Tuntunan Tata Cara Praktek Sholat Tahajud Lengkap Beserta Doanya

shares |

Tuntunan Tata Cara Praktek Sholat Tahajud Lengkap Beserta Doanya. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Kewajiban yang harus kita kerjakan untuk memenuhi rukun islam kita adalah sholat. Sholat merupakan rukun islam yang ketiga dimana seorang umat muslim tidak boleh meninggalkan apalagi melupakannya. Jika sholat tidak kita kerjakan maka kita tergolong ke dalam orang-orang yang fasik. Naudzubillah.

Sudah kita ketahui bahwa sholat terbagi menjadi dua, yaitu sholat wajib (fardhu) dan sholat sunah, dimana sholat wajib ini mesti dan harus kita kerjakan sedangkan sholat sunah tidak wajib dikerjakan tetapi kita juga tidak boleh meninggalkannya, karena pada sholat sunah terdapat banyak faedahnya serta akan mendapatkan pahala jika kita mengerjakannya.
tata cara sholat tahajud lengkap beserta doanya
Sholat wajib terdiri dari lima waktu, yaitu dzuhur, asar, maghrib, isya, dan subuh. Untuk mengetahui bagaimana tata cara sholat fardhu baca artikel Tuntunan Tata Cara Sholat Fardu 5 Waktu ini. Mudah-mudahan bagi yang masih belajar.

Untuk sholat sunah ada banyak sekali sholat yang bisa dikerjakan, seperti sholat sunah kobla dan ba'da sholat fardhu, sholat Tahajud, sholat istikhoroh, sholat Taubat, dan Sholat Sunah lainnya. Mungkin bagi anda saat ini ingin mengetahui bagaimana tata cara sholat tahajud dan doa yang dipanjatkan setelah melaksanakan sholat. Di sinilah saya akan berbagi bagaimana cara pelaksanaan sholat sunah tahajud itu. Silahkan baca tahap per tahap supaya yang dikerjakan benar.

Sholat Tahajud atau biasa disebut dengan Qiyamul lail merupakan sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari, yaitu setelah melaksanakan sholat isya sampai waktu menjelang subuh. Yang lebih afdol untuk melaksanakan sholat sunah tahajud ini adalah pada sepertiga malam terakhir atau sekitar pukul 01.00 sampai waktu menjelang subuh dini hari.

Sama seperti melaksanakan sholat fardhu sholat ini dikerjakan sebanyak dua rokaat satu salam. Tetapi menurut beberapa imam tidak harus dua rokaat dalam penegrjaannya. Kata Imam Hanafi dalam melaksanakan sholat tahajud maksimal 8 rokaat dan setiap dua rokaat tutup salam. Lalu kata Imam Maliki sholat tahajud dikerjakan maksimal 10 atau 12 rokaat, tetapi menurut Imam Syafi'i dan Imam Hambali mengerjakan sholat tahajud adalah sebanyak-banyaknya. Tetapi yang terpenting adalah niat dalam hati harus baik dan tata cara sholatnya harus benar jangan sampai kita sholat banyak tetapi di satu rokaat saja hati kita tidak tertuju pada Allah.

Bismillahirrohmanirrohim

Niat Bacaan Sholat Tahajud

Yang membedakan setiap sholat adalah bacaan niatnya saja tetapi cara pengerjaan sholat dilakukan sama seperti sholat lainnya.
Usholli sunattat tahajudi rok'ataeni mustakbilal kiblati adaal lillahi ta'ala
"Niat saya sholat sunat tahajud dua roka'at menghadap kiblat karena Allah"

Setelah itu takbir. Allahu Akbar.

Setelah itu lakukan sama seperti sholat fardhu. Untuk bacaan surah pendeknya bebas saja karena surah pendek termasuk ke yang sunah bukan termasuk rukun sholat. Tetapi untuk lebih afdolnya baca surah Al-Insyirah dan Al-Kafirun. Jika telah selesai mengerjakan sholat tahajud, lalu banyak beristigfar untuk meminta ampun dari dosa dan maksiat yang telah dilakukan selama ini.

Bacaan Istigfar
Astagfirlahaladzim. Alladzi lailahailla huwal hayyul qoyyum waatubu ilaih. (baca sebanyak-banyaknya)
Selain banyak beristigfar pujilah Allah sebanyak-banyaknya dan berdzikir sebanyak-banyaknya.

Bacaan Dzikir Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir
Subhanallah, Alhamdulillah, Lailahaillallah, Allahu Akbar. (baca sebanyak-banyaknya)
atau baca juga Subhanallah wabihamdihi Subhanallahil adzim. Karena bacaan ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Sesuai dengan sabda Rasulullah Saw.
"Ada dua kalimat yang ringn diucapkan tetapi sangat berat timbangannya dan dicintai oleh Allah Yang Maha Pengasih. Kalimat itu adalah Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil 'adzim ( Maha Suci Allah dan segala puji bagiNya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung)" (HR. Muttafaqun'alaih)
Setelah beristigfar dan memuji Allah, maka bacalah doa setelah tahajud.

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunah Tahajud
bacaan doa sholat tahajud dan artinya
Arti dari doa tahajud tersebut adalah :
"Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. BagiMu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. BagiMu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. BagiMu segala puji dan bagiMu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. BagiMu segala puji, Engkau benar, janjiMu benar, firmanMu benar, bertemu denganMu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dariMu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepadaMu aku pasrah, kepadaMu aku bertawakal, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku kembali (bertaubat), dengan pertolonganMu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepadaMu (dan dengan ajaranMu) aku menjatuhkan hukum."
Namun Allah Maha Mengetahui sehingga doa apa saja yang kita panjatkan boleh. Doa ini hanya doa tahajud yang biasa dipanjatkan. Kalau anda punya keinginan maka tambahkanlah keinginan itu pada doa, mudah-mudahan dikabulkan. Aamiin.

Setelah selesai melaksanakan serangkaian sholat tahajud, ada baiknya untuk mengaji Al-quran. Karena Al-quran merupakan cahaya yang akan datang pada saat kita di alam kubur dan di hari akhir nanti.

Sholat Tahajud adalah sholat yang sangat disukai oleh Allah SWT dan merupakan sholat paling utama setelah sholat fardhu. Jadi kita sebagai orang yang faham dan mengerti jangan pernah tinggalkan sholat ini, karena pada saat sholat tahajud kita akan merasakan kebahagiaan saat bertemu dengan Allah saat orang lain tidur lelap.

Hadis Rasulullah Saw. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanya: “Sholat apakah yang paling utama setelah sholat fardhu (yang lima waktu) ?” Beliau menjawab: “Sholat yang paling utama  setelah sholat fardhu adalah sholat (sunnah) di tengah malam (sholat Tahajjud).” (Imam Al-Bukhari dan Muslim)

Itulah tuntunan tata cara praktek sholat tahajud lengkap beserta doanya, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan kemudian kita bisa mengerjakannya setiap malam. Untuk lebih jelasnya anda bisa bertanya lagi kepada ustad atau sesepuh agama di lingkungan anda. Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar