Tips 100 Persen Ampuh Basmi Tungau di Tempat Tidur

shares |

Cara Membasmi Tungau di Tempat Tidur. Setiap kali tidur kita sering merasakan gatal-gatal tapi bukan karena nyamuk. Tempat tidur kita atau kasur mungkin tidak bersih seperti yang dilihat secara kasat mata, karena pada kasur memiliki banyak partikel debu yang dihuni oleh kutu kasur atau biasa kita sebut dengan tungau. Inilah jawaban kenapa setiap kali tidur anda selalu dilanda dengan rasa gatal pada seluruh badan.

Tahukah anda bahwa tungau ini ternyata harus anda waspadai dan harus anda basmi, karena tungau dapat menjadi sumber penyakit terutama pada kulit dan sistem pernapasan. Baru-baru ini teman saya dihantui oleh kutu kasur dan kulitnya pun menjadi bercak merah sampai keluar nanah. Setelah diperiksa ke dokter spesialis kulit ternyata dia terkena penyakit Scabies. Skabies ini diakibatkan oleh kutu kasur atau tungau yang berjenis scabies mite. Baca selengkapnya di SINI.
cara membasmi tungau kasur di tempat tidur
Selain di tempat tidur atau kasur, tungau atau kutu busuk juga dapat hidup di tempat lainnya seperti di sofa, kolong kusri, dan di lemari. Lalu bagaimana cara membasmi kutu kasur atau tungau ini? Tenang saja di sini kami akan berikan tips jitu basmi kutu kasur di tempat tidur. Caranya cukup mudah kok, yuk simak pemaparannya berikut ini.

Selalu Bersihkan Tempat Tidur

Untuk mengatasi datangnya tungau setiap hari bersihkanlah tempat tidur anda dengan menggunakan sapu lidi khusus tempat tidur dan minimal 1 bulan sekali cucilah spray dan bad cover anda sampai bersih dan jemur sampai kering. Untuk membasminya sekarang anda lakukan cara berikut ini :
  • Lepaskanlah spray, bad cover, sarung bantal, sarung guling, dan lainnya yang ada di atas kasur. Bersihkan dengan sapu lidi terlebih dahulu dan rendamlah dengan air panas ditambah detergen.
  • Kasur atau Spring Bad keluarkan dari kamar anda dan pada pagi hari jemurlah kasur di tempat yang panas. Lalu pukul-pukul dengan menggunakan pemukul kasur. Jemur kasur sampai benar-benar panas atau sekitar 2-3 jam. Dengan cara ini kutu kasur akan berhamburan keluar dari tempat persembunyiannya.
  • Keluarkan semua barang-barang yang ada di kamar dan bersihkan ruang kamar dengan menyapu, mengepel, dan memberikan wewangian ruangan. Kutu kasur sangat tidak suka dengan wewangian apalagi wangi bunga lavender sama halnya seperti nyamuk.
  • Spray dan bad cover yang telah direndam dengan air panas dan detergen selam 15 menit tadi cuci dan sikat sampai bersih dan tidak ada yang terlewat setiap helaian kainnya. Kalau spray anda tidak boleh disikat maka gosok antara kain. Bilas sampai bersih dan jemur sampai kering.
  • Setelah semuanya bersih dan kasur siap diambil lagi ke kamar kebaskan dulu semuanya supaya tidak ada lagi debu yang menempel apalagi tungaunya.
  • Tata kembali tempat tidur dan bersihkan setiap hari.
Pakailah Wewangian Ruangan

Saat ini banyak sekali merk pengharum ruangan yang dijual di pasar. Gunakanlah pengharum tersebut supaya kamar dan tempat tidur anda selalu wangi dan tungau tidak bisa hidup dengan kondisi tempat tidur yang wangi. Untuk menghambat tungau hidup di tempat tidur sebaiknya gunakan pengharum ruangan dengan aroma lavender, eucalyptus, pappermint dan tea tree.

Buka Jendela

Setiap pagi hari bukalah jendela kamar anda supaya cahaya dan udara bisa masuk ke kamar untuk menggantikan udara kotor dengan udara bersih. Cahaya panas matahari berfungsi untuk mematikan tungau pada kasur. Tungau atau kutu kasur sangat senang sekali tinggal di tempat gelap dan takut akan sinar. Jadi bukalah jendela anda dan gordennya supaya cahaya bisa masuk ke kamar dan menghangatkan tempat tidur anda. Tungau pun akan ketakutan dan mati.

Gunakan Vaccum Cleaner

Alat yang super canggih ini bisa membersihkan debu tanpa sisa dan bisa menjangkau tempat yang sempit bahkan sulit sekali dijangkau dengan tangan kosong. Gunakanlah vaccum cleaner untuk membasmi tungau atau kutu kasur ini, mereka akan disedot dan di matikan. Tapi tidak semua rumah memiliki vaccum cleaner karena harganya yang cukup mahal. Yang belum punya sering-seringlah membersihkan tempat tidur sampai ke sela-selanya supaya kutu kasur tidak muncul lagi.

Gunakan Kapur Ajaib

Buat yang greget sama si kutu kasur atau tungau ini kamu bisa gunakan kapur ajaib untuk membasminya. Kapur ajaib memang bisa mematikan berbagai serangga seperti kecoa. Dan kutu ini bisa mati juga dengan pengolesan kapur ajaib di tempat tidur. Kamu bisa mengolesnya di tempat tertentu yang biasanya kamu merasakan gatal di sana. Tapi kamu perlu hati-hati juga karena bisa saja kapur ajaib ini terhisap oleh kamu.

Pakai Durian

Ini memang trik aneh, tapi ada yang pernah melakukan pembasmian kutu kasur dengan menggunakan kulit durian. Mungkin karena durian ini mengeluarkan bau yag khas sehingga kutu kasur atau kutu busuk tidak menyukainya dan kabur. Dari pengalaman katanya dia  meletakkan kulit durian di bawah tempat tidurnya. Dan alhasil dalam waktu 2 hari kutu busuk hilang dan gak balik lagi.

Itulah tips ampuh basmi tungau di tempat tidur. Cara ini bisa kamu lakukan di rumah mulai besok pagi. Tapi yang terpenting selalu bersihkan tempat tidurmu dan buatlah cahaya matahari masuk ke dalam kamar supaya tidak lembab, karena tempat yang lembab sangat disenangi oleh kutu, bakteri, dan mikroba lainnya. Semoga bermanfaat. Thank you.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar