Cara Mudah dan Aman Membersihkan Kotoran Telinga

shares |

Cara Mudah Bersihkan Kotoran Telinga - Kadang kita selalu lupa untuk membersihkan kotoran telinga atau memang males hingga kotoran telinga sebenarnya sudah cukup numpuk dan hampir menutupi lubang telinganya. Kalau udah terasa ada yang mengganjel dan gak nyaman dengan pendengaran barulah "ngeh" dan langsung kita bersihkan. Padahal kalau tidak dibersihkan secara rutin akan cukup mengganggu pemandangan bagi orang yang ada disekitar kita. Katanya sih "ih Jorookk".

Tahi telinga atau kotoran telinga sebenarnya ada fungsinya juga, gak mungkinlah Allah SWT menciptakan tahi telinga tanpa maksudnya. Kalau di telinga ada tahi, kalau di hidung ada "korong" atau upil semua tentu ada maksudnya. Tapi saya sendiri gak tahu kenapa korong warnanya lebih cerah ketimbang tahi telinga yang lebih kecoklatan dan gelap?? ada yang tahu??
Tips bersihkan tahi telinga
Bersihkan Kotoran Telinga
Katanya dari kabar yang beredar (Males cari referensi hehe), Tahi telinga memiliki fungsi salah satunya sebagai racun jika ada serangga yang masuk kedalam telinga. (Contoh kasus serangga masuk telinga, baca : Cara Mengeluarkan Serangga Masuk Telinga). Nah kalau gak ada tahi telinga bisa dibayangkan serangga bisa secara leluasa masuk kedalam lubang telinga semisal yang sering terjadi kasusnya adalah anak kecoa. Kalau sampai masuk terus dan terus kedalam telinga dan bersarang gak mau keluar lagi didalam ruang telinga hingga mencari makan didalam bahkan hingga bertelur dan beranak, wiiihhhh begitu sangat amat mengerikan bukan??? Jangankan kecoa yang ukurannya lebih besar, semut saja kalau udah masuk kedalam telinga rasanya cukup menyiksa, geli dan sebagainya.

Meskipun tahi telinga memiliki fungsi sebagai penghalang serangga dan racun, tetap saja kalau gak dibersihkan akan mengganggu penglihatan orang lain, kamu nanti bakalan disangka hidup tidak berseka alias jorok, Nah kali ini saya akan berikan tips sederhana membersihkan kotoran telinga dengan mudah. Ngomong-ngomong, kenapa tahi telinga rasanya pahit????

1. Cara Saya (GAK PERLU DITIRU YAAA..)

Telinga suami saya paling banyak memproduksi kotoran telinga hingga harus rutin dibersihkan. Biasanya dia membersihkannya menggunakan ujung peniti yang bulat kecilnya. Memang cukup efektif untuk mengorek tahi telinga dan mampu mengeluarkan cukup banyak tahinya. Hanya saja ada catatan yaitu alat peniti tersebut harusnlah steril dari kuman dan bakteri. Dan membersihkan tai telinga dengan ini saja masih kurang karena hanya mengeluarkan tahi yang berukuran besar sementara dinding-dinding lubang telingan masih kotor, maka sobat harus membersihkannya dengan cutton buds.

Ingat, membersihkan KOTORAN telinga dengan cutten buds juga ada resikonya. Kalau gak hati-hati ada kasus kapas cutten buds ternyata lepas didalam telinga. Nah pastikan cutten buds yang digunakan masih sangat baik. Tidak hanya itu kalau tidak memiliki keahlian membersihkan dengan alat ini malah justru akan mendorong tai telinga ke dalam lagi sehingga cukup membahayakan. Lebih baik dibantu oleh orang lain dan bersihkan bagian dinding-dinding pada lubang telinga. Gunakan cutten buds sebagai finishing untuk membersihkan.

2. Menggunakan Cuka Putih dan Alkohol

Cara ini belum pernah saya coba, namun hal ini dianjurkan oleh Dr. David Hill, Anggota dari American Academy Of Paediatrics karena lebih aman dan lebih steril. yakni dengan menggunakan cairan cuka putih yang dicampur dengan alkohol. Campurkan kedua bahan tersebut dengan komposisi masing-masing satu sendok teh. Kemudian masukan kedalam lubang telinga dengan posisi kepala miring ya .dan tunggu sekitar 3 menitan hingga bahan tersebut mengering didalam telinga. Kemudian bahan tersebut akan keluar bersama kotoran telinga.

Catatan:
Jika sobat membersihkan tahi telinga dengan alat yang tidak steril, maka memungkinkan bakteri berkembang didalam telinga hingga bukan tidak mungkin telinga sobat akan menjadi membengkak, sakit dan meras atidak nyaman. Bahkan National Health Servive (NHS) yakni Lembaga Kesehatan inggris justru melarang penggunaan Cutten Buds atau alat apapun untuk membersihkan tahi telinga karena cukup beresiko.
Telinga merupakan organ tubuh yang mampu membersihkan kotoran telinga dengan sendirinya sehingga sebenarnya tidak masalah jika sobat tidak membersihkannya karena secara alami kotoran telinga akan keluar dengan sendiri jika sudah penuh. Tapi ya itu tentu saja akan terlihat tidak elok oleh orang lain. Sebaiknya bersihkan kotoran telinga dengan alat yang benar-benar steril dari kuman, atau bisa gunakan cara kedua yang memang dianjurkan oleh pakar medis.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar