Tips Mudah Menghemat Baterai Ponsel Android Tanpa Aplikasi

shares |

Cara Hemat Baterai Smartphone Android - Saat ini perkembangan dunia smartphone android semakin pesat, ponsel pintar android lebih banyak dipilih ketimbang ponsel dengan sistem operasi lainnya. Alasannya cukup simpel, ponsel android menyediakan banyak fitur dan aplikasi menarik yang dibutuhkan oleh pengguna, selain itu ponsel android juga lebih mudah digunakan. Hingga saat ini perkembangan ponsel berbasis android cukup pesat dengan melahirkan beberapa generasi OS android, yang paling baru adalah OS Android 6.0 Marshmallow yang akan menghiasi ponsel-ponsel keluaran tahun 2016.

Ada permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengguna smartphone Android, tak lain adalah cepat terkurasnya kapasitas daya baterai sehingga ponsel tidak bisa bertahan lebih lama. Hal ini wajar karena ponsel pintar ini selain fiturnya yang lengkap, beberapa aplikasi yang aktif juga cukup mempengaruhi konsumsi daya baterai. Salah satu cara agar ponsel pintar anda memiliki daya tahan yang lebih lama yakni belilah ponsel android dengan kapaistas baterai ekstra besar, idealnya 3000 mAh keatas.
Tips menghemat baterai ponsel android

Namun jika sobat terlanjur memiliki ponsel android dengan kapasitas baterai sedang, ada baiknya melakukan beberapa tips dibawah ini untuk menghemat kapasitas baterai.

1. Home Screen yang simpel tanpa Widget

Semua ponsel pintar berbasis android dengan layar yang lebar menyediakan widget-widget yang menarik, seperti cuaca, jam dan lain sebagainya. Namun tahukah sobat sekalian, widget tersebut tentu membutuhkan konsumsi daya, apalagi jika widget tersebut aktif mengupdate cuaca. Ada baiknya home screen sobat dibersihkan dengan widget tersebut untuk menghemat baterai. Toh kita tidak terlalu memerlukan update cuaca bukan?

2. Matikan GPS, Bluetooth, Paket Data dan Wifi

Ada kalanya beberapa fitur yang terhubung dengan internet selalu aktif seperti wifi atau GPS, padahal jaringan internet paling besar menyedot daya baterai, maka wajar ponsel anda akan cepat terkuras daya baterainya, oleh sebab itu sebaiknya matikan bluetooth, wifi dan juga GPS jika tidak digunakan.

Begitupun dengan paket data, terkadang agar ponsel tetap terhubung dengan internet seperti jejaring sosial FB, Blackberry Messenger, Twitter dan lain sebagainya, paket data selalu aktif 24 jam, ini tentu pemborosan daya baterai yang cukup besar juga pemborosan kuota internet. Ada baiknya aktifkan pada saat akan digunakan saja, selebihnya matikan saja.

3. Menutup Aplikasi yang tidak Digunakan
hemat baterai smartphone
Tutup Aplikasi yang Tidak digunakan
Hal yang paling sering terlewatkan adalah sobat sekalian jarang atau bahkan tidak pernah menutup aplikasi yang sudah digunakan dengan benar. Ini tentu saja pemborosan daya baterai. Cara menutup aplikasi sebenarnya sangat mudah, sobat hanya perlu menuju ke tombol multitasking yang akan menunjukkan berbagai aplikasi yang digunakan. Sobat hanya perlu menghapus semuanya atau dengan cara Swipe Aplikasi.

4. Atur Kecerahan layar

Layar terlalu terang akan menghabiskan banyak daya, sebaiknya atur intensitas cahaya agar tidak terlalu terang namun tetap nyaman dilihat.

5. Non-Aktifkan Getar

Ada baiknya juga sobat mematikan mode getar pada ponsel meski sebenarnya getar membantu memberitahukan jika ada panggilan. Namun jika dirasa tidak perlu sebaiknya matikan saja.

6. Usahakan Ponsel atau Baterai tetap dingin

terlalu sering smartphone android anda digunakan maka akan terasa panas, sudah pasti akan menyebabkan pemborosan daya. Jika sobat gemar bermain game dengan ponsel apalagi yang berbau game online seperti CLash Of Clans, sebaiknya usahakan ponsel tetap dingin, gunakan kipas dibagian belakangnya hal ini membantu mengirit daya baterai.

Nah demikian Tips Mengirit daya baterai Smartphone Android, tips ini cukup mudah dilakukan dan tidak perlu menginstal aplikasi yang berhubungdan dengan mengirit daya, apalagi aplikasi tersebut memiliki ukuran file yang cukup besar sehingga memakan kapasitas memori. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar