dan rutin berolah raga adalah hal yang baik dilakukan agar kondisi tekanan darah tetap stabil serta kondisi jantung terjaga dengan baik. Yuk, mulailah hidup sehat. Semoga artikel ini memberi pelajaran bagi kita semua untuk selalu menjaga kondisi kesehatan kita. Baca juga: Turunkan Berat Badan dan Hipertensi dengan Metode Dash Diet!

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar