Seram! Ternyata di Wajah Banyak Kutu Seperti Ini

shares |

Kutu Wajah (Demodex). Buat kamu penggemar film tahun 1990-an tahu dong film luar negeri yang di distributor oleh Universal Pictures dengan judul film "Tremors". Itu dia film tentang cacing tanah raksasa yang menyerang manusia di daerah gurun. Film ini sangat terkenal sampai pernah meraih rating fresh sampai 88 % dari kritikus di Rotten Tomatoes. Tapi di sini bukan film yang akan kita bahas, tapi seekor kutu yang wajahnya mirip sangat dengan cacing tanah raksasa di film Tremors.

Mungkin buat kamu yang sering membersihkan wajah biasa-biasa aja tuh dengan wajahnya gak terlihat ada kotoran ataupun benda hidup lainnya kecuali komedo di hidung. Tapi sebetulnya di kulit wajah banyak sekali kehidupan kecil yang tak bisa kita lihat dengan kasat mata. Tahu apa kehidupan kecil itu? Ya ternyata di wajah kita banyak sekali kutu kecil yang hidup tapi tidak bisa kita lihat. Kutu itu bersarang di sekitaran wajah terutama dekat rambut.

Kutu yang bernama Demodex folliculorum dan Demodex brevis banyak ditemukan di area wajah. Kutu ini bersarang dan bertelur setiap harinya. Akan tetapi yang menjadi inang utamanya adalah di daerah folikel rambut. Kira-kira bentuk dan rupa kutu Demodex itu seperti apa, lihat gambar di bawah ini.
Kutu demodex di wajah dan folikel rambut
Demodex folliculorum dan Demodex brevis
Kalian pasti takut kalau sudah tahu bahwa di wajah ini banyak kutunya. Setiap hari pasti ingin membersihkan wajah sampai kutu menjadi hilang. Tapi tenang saja kutu ini dimiliki oleh hampir semua orang kok, yang tidak memiliki kutu Demodex hanya bayi yang baru lahir saja. Tidak diketahui kutu ini berasal dari siapa dan dimana yang jelas kutu bisa beralih ke orang lain dengan kontak secara langsung.

Dari penelitian yang dilakukan, kutu Demodex folliculorum dan Demodex brevis menghuni wajah kita sebanyak kurang lebih antara seribu sampai duaribu (1000-2000) kutu. Walaupun demikian, secara langsung ketika kutu berjalan kulit mati dan sel kulit mati di area wajah akan terbawa olehnya. Dan keuntungannya wajah kita akan menjadi bersih walaupun tidak maksimal.

Kutu yang hanya bisa dilihat oleh alat Mikroskop ini setiap jamnya hanya bisa berjalan 1 cm saja karena saking kecilnya. Memang seram jika dilihat dari penampakannya, tapi tenang saja kok selama belum ditemukan kutu ini bisa menyebabkan penyakit.

Masih takut? Nyantai aja kali. Yang penting jangan terlalu dihayati dan dilihat-lihat aja bentuk dan rupa kutunya. Ini wajar kok ada di semua orang. Kalau gak mau ada kutu jadi bayi aja lagi. Hihi.

Yuk ah, jelajahi lagi yang unik-unik lainnya di IyenBlog.com. Coba baca ini juga ya buat kamu yang suka dengan misteri. Berapa Banyak Manusia Mengedip Setiap Harinya? Semoga bisa menambah wawasannya. Bye.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar