Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Sampai Tuntas

shares |

Cara Mengatasi Sembelit atau Konstipasi. Buang air besar atau biasa disingkat dengan BAB adalah hal yang paling penting untuk mengeluarkan sisa makanan yang kita makan dari dalam tubuh. Tapi apa jadinya jika kita sulit untuk buang air besar atau BAB. Ya, susah buang air besar (sembelit atau konstipasi) bisa menjadi momok yang sangat ditakuti karena susahnya BAB dapat menyebabkan penyakit mematikan apabila tidak segera dilakukan pengobatan.

Sulitnya buang air besar ini biasa dialami oleh kebanyakan orang dan ada banyak penyebabnya kenapa kita bisa sulit untuk melakukan sistem sekresi ini. Sulitnya buang air besar lebih banyak dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, seperti kurangnya asupan air dan serat. Selain itu pola hidup yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi sulitnya buang air besar, seperti menahan lama saat ingin BAB.
Cara ampuh mengatasi dan mengobati susah BAB
Salah satu penyebab di atas mungkin saja kamu lakukan sehingga saat ini kamu mengalami susahnya untuk BAB. Oleh karena itu, lain kali kamu harus hindari penyebab susahnya BAB tersebut supaya tidak terjadi berulang.

Untuk mengobati dan mengatasi susahnya BAB ada beberapa hal yang harus kamu lakukan supaya BAB kamu jadi lancar kembali. Di sini Iyenblog.com akan berbagi kepada kalian bagaimana cara mengatasi dan mengobati susah BAB sampai tuntas dan cara yang alami. Kalau begitu simak pemafarannya berikut ini.

1. Minum Air Putih

Pada saat ini kamu sedang sulit-sulitnya untuk buang air besar sedangkan perutmu sakit dan menjadi kembung, lakukan segera minum air putih yang cukup banyak misalnya 2 gelas sekaligus. Karena air tidak lama dicerna sehingga sangat cepat sekali untuk mengembalikan keadaan tubuh yang tidak sehat seperti sulit BAB ini. Setelah minum air putih diamkan dulu sebentar kira-kira 5 menit lalu beranjaklah ke kamar mandi.

Banyak minum air putih ini juga dapat mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi karena salah satu penyebab timbulnya susah BAB adalah kurangnya minum. Sudah kita ketahui bahwa minum air putih sekitar 8 gelas sehari dapat melancarkan segala fungsi yang ada di dalam tubuh kita terutama dalam sistem pencernaan, dan 8 gelas itu pun minimalnya lebih baik jika di lebihkan.

Supaya BAB tetap lancar setiap harinya, usahakan setiap pagi bangun tidur dan makam sebelum tidur minumlah air putih sebanyak 2 gelas pada masing-masing waktu, karena sitem metabolisme tubuh dapat bekerja secara lancar jika asupan air banyak dan cukup.

2. Diam di Toilet

Setelah minum air putih, hal yang harus dilakukan adalah dengan diam di atas toilet. Sulitnya BAB mungkin karena kamu sering menahannya sehingga saat ingin dikeluarkan tinja sulit untuk keluar dan menjadi mengeras. Namun setelah minum air putih tinja bisa menjadi lunak kembali dan akan keluar dengan sendirinya. Cobalah duduk atau jongkok di atas toilet dan tunggulah sampai ada rasa ingin buang air, lalu sedikit demi sedikit dorong tinja sampai keluar. Tinja yang keluar mungkin tidak akan semuanya keluar, tapi setelah beberapa saat sisanya pun akan keluar juga dengan timbulnya defekasi atau rasa ingin buang air.

3. Banyak Konsumsi Serat

Serat sangat diperlukan sekali oleh tubuh terutama untuk memperlancar pencernaan kita. Untuk mengatasi timbulnya kembali susah buang air besar sebaiknya setiap hari adakanlah dalam porsi makan kita serat dari buah dan sayur. Semua jenis buah dan sayur tentu memiliki serat tinggi akan tetapi jenis buah dan sayur yang baik untuk melancarkan BAB adalah pepaya, pisang, stroberi, sayur berkuah seperti soup, bayam, dan kangkung.

Jika pada hari ini kamu sedang sakit perut maka sebaiknya cepat-cepatlah konsumsi pepaya atau pisang, karena serat dari jenis buah-buahan ini dapat diserap seratnya lebih cepat. Jika dikonsumsi pada malam hari maka pagi harinya BAB kamu akan lancar kembali dan jika pagi hari dikonsumsinya maka terjadi timbulnya rasa ingin BAB adalah pada siang hari atau sore harinya.

4. Hindari Minuman Berkafein

Asupan makanan dan minuman bisa menjadi sumber timbulnya sembelit atau konstipasi ini, dana salah satu minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk orang yang sulit BAB adalah minuman berkafein seperti kopi atau teh.

Rata-rata orang setiap pagi dan sore atau malam selalu minum kopi, padahal bagi orang yang sering mengalami sulit BAB tidak boleh mengkonsumsi ini lagi atau memperkecil konsumsinya. Usahakan setiap pagi gantilah kopimu dengan air putih atau jus, atau kamu juga bisa membuat infused water sebagai pengganti minuman tersebut. Dan pada malam harinya boleh kamu minum kopi asal tidak setiap hari. Dijamin susah BAB kamu tidak akan terjadi lagi.

5. Jangan Langsung Minum Obat

Obat yang ada di warung biasanya ada label termasuk obat keras dan ini sangat tidak dianjurkan untuk dipakai secara terus-menerus. Sebaiknya lakukan dengan cara alami saja seperti langsung minum air putih dan berdiam diri di toilet, karena tinja sendiri akan keluar dengan sendirinya. Jika sulit BAB yang dialami parah dan sulit dilakukan pengobatan di rumah sebaiknya langsung pergi ke dokter supaya lamgsung diberi penanganan yang tepat dan dokter akan kasih obat yang cocok untuk jenis sembelit yang dialami.

6. Mengatasi Sulit BAB dengan Olahraga

Cobalah untuk berolahraga setiap pagi. Perilaku yang sehat dapat menjadikan semua keadaan fisik seseorang menjadi sehat pula. Sistem yang ada pada tubuh kita terdiri dari banyak sistem, seperti sistem peredaran darah, sistem pencernaan, dan sistem-sistem lainnya. Dengan berolahraga semua sistem yang ada dalam tubuh akan bekerja secara optimal. Contohnya sistem peredaran darah yang dilakukan oleh jantung. Jika jantung tidak sehat karena kurang olahraga maka sistem peredaran darah akan terhambat. Dan seperti sistem pencernaan juga jika tidak berolahraga maka fungsinya akan terganggu, karena penyebab dari timbulnya susah BAB tidak hanya dari faktor eksternal tetapi juga faktor internal seperti adanya kerusakan di sistem tersebut. Jadi rajin-rajinlah berolahraga.

Nah itu dia beberapa tips dan cara mengatasi susah BAB sampai sembuh. Semoga bermanfaat informasi yang disampaikan dan semoga kamu lekas sembuh. Sebelum datangnya penyakit lebih baik dihindari terlebih dahulu dengan mengatur perilaku dan pola hidupmu. Semoga berhasil. Banyak sekali informasi menarik dan penting lainnya hanya di sini. Yuk baca lagi informasi lainnya, tinggal di klik saja menu atau kategorinya. Bye.

Related Posts

1 komentar