Tips Ampuh dan Bijak Meminta Gaji Naik Ke Bos Perusahaan

shares |

Tips Ampuh dan Bijak Meminta Gaji Naik Ke Bos Perusahaan. Mungkin buat kamu yang memiliki cita-cita tinggi dan sudah punya keluarga menginginkan isi dompetmu tebal dan bisa menabung lebih banyak. Namun karena uang gaji yang diterima setiap bulan tidak cukup untuk memenuhi keinginan tersebut akhirnya uang gaji hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja.

Buat kamu yang sudah lama duduk di perusahaan dan gajinya masih saja dibawah standar sebaiknya saat ini kamu meminta kenaikan gaji pada bosmu. Tak usah malu, bosmu juga pasti bakal ngerti kok. Tapi sebelum meminta gaji ada trik tertentu yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum meminta kenaikan gaji pada bosmu itu. Kalau tanpa persiapan dan latihan, bisa-bisa bukan gaji yang naik tapi kamu dikeluarkan dari perusahaan itu. Huh gak mau kan ya?
tips meminta kenaikan gaji secara bijak dan efektif
Nah aku mau ngasih tips bijak dan efektif untuk minta gaji naik ke bos perusahaanmu dan hasilnya dijamin gak akan nyesel. Tips dan trik ini sebagian adalah yang pernah aku alami dan memang bener sebelum jadi seorang penulis waktu kerja di sebuah perusahaan (tidak akan disebutkan namanya) dengan cara ini gajiku bisa naik 2 kali lipat. Beurrr ah. Nah ini dia tips bijak meminta gaji naik ke bos perusahaan. Silahkan disimak buat yang butuh.

Persiapan

Sebelum meminta naik gaji, kamu harus persiapan terlebih dahulu. Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan, diantaranya:

1. Cari tahu tentang perusahaan

Gajimu yang masih saja segitu mungkin karena perusahaanmu kurang berkembang atau belum ada perkembangan sehingga untuk menggaji karyawannya juga sulit. Tapi belum tentu gaji yang minim adalah karena perusahaan yang kurang berkembang, bisa saja bosmu kurang memperhatikan kebutuhan karyawannya. Oleh karena itu cari tahu semua tentang perusahaan yang sedang kamu duduki. Mulai dari perkembangannya, hasil yang di dapat berapa, dan yang lainnya. Lakukan persiapan ini secara matang mungkin kamu butuh waktu sekitar 1-2 minggu untuk mengetahui secara lengkap tentang perusahaanmu itu.

2. Kerja yang benar dan selalu hadir

Kalau kerja bagus pasti duit pun mulus. Sebelum meminta kenaikan gaji kamu harus lihat dulu kinerja kamu selama ini apakah bagus atau tidak, selalu hadir atau tidak. Jika kinerjamu bagus maka 98 % kemungkinan gajimu akan naik juga. Selain itu bukan cuma gaji yang bisa naik jabatanpun bisa saja naik asal kamu jujur plus bagus dalam bekerja.

Mungkin selama kamu bekerja di perusahaan itu kadang bolong-bolong dan kamu pasti berfikir sedikit kemungkinan untuk naik gaji. Stop gak usah khawatir. Kamu harus sabar saja menunggu waktu sampai 1 bulan untuk memperbaiki kinerja kamu. Jika dalam 1 bulan kerjamu baik untuk dapat terima gaji besar pun akan mulus. Yang penting kamu harus sabar aja. Tapi satu bulan itu maksimalnya kok.

Latihan

Setelah kamu persiapan diri, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah latihan bernegosiasi. Kamu harus pinter-pinter tuh kalau bicara sama bos besar karena kalau tidak bisa-bisa kamu dipecat. Kamu harus bisa bicara dengan baik dan bahasa yang sopan. Kamu juga harus memperlihatkan penampilan kamu yang pantas dan disukai oleh bosmu. Persiapkan bahan pembicaraan apa saja yang akan kamu katakan pada bosmu, jangan langsung minta gaji gitu seenaknya. Tulislah bahan bicaramu dan lakukan latihan dengan meminta teman atau salah satu keluarga untuk menjadi bosnya. Nanti saat bicara di depan bosmu akan lancar.

Selain itu kamu juga harus siap jika jawaban dari bosmu kurang mengeenakkan hati. Maklum lah namanya juga bos, kalau gak suka sama karyawannya langsung ceplas-ceplos gitu. Makanya bahasamu harus bagus dan bisa mengambil hatinya.

Selain itu, kamu harus mempersiapkan waktu yang tepat untuk bertemu dengan bos dan melihat kondisi si bos apakah dia sedang goodmood atau badmood. Jika saat itu kondisinya sedang baik maka kamu bisa ajak dia bicara. Kamu bisa berlatih di rumah terlebih dahulu.

Berhadapan dengan bos

Saat berhadapan dengan bos ada hal yang harus kamu perhatikan diantaranya ;

1. Penampilan

Pakailah baju yang sopan, wajah yang baik, tidak kucel, dan pakailah wewangian. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian si bos. Karena bos akan senang jika karyawannya terlihat bersih dan rapi. Penampilannya saja rapi apalagi kerjanya. Mungkin pikirnya seperti itu.

2. Gunakan bahasa yang sopan

Saat bersalaman atau saat mengajaknya bicara gunakanlah bahasa yang sopan, seperti "pak, maaf jika bapak berkenan bolehkan saya bicara dengan bapak beberapa menit?" Pasti bosmu akan mau jika bahasa yang kamu gunakan baik dan sopan.

3. Perlihatkan dirimu yang luar biasa

Saat berhadapan dengan bosmu perlihatkanlah bahwa kinerjamu baik dan kamu adalah orang yang bisa dipercaya dan berpengaruh pada perusahaan itu. Tapi kamu harus nunduk jangan angkat kepalamu saat bertatap dengan bosmu, seganilah dia.

Selain itu kamu jangan gugup bicara dengannya, buatlah pembicaraanmu menarik untuknya dan berikanlah alasan logis kenapa kamu meminta kenaikan gaji. Kalau bosmu menolak maka bicaralah yang baik lagi kepadanya mungkin saat ini perusahaan sedang berada dalam keadaan kurang baik. Tapi dengan cara seperti ini kemungkinan besar gajimu akan naik, asal kamu berani, sopan, dan bisa menarik perhatian bosmu. Lakukanlah dengan benar.

Nah itulah beberapa tips ampuh dan bijak meminta gaji naik ke bos perusahaan. Semoga sukses ya ! Tapi kalau kamu merasa tidak bisa berkembang di perusahaan itu sebaiknya kamu cari tempat lain yang membuatmu bisa berkembang atau yang paling baik adalah bisa membuat usaha sendiri. Keuntungan berapa pun dari usaha sendiri adalah termasuk kamu orang yang sukses dalam berusaha. Ingat juga perbaiki kinerjamu supaya gajimu cepat naik tanpa harus diminta. Salam.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar