Tips Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap Secara Cepat dan Alami

shares |

Tips Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap Secara Cepat dan Alami. Setelah bepergian jauh dengan keluarga rasanya ingin sekali membuka sepatu dan kaos kaki karena gerah, tapi kamu malu karena takut orang yang berada di sekitarmu menjauh gara-gara kakimu bau busuk tak sedap. Hal ini tidak asing lagi bagi kebanyakan orang karena semua orang pasti pernah mengalaminya, apalagi bagi orang yang jarang sekali membersihkan kaki.

Kenapa kaki menjadi bau tak sedap? Ini dikarenakan kaki menjadi lembab karena tidak adanya sirkulasi udara sehingga kaki pun berkeringat dan bercampur dengan bakteri, baik itu bakteri dari kaki atau pun dari alas kaki yang digunakan.
cara menghilangkan bau kaki tidak sedap secara cepat dan alami
Bau Kaki Menjadi Masalah dalam Percaya Diri
Sering kaki kita mengeluh dengan kaki yang bau busuk, tapi kaki menjadi bau karena ulah kita sendiri. Ada beberapa penyebab kenapa kaki kita menjadi bau salah satu diantaranya adalah kita jarang membersihkan alas kaki seperti sepatu atau sandal, dalam penggunaan kaos kaki kita jarang menggantinya bahkan buat anak sekolah ada yang mengganti kaos kakinya seminggu sekali, kebayangkan gimana kotor dan baunya. Ada juga penyebab lainnya seperti sebelum tidur kita jarang mencuci kaki, dan perawatan kaki yang kurang baik.

Untuk mengatasi dan menghilangkan bau kaki yang tidak sedap ini kamu tak usah berfikir gimana-gimana, karena hanya dengan menggunakan bahan alami dan perawatan yang dilakukan di rumah saja bau kaki mu akan hilang secara cepat. Lalu bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan bau kaki yang tidak sedap ini? Yuk mari simak beberapa tips ampuh untuk hilangkan bau kaki yang tidak sedap!

1. Jangan biarkan alas kakimu kotor

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan selalu mencuci alas kakimu minimal seminggu sekali, hal ini dilakukan untuk mengurangi bakteri dan kuman yang menempel pada alas kakimu, apalagi jika alas kakimu itu sepatu. Sepatu akan sangat berpengaruh dalam perkembangan bakteri karena tempatnya yang lembab tidak seperti sandal.

Selain sepatu dan sandal, kamu juga harus rajin mencuci kaos kaki karena kaos kaki ini menjadi tempat penyerapan keringat saat kamu beraktivitas. Sebelum sepatu kaos kaki dulu yang akan kotor dan langsung kena ke kakimu. Untuk perawatan kaos kaki kamu tingga mencucinya 3x dalam seminggu, itu juga minimalnya. Alangkah baiknya dalam 7 hari kamu punya 7 kaos kaki supaya setiap harinya kamu mengganti kaos kaki.

2. Gunakan alas kaki yang kering

Kaki yang bau sering kita alami jika kita menggunakan alas kaki yang basah, seperti sepatu dan kaos kaki basah. Seperti hal yang pernah saya alami waktu di sekolah menggunakan kaos kaki basah karena tidak ada kaos kaki pengganti dan menggunakan yang baru dicuci semalam membuat kaki saya menjadi berkerut dan menimbulkan bau tidak sedap saat di sekolah. Saya menjadi tidak percaya diri karena takut teman-teman menjauhi gara-gara kaki yang bau. Sampai pulang ke rumah pun kaok kaki tetap bau dan kaki pun baunya tak karuan. Oleh karena itu buat kalian yang tak ingin mengalami hal ini jangan pernah gunakan alas kaki yang masih basah. Jika tidak ada penggantinya lebih baik pakai alas kaki yang lain atau tanpa menggunakan kaos kaki.

3. Selalu mencuci kaki

Setelah beraktivitas cucilah kakimu sampai bersih dan bila perlu gunakan sabun untuk menghilangkan bau tak sedap dari kaki. Sering mencuci kaki setelah beraktivitas maka sedikit kemungkinan berkembangnya bakteri pada kakimu, sehingga bau kakimu akan hilang. Mencuci kaki juga harus kamu lakukan sebelum tidur dan ini sudah sangat direkomendasikan oleh dokter supaya kakimu tetap wangi dan bebas dari kuman.

4. Perhatikan kebersihan kaki

Selain selalu mencuci kaki kamu juga harus memperhatikan kebersihan kaki yang lainnya seperti kuku pada kakimu. Kaki ini mungkin bisa bau karena kuku kakimu kotor dan panjang dan di dalam kuku yang panjang ini bisa tumbuh berbagai bakteri dan kuman sehingga kaki menjadi bau. Seminggu dua kali sebaiknya kamu bersihkan dan potong kukumu dan kalau kamu orang yang suka memanjangkan kuku bersihkan saja supaya kotoran tidak menumpuk di kukumu yang panjang.

5. Gunakan Lotion atau Talec

Salah satu tips untuk menghilangkan bau kaki ini adalah dengan mengoleskan lotion atau menaburi talec pada kaki supaya kakimu tetap terjaga wanginya setelah kamu mandi. Lotion dapat membuat kakimu menjadi wangi sedangkan talec membuat karingat yang keluar dari kakimu terserap olehnya dan saat ini banyak juga talec yang berbau wangi sehingga kamu tak perlu menggunakan lotion lagi.

6. Gunakan obat anti bau kaki yaitu antiperspirant

Antiperspirant biasanya digunakan untuk menghilangkan bau ketiak, tapi saat ini banyak antiperspirant yang diproduksi khusus untuk menghilangkan bau kaki. Kamu bisa membelinya di apotik atau toko-toko terdekat yang menjual antiseptik.

Selain cara atau tips di atas kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau kaki tidak sedapmu itu. Bahan alami ini bisa kamu dapatkan hanya di sekitar rumah atau tempat tinggalmu. Bahan alami pembasmi bau kaki tidak sedap itu apa saja? Berikut macam bahan alami tradisional untuk menghilangkan bau kaki tak sedap.
  • Garam
Garam ini sangat mudah kita carai bahkan setiap hari kita jumpai, wajar saja karena garam ini ada di dapurmu. Garam bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi dan menghilangkan bau tak sedap pada kaki jika kamu menggunakannya secara rutin.

Cara penggunaan garam sebagai penghilang bau kaki sangatlah mudah, kamu tinggal mencuci kakimu terlebih dahulu lalu sediakan air hangat dalam wadah lalu tambahkan garam sekitar 5 sampai 10 sendok, lalu aduk sebentar. Rendam kakimu selama 10 menit dalam rendaman air garam tersebut, setelah itu keringkan kakimu. Lakukan cara tradisioanl ini secara rutin ya, setiap hari juga boleh.
  • Baking Soda
Baking soda memang termasuk bahan bukan alami, tetapi baking soda ini bisa kamu temukan di dapur sehingga mudah sekali untuk mendapatkannya. Menggunakan baking soda sebagai penghilang bau kaki juga sangat mudah hanay dengan mencampurnya dengan air lalu rendam kakimu selama 10 menit. Baking soda ini dapat membantu mengurangi bau dan meminimalisir perkembangan bakteri. Selain untuk kaki kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk mencuci sepatu, supaya sepatu kamu bebas dari bakteri.
  • Air Jeruk
Jeruk memang memiliki banyak manfaat seperti untuk menghilangkan bekas jerawat dan untuk menghilangkan bau pada badan dan kaki. Kamu bisa menggunakan air perasan jeruk pada kaki dengan mencampurnya dengan sedikit air. Jeruk yang baik digunakan adalah jeruk nipis atau jeruk lemon. Caranya cukup dengan merendam kaki seperti yang dilakukan dengan garam dan baking soda. Mudah bukan? Lakukan cara ini setiap hari supaya bau kakimu cepat hilang.
  • Kopi
Kopi memang menjadi andalan untuk menghilangkan berbagai jenis bau seperti yang dilakukan oleh para pedangan ikan asin di Pangandaran, mereka menggunakan kopi untuk menghilangkan bau ikan asin pada saat membungkusnya. Memang benar saja bau ikan asin saat dibawa pulang tidak tercium baunya.

Kamu juga bisa menggunakan kopi ini untuk menghilangkan bau kakimu, hanya saja penggunaan kopi tidak dapat menghilangkan bau kaki secara permanen. Cara menggunakan kopi ini adalah dengan menaburi kopi ke dalam sepatumu, sedikit saja. Ini akan menyamarkan bau kaki tak sedapmu saat kamu beraktivitas bersama orang lain. Keesokan harinya ganti lagi taburan kopi dengan yang baru.
  • Teh
Selain kopi teh juga banyak digunakan oleh orang untuk menghilangkan bau kaki. Teh ini bisa digunakan secara langsung seperti halnya penggunaan kopi atau bisa dengan merendam kaki pada air teh seperti perendaman dengan bahan alami tadi. Teh mengandung antioksidan sehingga bau dapat hilang.
  • Bunga-bunga
Selain beberapa bahan alami di atas kamu bisa menggunakan berbagai jenis bunga untuk menghilangkan bau kaki. Bunga ini memiliki aroma yang wangi sehingga dari dulu banyak sekali orang yang mandi dengan menggunakan bunga, ada yang menggunakannya secara khusus dengan 7 jenis bunga dan kita mengenalnya dengan mandi 7 kembang. Nah kamu gunakan saja bunga untuk menghilangkan bau kaki dengan merendamnya.

Mudah sekali bukan penggunaan bahan alami tersebut untuk menghilangkan bau kaki yang tidak sedap. Kamu bisa melakukannya hanya di dalam rumah saja tanpa ribet. Dengan cara dan tips yang sudah kami berikan bau kaki tak sedapmu dapat hilang dengan cepat asal dengan cara yang benar dan rutin dalam melakukannya.

Bermanfaat bukan cara dan tips menghilangkan bau kaki tidak sedap secara cepat dan alami ini? Semoga bau kaki kamu jadi hilang selamanya, jadi kamu tak perlu lagi takut dan tidak percaya diri dengan bau kakimu itu. Thank you.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar