5 Hal yang Perlu diperhatikan Saat Kehamilan

shares |

Hal-hal yang Perlu diperhatikan Saat Kehamilan. Hallo bunda dan sista, hari ini yang akan kita bahas adalah tentang kehamilan. Wih, saya juga belum hamil tapi sudah mau sharing aja tentang kehamilan. Ya sekalian minta doanya aja ya sama bunda dan sista yang sudah mau punya momongan mudah-mudahan saya bisa cepat hamil juga.

Oh ya bunda dan sista, tahu tidak? Baik yang sudah pernah melahirkan anak dan sekarang mau punya momongan lagi atau yang baru mau punya momongan dan lagi rencana seperti sista ini ada hal-hal yang perlu dan harus diperhatikan saat bunda dan sista sedang mengalami kehamilan. Terkadang hal kecil yang tidak disadari dan menurut kita baik ternyata bisa berdampak buruk lho bagi janin. Sebagai calon orang tua pasti tidak mau dong putra atau putri yang mau lahiran setelah 9 bulan nanti mengalami kecacatan atau hal buruk lainnya.
Hal yang perlu diperhatikan saat kehamilan
Perhatikan Kehamilanmu
Ya, benar. Kondisi bayi lahir nanti adalah ditentukan mulai dari sang ibu mengandung. Saat ibu mengandung perkembangan janin ditentukan oleh perilaku ibu yang sedang mengandung, apakah perilakunya baik atau malah buruk. Bukan hanya makanan yang dikonsumsi saja, tapi hal lain seperti perilaku sehari-hari, kegiatan yang dijalani, kesehatan, dan lain sebagainya akan menentukan bayi nantinya.

Sekedar sharing saja dari buku dan informasi kesehatan tentang kehamilan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat kehamilan oleh bunda dan sista. Kira-kira apa saja hal tersebut? Yuk disimak pemaparannya berikut ini.

1. Makanan dan Minuman

Janin merupakan makhluk Tuhan yang diciptakan sebagai calon bakal bayi setelah dikandung oleh sang ibu. Janin hidup dan berkembang di dalam rahim. Hal ini terbukti dengan perkembangan yang begitu pesat setiap harinya dan terlihat dengan jelas setiap bulannya.

Seperti halnya kita yang sudah menjadi manusia seutuhnya, calon bakal bayi ini tidak bisa tumbuh dan berkembang jika tidak mendapatkan nutrisi berupa makanan. Tumbuhan yang tidak kita sadari juga membutuhkan nutrisi makanan yang diambil dari dalam tanah dan hasil fotosintesis.

Janin mendapatkan nutrisi makanan tidak sama seperti halnya kita makan. Janin ini bisa mendapatkan nutrisi dari sang ibu yang mengandungnya melalui plasenta atau biasa kita sebut dengan tali ari-ari. Nah bun dan sis, perkembangan janin dalam rahim ini ditentukan oleh asupan makanan yang kita makan. Jika makanan yang dimakan ini tidak bergizi, coba bayangkan bagaimana perkembangan nantinya ke calon bayi kita. Pleh karena itu, bunda dan sista sangat perlu sekali memperhatikan asupan makanan saat bunda dan sista sedang hamil.
jenis makanan yang diperhatikan saat hamil
Adapun makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan ibu dan calon bayinya, mineral, protein, vitamin, lemak, dan lain sebagainya yang sesuai dengan takaran. Ingat ya bunda dan sista, saat bunda dan sista sedang hamil jangan pernah makan dalam jumlah porsi yang sangat sedikit, karena bukan hanya bunda yang perlu nutrisi, sanga bayi pun perlu mendapatkannya. Yang biasanya bunda dan sista makan satu piring saja, sekarang lebih baik ditambah dengan setengah piring nasi.

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral sangat dianjurkan sekali saat bunda dan sista hamil. Hal ini bertujuan pula untuk membuat otak sang bayi menjadi cerdas dan syarafnya cepat berkembang. Tidak ada kata larangan bagi bunda dan sista jika senang dengan rujak saat hamil, karena rujak buah mengandung banyak vitamin dari bermacam buah-buahan, yang terpenting aturlah tingkat kepedasannya.

Selain buah-buahan, sayuran pun penting. Semua jenis sayuran bisa bunda dan sista makan. Dan untuk menunjang perkembangan otak dan organ lainnya bunda juga perlu protein dan lemak baik yang bisa diperoleh dari ikan atau daging.

Yang sedang hamil biasanya ingin sekali makan ini dan makan itu. Segala macam makanan yang ada dalam fikiran atau yang terlihat di depan mata selalu ingin mencicipinya. Tapi perlu bunda perhatikan, ini hanya nafsu makan bunda saja yang tidak terkendali. Bunda dan sista harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi. Selain itu makan ringan dan kaleng harus juga dihindari atau diminimalisir demi terjaganya kondisi bayi dalam rahim.

2. Kesehatan

Sebelum bunda dan sista hamil mungkin diantaranya ada yang suka dengan olahraga atau yang tidak. Nah disinilah bunda dan sita harus memperhatikan kesehatan terutama olahraga. Bunda dan sista jangan khawatir dengan kondisi bayi, karena dengan olahraga dapat membantu kelancaran saat lahiran nanti.

Tapi tidak semua jenis olahraga bisa bunda dan sista lakukan. Kenapa? Karena ada beberapa olahraga yang membuat rahim terguncang seperi lompat tali, sprint, dan olahraga lainnya yang bisa mengguncangkan perut. Bunda dan sista bisa memilih olahraga yang cocok saat hamil, beberapa diantaranya :

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang melatih penafasan dan kerileksan seseorang. Olahraga ini sangat penting sekali untuk ibu yang sedang hamil, karena saat lahiran nanti sang ibu harus bisa mengatur pernafasan dan rileks dalam mendorong bayi keluar. Jika bunda dan sista punya CD tentang yoga bunda atau sista bisa melakukannya di rumah. Tetapi akan lebih baik jika yoga ini dilakukan dengan ahlinya secara langsung.

Jalan Kaki

Lari bisa mengguncangkan perut, tapi dengan jalan kaki ibu bisa dengan santainya berolahraga dan berkeringat tanpa mengganggu janin yang sedang dikandung. Jalan kaki ini bisa ibu lakukan di halam rumah saja. Manfaatnya bisa melatih pernafasan dan melancarkan peredaran darah. Selain itu ada banyak lagi manfaat jalan kaki untuk yang tidak hamil. Baca selengkapnya di SINI

Berenang

Oleh para ahli sangat dianjurkan sekali sang ibu hamil melakukan olahraga renang. Renang ini dapat membuat rileks dan bisa melatih saat lahiran nanti baik itu pernafasan dan tidak tegangnya otot-otot. Selain itu renang juga bisa membuat ibu hamil memiliki badan ideal, karena kebanyakan saat hamil para ibu memiliki badan diatas rata-rata.
jenis olahraga untuk ibu hamil
Peregangan

Selalu lakukan peregangan setiap hari supaya otot-otot tidak tegang. Kaki, tangan, perut, semuanya. Lihatlah, ibu hamil yang tidak pernah melakukan peregangan biasanya ototnya terlihat tegang dan bisa dilihat dari kaki dan tangannya. Jadi lakukanlah peregangan ini. Mudah saja kok, setiap pagi dan sore peregangan bisa dilakukan dengan melakukan seperti halnya mau olahraga.

Nah itulah beberapa jenis olahraga yang sangat dianjurkan saat ibu hamil. Tapi selain itu ada juga jenis olahraga hamil yang sangat membantu yaitu senam hamil. Senam hamil ini biasanya dilakukan di tempat-tempat tertentu oleh ahlinya. Karena jika tanpa sang ahli bisa berakibat fatal nantinya.

Selain olahraga hal lain dalam kesehatan pun bunda dan sista perlu perhatikan, yaitu selalu menjaga kondisi badan supaya tetap fit. Mengindari obat kimia yang dijual di warung. Nah jika bunda atau sita sakit sebaiknya periksakan ke dokter supaya penanganannya baik dan kondisi janin tetap baik.

3. Penampilan

Mungkin mengenai penampilan bunda dan sista sering tidak menyadarinya. Penampilan sangat penting sekali loh bun. Karena penampilan yang baik akan menentukan nanti bayinya. Coba saja bunda dan sista lihat deh. Ibu-ibu yang penampilannya acak adut saat hamil nanti pas lahiran dan merawat bayinya pun akan acak adut. Iyalah, bagaimana kondisi sang anak ditentukan oleh sang perawatnya yaitu ibu. Tidak hanya itu, para suami pun akan ogah jika melihat istrinya tidak dandan saat hamil. Padahal sebelum hamil segala macam make-up ditempelin. Lah, masa pas hamil tidak.

Perhatikanlah penampilan bunda dan sista ya saat hamil. Selalu berhias diri dan perhatikanlah kebersihannya, baim itu kebersihan pribadi atau pun lingkungan.

Untuk masalah pakaian, sebaiknya bunda cerdas memilih nih. Bagi bunda dan sista yang kandungannya masih dibawah 3 atau 4 bulan boleh-boleh saja tuh pakai baju yang terlihat ketat, tapi jangan dipakai terlalu lama. Perut semakin hari kan akan membesar.
penampilan dan baju untuk ibu hamil
Nah kalau untuk kehamilan menginjak 4 bulan sampai 6 bulan, pakailah baju yang agak longgaran. Bunda dan sita bisa mengenakan dress panjang dibalut dengan blazer. Dan saat memasuki usia 7 sampai 9 bulan pakailah baju yang longgar supaya otot tidak tegang dan selalu rileks.

Ada hal menarik loh bun saat memakai baju longgar atau ada kerutan di bagian atas perut. Bunda dan sista akan terlihat cantik saat kandungan besar. Orang-orang di sekeliling akan menghargai dan menghormati bunda dan sista, bahkan sebagian orang akan rela jika diminta sesuatu. Selain itu bunda dan sista bisa berpose foto untuk dijadikan kenangan saat bayi sudah lahir nanti.

4. Perilaku

Hal ini nih yang sering dilewatkan oleh beberapa ibu yang mengandung, perilaku. Perilaku yang bunda dan sista lakukan saat mengandung akan berpengaruh kepada bayinya. Bayi di dalam kandungan juga punya pendengaran, jadi bisa mendengarkan apa yang ibunya bicarakan dan bisa melihat perilaku ibunya melalui pendengarannya tersebut. Jadi bunda dan sita harus hati-hati nih dalam berperilaku. Tapi bukan hanya saat hamil saja perilaku mesti dijaga, saat tidak hamil dan anak sudah besar pun sebagai orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik supaya kelak anak kita menjadi orang yang baik pula.
memperdengarkan musik untuk janin saat ibu hamil
Ada hal yang sangat dianjurkan pula loh bun sis saat hamil supaya sanga anak bisa menjadi orang yang cerdas dan pintar, yaitu mendengarkan musik yang bernada tenang. Tapi yang paling sangat dianjurkan bunda atau sista (Muslim) memperdengarkan Alquran. Inshaallah kelak anak kita menjadi seorang hafiz atau hafizah.

Caranya mudah sangat kok bun, bunda atau sista bisa mengaji dan nyanyi langsung atau bisa dengan memperdengarkannya lewat earphone. Earphone bisa disimpan diperut.

5. Mitos

Mitos adalah hal yang dipercayai oleh nenek moyang dulu dan biasanya dikatakan "pamali" jika melanggarnya. Beberapa mitos yang sering orang tua zaman dulu katakan sebaiknya dicerna terlebih dahulu. Jangan langsung percaya. Seperti saat hamil tidak boleh keluar rumah malam-malam, pamali. Katanya sih ada jin yang bisa mengambil anak dari kandungan kita. Tapi sebetulnya bukan itu. Jika kita keluar malam-malam ditakutkan kita terjatuh dan bisa berdampak buruk bagi janin, misalnya terjadi pendarahan atau bahkan keguguran. Nah jadi mitos-mitos ini harus dicerna terlebih dahulu.
larangan keluar rumah saat hamil
Jika bunda dan sista memperhatikan hal-hal ini inshaallah bayinya nanti bisa sehat dan saat lahiran lancar. Aamiin. Semoga bermanfaat ya bunda dan sista hal-hal yang perlu diperhatikan saat kehamilan ini. Sharing juga sama yang calon bunda lainnya supaya mereka bisa menjaga kehamilannya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar