Tips Memanfaatkan Halaman Rumah Lebih Indah dan Bermanfaat

shares |

Tips Memanfaatkan Halaman Rumah Lebih Indah dan Bermanfaat. Di setiap rumah pasti di depan atau di belakangnya ada halaman rumahnya, mau itu luas atau pun sempit. Tapi sesempit apapun halaman rumah sayang kalau gak dimanfaatkan. Seperti halaman rumah saya sendiri di kampung. Ukuran rumah bisa diukur sangat luas, tapi halaman depannya cukup untuk dua motor parkir saja atau 1 mobil. Karena saya termasuk pecinta tanaman, halaman sesempit itu saya jadikan sebagai lahan untuk sayuran dan bunga. Eits, saya tidak menanamnya langsung di lahan halaman, tapi saya memanfaatkan halaman rumah untuk tempatnya saja. Mau lihat seperti apa halaman saya? Ini fotonya.
Tips memanfaatkan halaman rumah lebih indah dan bermanfaat
Buat anda atau kamu atau siapalah manfaatkan halaman rumah supaya lebih bermanfaat. Anda bisa menanam tanaman yang anda suka, seperti sayuran untuk keperluan dapur dan bunga-bunga sebagai hiasan depan rumah. Kalau ada halaman yang nganggur sayang sekali jika tidak ditanami tanaman.

Selain dapat mempercantik halaman dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan di dapur, memanfaatkan halaman dengan menanami tanaman juga bisa membuahkan hasil menjadi hasil produksi walaupun tidak di kebun atau lahan yang luas. Seperti sepupu saya yang menanam beberapa pohon mangga di depan rumahnya yang tidak begitu luas halamannya. Setiap tahun dia bisa memanen mangga sampai beberapa kwintal dan dijual ke pengepul buah. Tetapi kadang dia juga menjualnya sendiri untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Bagaimana dengan anda yang memiliki halaman rumah yang luas, masih mau membiarkannya kosong atau hanya ditumbuhi rerumputan saja?

Ada beberapa tips untuk memanfaatkan halaman rumah dengan menanam berbagai tumbuhan, dan tumbuhan apa saja yang bisa ditanam jika halaman sempit. Di sini saya akan berbagi kepada anda mulai dari pengalaman saya sendiri dan pengalaman orang lain. Yuk simak tipsnya!

1. Untuk menanam tanaman di lahan halaman rumah yang sempit, sebaiknya anda tidak menanam tanaman langsung di lahannya karena hanya bisa menanam beberapa tanaman saja. Jika tanaman yang akan anda tanaman berukuran kecil atau sedang tanamlah di wadah pot atau plastik khusus untuk tanaman, selain itu anda harus membuat rak tanaman yang terbuat dari bambu supaya lebih asri. Caranya adalah :
  • Buatlah rak tanaman dari bambu atau bahan lainnya yang bersifat kuat seperti besi, dan buatlah beberapa tingkatan. Hal ini untuk menghemat lahan sempit anda.
    rak tanaman halaman rumah
  • Setelah dibuat rak tanamannya, anda harus mempersiapkan tanah yang dicampur dengan pupuk organik seperti kotoran ayam atau domba, jika tidak ada, tanah saja juga tidak apa-apa yang penting tanahnya subur.
  • Selain tanah, anda juga harus punya pot atau plastik tanaman. Untuk lebih irit gunakan saja plastik tanaman, karena plastik tanaman juga sifatnya tahan lama.
  • Jika sudah ada ketiga media tersebut, silahkan tanaman apa yang mau anda tanam.
Sayuran yang bisa anda tanam di pot atau plastik tanaman adalah :

Daun Bawang, Selada, Tomat, Cabe Rawit, Kangkung, Bayam, Kemangi, dan sayuran lainnya yang memiliki akar dan batang kecil atau sedang. Jenis sayuran ini bisa anda manfaatkan untuk keperluan dapur. Tapi jika anda menanamnya dalam jumlah yang banyak, anda bisa menjualnya tuh.
Ini pengalaman saya. Karena satu bulan ke belakang saya tanam selada dan tomat, saya berinisiatif untuk dagang sandwich. Saya tak perlu repot-repot beli selada dan tomat ke pasar karena di depan rumah sudah ada. Ini buktinya. (keren kan?)
hasil pemanfaatan halaman rumah
Selain sayuran anda juga bisa menaman bunga untuk mempercantik depan rumah. Bunga yang bisa anda tanam adalah :

Anggrek, mawar, lidah buaya, bunga desember, bunga azalea, dan bunga-bunga lain yang anda suka asal ukurannya tidak besar. Bunga-bunga ini bisa menghiasi depan rumah anda apalagi jika ada teman yang berkunjung ke rumah pasti rumah anda akan kelihatan asri dan akan harum alami dari bunga.

2. Jika anda punya halaman yang luas, anda bisa memanfaatnya dengan menanam tanaman yang lebih besar. Sebagian lahan anda juga bisa digunakan dengan membuat rak tanaman seperti yang dilakukan di halaman yang sempit. Adapun tanaman yang bisa ditanam adalah pohon buah, bunga yang memiliki ukuran yang lebih besar, sayuran hijau, dan tanaman lainnya.
Cerita pengalaman lagi, tetangga saya yang memiliki halaman cukup luas di depan rumahnya dia menanam beberapa pohon buah seperti pohon rambuatan, jeruk, sirsak, dan lainnya. Setiap tahun dia bisa memberi tetangga atas hasil panen buahnya, dan itu bermanfaat sekali karena sedekah itu tidak hanya berupa uang saja bukan?
3. Bagi anda yang tidak memiliki halaman di depan rumah tapi punya halaman di belakang, anda juga bisa memanfaatkannya seperti yang dilakukan tadi. Anda bisa menanam berbagai tanaman di sana mau pakai rak tanaman atau pun tidak juga tidak apa-apa.

Selain bisa ditanami sayuran, buah, dan pohon, dalam memanfaatkan halaman rumah bisa juga digunakan untuk hal lain seperti untuk tempat tamasya dengan keluarga jadi anda tak perlu pergi jauh-jauh ke taman cukup di depan atau belakang rumah saja. Apalagi jika pemandangannya seperti di desa-desa. Eum, seger nan asri. Jadikan halaman anda juga sebagai tempat untuk kumpul dan masak dengan keluarga besar, karena dengan berkumpul di suasana terbuka akan lebih menyenangkan apalagi jika halamannya luas.

Tapi anda perlu perhatikan, halaman anda harus selalu bersih dan lebih baik anda tanami dengan rumput hias supaya tidak kotor oleh tanah jika sedang musim hujan. Saat ini juga tanamilah rumput supaya tanah tetp subur, bersih, dan nyaman nantinya.

Itu tips memanfaatkan halaman rumah supaya lebih indah dan bermanfaat. Ada lagi sih sebetulnya memanfaatkan halaman rumah supaya lebih bermanfaat, seperti halaman yang luas yang bisa anda sewakan untuk tempat camping. Hehe. Dapet keuntungan juga kan? Ya segitu aja dulu ya informasinya, mudah-mudahan segitu juga bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan di halaman rumah anda. Jangan pusing jika halaman sempit, halaman sempit juga bisa jadi luas jika yang ditanamnya di atas rak tanaman dan tanamannya bisa lebih banyak. Selamat mengerjakan!

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar