Resep Membuat Nasi Liwet Komplit Ala Sunda

shares |

Resep Nasi Liwet - Di Jawa Barat memang terkenal dengan istilah ngaliwet atau kegiatan kumpul bersama keluarga atau temen-temen trus masak nasi liwet dengan menu komplit, disantap rame-rame beralaskan daun pisang, makannya dalam suasana alam terbuka dan rasanya sudah pasti nikmat banget! kegiatan ini memang rutin dilakukan masyarakan Jawa Barat apalagi wilayan pedesaan dipinggiran Bandung.

Saking terkenalnya nasi liwet, hingga tak sedikit rumah makan atau resto bergaya sunda menyediakan menu nasi liwet. Nasi liwet sendiri adalah nasi yang dimasak menggunakan kastrol, dimasak hingga matang dengan tektur nasi yang lembut. Biasanya agar rasa nasinya semakin nikmat selalu dibumbuhi dengan bumbu rempah-rempah, semisal irisan bawang merah, daun salam dan sedikit minyak. Bahkan terkadang memasak nasi liwet agar lebih nikmat disimpan asin peda di atasnya.

Untuk membuat sambelnya bisa juga menyimpan bumbu-bumbu sambel seperti cabe rawit, bawang merah, tomat hingga terasi dan dikukus bersamaan dengan nasi tersebut. Nah, kali ini iyen akan kasih resep nasi liwet komplit ala Sunda. Buat rekan-rekan asli Jawa Barat mungkin gak asing lagi, tapi buat yang diluar Jawa Barat resep ini bisa dijadikan pilihan menu makan siang besok. Ok, langsungs aja simak diawah ini.

Alat:
  • Kastrol
  • Kompor
Nasi Liwet
Kastrol untuk memsak Nasi Liwet
Bahan-Bahan
  • Beras secukupnya
  • Dua butir isiran bawang merah
  • Daun Salam
  • Bumbu Sambal (Cabe Rawit, Bawang Merah, Tomat, Terasi)
  • Asin Peda
Cara Membuat Nasi Liwet

1. Cuci beras tadi didalam kastrol, cuci hingga dirasa bersih. Kemudian isi dengan air secukupnya kurang lebih dua buku jari teluncuk tangan dari permukaan berasnya. Masukan daun salam dan irisan bawang tadi.

2. Masak dengan api sedang, kira-kira 20 menit kadar air akan mulai menyusut. Ketika sudah mulai menyusut dan menyisakan gelembung-gelembung udara panas, masukan asin peda kedalam kastrol tersebut, simpan diatas permukaan nasi , simpan juga bumbu-bumbu sambalnya.
Nasi Liwet Komplit Peda
Nasi Liwet Plus Asin Peda
3. Kecilkan apinya dan tunggu hingga nasi benar-benar matang. Setelah itu angkat.

Cara Membuat Sambal dan Temannya Nasi Liwet

1. Masukan bahan-bahan sambal tadi ke "cowet (Ulekan)", tambahkan gula merah secukupnya, garam, mecin sedikit. Ulek hingga halus. Cicipi hingga rasanya pas.

2. Siapkan lalapannya, paling enak nyantap nasi liwet komplit dengan lalapan dedaunan segar seperti daun kacang panjang, salada bokor, keresmen atau jengkol metah atau goreng, pete mentah atau goreng.

3. Makan nasi liwet dengan Ikan Nila atau Ikan Mas bakar akan menambah kenikmatan yang luar biasa, atau temen-temen juga bisa sekalian bikin ayam bakat yang pedas, resepnya silahkan kesini: Resep Membuat Ayam Panggang Pedas.

Cara Penyajiannya:

Yang paling enak cara penyajiannya adalah dengan menggelar amparan daun pisang utuh sebanyak dua batang. Semua nasi di tumpahin diatas daun tersebut berserta lauk pauknya, disantap rame-rame bersama teman atau kerabat. Kalau di alam terbuka pasti lebih nikmat.

Nah, demikian artikel tentang resep nasi liwet komplit ala Sunda. Pokoknya menyantap nasi liwet bersama temen-temen atau keluarga gak ada duanya deh nikmatnya. Bisa dicobat bagi temen-temen yang ada diluar Jawa. Silahkan..

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar