10 Shampo Alami Untuk Hilangkan Ketombe Membandel di Kepala

shares |

Shampo Alami Untuk Hilangkan Ketombe Membandel di Kepala. Masalah pada kepala bukan hanya tentang rambut rontok saja, ada masalah lain yang sering mengganggu dan membuat gatal, yaitu ketombe. Semua orang pasti pernah mengalami gatal kulit kepala karena ketombe dan itu termasuk kamu. Ciri-ciri kulit kepala berketombe adalah ditandai dengan adanya butiran putih yang menempel pada kulit kepala dan rambut, selain itu ketombe juga bisa berdiam pada pakaian apabila kita menggaruknya. Tahukah kamu ketombe itu apa? Ketombe adalah sel kulit mati dari kulit kepala yang terkelupas secara berlebihan.

Walaupun ketombe adalah hal yang normal terjadi, tetapi ketombe ini juga dapat merusak jaringan kulit kepala saat menggaruknya sehingga akan mengakibatkan infeksi pada kulit. Selain itu perkembangan bakteri staphylococcus aureus dan bakteri streptococcus akan berkembang lebih cepat. Tentu saja ini perlu kamu perhatikan.
cara alami menghilangkan ketombe membandel di kepala
Sudah banyak berbagai produk shampo yang dijual dengan nama produk anti ketombe, namun terkadang produk tersebut masih saja tidak bisa menghilangkan ketombe secara menyeluruh hanya sekitar 20 % saja ketombe di kepala hilang. Oleh karena itu kamu sendiri perlu mencari sahmpo sendiri yang cocok dengan kulit kepalamu untuk menghilangkan ketombe.

Di sini saya akan berbagi shampo alami yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk menghilangkan ketombe secara menyeluruh dan ketombe gak akan balik lagi. Apa saja bahan yang harus ada untuk membuat shampo sendiri di rumah? Yuk cek it out!

1. Tanah Liat

Nenek moyang menggunakan tanah liat untuk membersihkan rambutnya dari kototan yang menempel pada kulit dan rambut kepala, bahkan nenek saya sendiri masih memakai tanah liat untuk mencuci rambut. Buktinya kulit dan rambut kepalanya bersih dan tidak ada ketombe yang menempel di kepala. Kamu juga bisa menggunakan tanah liat sebagai alternatif shampo penghilang ketombe. Kamu tak usah setiap hari memakai tanah liat sebagai shampo, tapi seminggu sekali kamu bisa menggunakannya. Tapi kalau ketombe yang ada di kulit kepalamu belum hilang juga gunakanlah setiap hari tanah liat ini dan setelah memakainya bersihkan dengan shampo yang biasa kamu gunakan.

Tanah liat bisa kamu cari di sekitar rumahmu sendiri, atau kalau tidak ada kamu bisa tanyakan kepada temanmu yang punya tanah liat. Shampo alami ini tentunya lebih irit dan tak khawatit terkena bahan kimia.

2. Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk melebatkan rambut, lidah buaya ini juga dapat membuat ketombemu hilang setelah menggunakannya. Ketombe berasal dari cepatnya proses pergantian kulit oleh kulit baru sehingga membuat penumpukan kulit mati di kulit kepala. Lidah buaya yang bisa menghambat proses proliferasi bisa digunakan di kepala supaya pertumbuhan kulit baru tidak terjadi secara cepat. Pada orang normal pengelupasan kulit mati ini hanya terjadi setiap satu bulan sekali sehingga tidak adanya penumpukan berupa ketombe.

Yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini adalah, kamu cukup mengambil daging lidah buaya dan peraslah sampai keluar gelnya. Lalu gosokkan pada rambut dan kulit kepala seperti halnya saat kamu berkeramas pakai shampo. Lakukan sampai gel lidah buaya merata ke seluruh kulit kepala dan rambutnya, lalu diamkan sekitar 15-30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih atau kamu juga bisa membersihkannya menggunakan shampo yang biasa kamu gunakan. Lihatlah perbedaannya! Kepala kamu akan terasa bersih dan lebih segar, selain itu rambutmu akan terasa lebih lembut dari biasanya.

3. Cuka Putih atau Cuka Apel

Cuka memang bukan termasuk bahan alami, tapi menggunakan cuka sebagai shampo anti ketombe adalah cara yang sangat mudah dan dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Cuka dengan kandungan asamnya yang tinggi dapat membasmi jamur penyebab ketombe atau cuka ini berfungsi sebagai fungisida. Penggunaan cuka apel atau cuka putih sebagai shampo cukuplah mudah, caranya kamu cukup mencampur setengah cangkir cuka dengan ditambahkan setengah cangkir air hangat, lalu aduk sampai rata dan oleskan pada rambut. Sebaiknya penggunaan cuka ini dilakukan saat kamu sedang bersantai atau saat mau tidur, karena cuka ini menimbulkan bau yang tidak sedap. Setelah pemakaian selesai, diamkan kurang lebih 6 jam dan bersihkan dengan menggunakan shampo biasa. Lihat perbedaannya, ketombemu pasti hilang dalam sekejap.

4. Tea Tree Oil

Minyak esensial yang berasal dari negara kangguru ini ternyata bisa menghilangkan gatal akibat dari ketyombe dan membasmi ketombe tidak balik lagi. Kandungan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala atau sebagai fungisida. Penggunaan tea tree oil hanya dengan menyemprotkan pada kepala atau dengan mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala yang dicampur dengan sedikit air hangat. Selain itu yang akan kamu rasakan adalah rambut terasa lebih lembut dan mudah diatur.

5. Fenugreek

Fenugreek termasuk ke dalam jenis bumbu dapur yang biasa digunakan oleh negara India. Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa fenugreek memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan badan seperti untuk penyakit jantung, stroek, penyakit kulit, dan dapat membersihkan wajah dari sel kulit mati. Oleh karena itu, fenugreek ini bisa digunakan juga sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe, karena ketombe termasuk sel kulit mati yang menumpuk pada kulit.
fenugreek penghilang ketombe membandel pada kepala
Fenugreek
Fenugreek sebagai shampo alami anti ketombe ini diambil bijinya saja, karena yang sangat berkhasiat adalah bijinya. Caranya adalah dengan merendam biji fenugreek secukupnya untuk kepala anda sampai bijinya menjadi sedikit empuk, atau kamu bisa merendamnya semalaman. Setelah itu tumbuklah biji fenugreek tersebut sampai benar-benar halus dan saringlah sampai seperti tepung. Campurkan dengan air sampai sedikit kental. Setelah itu oleskan pada kepala dan diamkan kurang lebih setengah jam. Lalu bilas sampai bersih menggunakan shampo.

6. Mouthwash

Mouthwash juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe karena sifanya yang bisa melawan jamur dan bakteri di kulit. Walaupun demikian kamu juga perlu hati-hati dalam menggunakannya karena bisa-bisa kulitmu terbakar. Jangan pula kamu menggunakannya sering. Satu kali saja kamu gunakan mouthwash ini untuk hilangkan ketombe. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan air biasa dan menjadikannya sebagai shampo saat kamu mandi. Mouthwas efektif dapat menghilangkan ketombe yang membandel.

7. Neem

Tumbuhan ini memiliki khasiat yang luar biasa seperti untuk perawatan gigi, penyembuh kanker, penyakit kulit, stres, diabetes, dan khasiat lainnya. Neem ini juga ternyata dapat membantu menghilangkan ketombe karena khasiat utamanya adalah untuk perawatan rambut. Rambut biasanya rontok akibat ketombe, oleh karena itu penggunaan neem ini adalah untuk mencegah rambut rontok akibat ketombe.
daun neem penghilang ketombe pada kepala
Tumbuhan Neem dari India (Mimba)
Cara menggunakan neem adalah menumbuh daun neem sampai halus lalu campurkan dengan sedikit air dan oleskan pada kepala sampai lantis. Diamkan selama 1 malam atau beberapa jam. Lalu bilas sampai bersih.

Nah itulah beberapa bahan shampo alami penghilang ketombe membandel pada kulit kepala. Tapi sebagian juga ada yag bukan alami tradisional tapi termasuk bahan yang mudah untuk didapatkan. Selain itu ditemukan juga bahan lainnya untuk menghilangkan ketombe seperti :
1. baking soda
2. jeruk nipis, dan
3. garam
Caranya hampir sama hanya dengan mencampurnya dengan sedikit air hangat dan mengoleskannya ke kulit kepala lalu bilas dengan air bersih dan menggunakan shampo biasa yang sering digunakan. Cobain aja di rumah! Mudah-mudahan bisa bermanfaat ya artikel ini. Baca juga nih artikel menarik lainnya yang terkait dengan rambut. 6 Cara Membasmi Kutu Pada Rambut dan 5 Cara Ampuh Memanjangkan Rambut Menurut Pakar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar